OPTIMASI KETERAMPILAN DIGITAL WRITING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Eka Lutfiyatun

Abstract

Pembelajaran di era revolusi industri 4.0 bertujuan untuk meningkatan literasi digital. Salah satunya adalah kompetensi menulis di media digital atau digital writing. Tugas-tugas sekolah pun sudah mulai beralih ke penugasan konten di media digital. Permasalahannya adalah bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kreativitas serta meningkatkan kompetensi menulis peserta didik menulis di media digital. Tujuan kajian ini adalah mendeskripsikan bagaimana optimasi kompetensi menulis di media digital. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah analisis deskriptif atau kajian literatur yang menghasilkan data deskriptif dari berbagai hasil penelitian tentang pengalaman guru dalam optimasi kompetensi menulis peserta didik di media digital. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pengalaman para pendidik di kelas dalam menggunakan berbagai media penunjang latihan digital writing melalui Edmodo, Wattpad, Blog, dan Wordpress untuk membuat konten berupa ulasan, essai, dan tanggapan dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap kreatif dan produktif peserta didik sehingga dapat meningkatkan kompetensi dalam menulis di media digital. Selain itu, menurut peserta didik, menulis di media digital lebih menyenangkan dan dapat dilakukan lebih efektif, serta menumbuhkan minat menulis. Namun, pelaksanaannya menuntut peserta didik untuk aktif dan pendidik berperan sebagai fasilitator. Sarannya adalah bahwa para pendidik harus selalu menggali potensi peserta didik dengan memanfaatkan berbagai media digital yang ada.Learning in 4.0 industrial revolution era has objective of improving students’ digital literacies. One of the literacies is writing skill in digital media or digital writing. Students’ assignment has been being shifted into digital media. The problem is how to foster and develop students’ interest as well as creativity, and improve their digital writing skill. The objective of this study is to describe how to optimize students’ digital writing skill. The applied method in this study is descriptive analysis or literary review resulting in descriptive data from various researches on teachers’ classical experience in optimizing students’ digital writing skill. The result shows that the teachers’ classical experience in utilizing various media such as Edmodo, Wattpad, Blog, and Wordpress to drill students’ digital writing skill through review, essay, and response can foster and develop students’ productivity and creativity so that it can improve their digital writing skill. Besides, according to the students, writing in digital media is more exciting and effective. It can also foster students’ writing interest. However, it requires students’ active role, and the teacher becomes the facilitator. The recommendation is that the teachers should continuously dig students’ potential capacity by utilizing various available digital media.

Article Details

How to Cite
Lutfiyatun, E. (2020). OPTIMASI KETERAMPILAN DIGITAL WRITING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknodik, 24(2), 175–186. https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.719
Section
Articles
Author Biography

Eka Lutfiyatun, MI Al Ikhsaniyah Jatirawa, Tegal

Arabic Education

References

Gee, J.P. (2011). Language and Learning in the Digital Age. New York: Routlege.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jones, R.H & Hafner, C.A. (2012). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. London: Routledge.

Rosen, L.D. (2010). Rewired: Understanding the iGeneration and the Way They Learn. New York: Palgrave Macmillan.

Tarigan, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Kompetensi Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yunus, M. & Suparno. (2008). Kompetensi Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Jurnal, Prosiding, dan Disertasi/Tesis/Skripsi

Akyuz, S. (2015). Digital Learning in EFL Classroom. Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815041774 Diakses pada 10 Juli 2019.

Anwas, E Oos M., dkk. (2020). Social Media Usage for Enhancing English Language Skill. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). Vol 14, No. 07 2020. https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/11552, Diakses 10 Mei 2020.

Brodahl, C. (2011). Collaborative Writing with Web 2.0 Technologies: Education Student’s Perception. Journal of Information Technology Education. https://www.informingscience.org/Publications/1384?Source=%2FJournals%2FJITEIIP%2FArticles%3FVolume%3D0-0 Diakses pada 10 Juli 2019.

Bella, E. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SMP Negeri 6 Banda Aceh. UIN Ar Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/4331/1/Bella%20Elpira.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Cahyani, I. & Mauludin, S. (2018). Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/271 Diakses pada 10 Juli 2019.

Choo, Y.B. & Li, K.L. (2017). Digital Writing in English Language Writing Instruction. https://www.researchgate.net/publication/328493053_Digital_Writing_in_English_Language_Writing_Instruction Diakses pada 10 Juli 2019.

Chusanachoti, R. (2016). Digital Writing: Enhancing Ways of Teaching and Learning Writing. Journal of Chulangkorn University. http://www.culi.chula.ac.th/publicationsonline/files/article2/lSNkzq90vmThu24312.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Dahlstrom, H. (2019). Digital Writing Tools from Student Perspective. Mid-Sweden University. https://pdfs.semanticscholar.org/03e4/24c856e7aca104debe202a7c5ae29dfddda3.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Firmansyah, B. (2015). Konseptualisasi Pembelajaran Sastra Digital. STKIP PGRI Pasuruan. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/download/121/97 Diakses pada 10 Juli 2019.

Hafner, C. (2015). Digital Literacies and Language Learning. City University of Hongkong. https://scholarspace.manoa.hawaii.edu/bitstream/10125/44426/1/19_03_commentary.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Hague, C. & Payton, S. (2011). Digital Literacy Across the Curriculum. Australian Education Service. https://www.nfer.ac.uk/publications/FUTL06/FUTL06.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Hapsari, E. (2018). Second Language Writing Instruction: A recent Practice in Indonesia. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/Script/article/view/154/pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Hidayah, N. (2011). Pendidikan Karakter dan Budaya Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pustekkom Kemendikbud. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/95 Diakses pada 10 Juli 2019.

Kim, S.M. (2017). Exploratory on Social Media and Digital Writing: Qualitative Interview of Japanese College Students. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jsi/8/1/8_13/_article/-char/en Diakses pada 10 Juli 2019.

Lint, K. (2017). The Effect of Using Digital Tools to Support Writing in The ELL Classroom, University of Northern Iowa. https://scholarworks.uni.edu/grp/185/ Diakses pada 10 Juli 2019.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwaasan Literasi Digital: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1377 Diakses pada 10 Juli 2019.

Mendizabal, E. (2016). A Comparative Study of Handwriting and Computer Typing in Note-taking by University Student. https://www.revistacomunicar.com/verpdf.php?numero=48&articulo=48-2016-10&idioma=en Diakses pada 10 Juli 2019.

Munirah. (2017). Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar. http://repositori.kemdikbud.go.id/10242/1/PENGGUNAAN%20APLIKASI%20WHATSAPP%20PADA%20PEMBELAJARAN.pdf Diakses pada 10 Juli 2019.

Ningsih, A.F. (2014). Teaching Writing A Descriptive Text Through My Story Maker Media in Junior High School. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/4304/3367 Diakses pada 10 Juli 2019.

Santosa, M. (2015). Pemanfaatan Blog dalam Pembelajaran Menulis. https://www.researchgate.net/publication/268371339_Pemanfaatan_Blog_Jurnal_Online_dalam_Pembelajaran_Menulis Diakses pada 10 Juli 2019.

Saputro, D. (2013). Digital Storytelling to Improve Students’ Mastery in Writing Narrative. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt/article/view/1554/1503 Diakses pada 10 Juli 2019.

Saripudin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0, Pustekkom Kemendikbud. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/141 Diakses pada 10 Juli 2019.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran, Pustekkom Kemendikbud. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/365 Diakses pada 10 Juli 2019.

Lain-lain

Duarte, F. (2019). Berapa Banyak Waktu yang Dihabiskan Rakyat Indonesia di Media Sosial?, https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49630216, Diakses pada 20 Juli 2019.

KataData. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia?, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia, Diakses pada 20 Juli 2019.

Nasrullah, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf Diakses 10 Juli 2019.