PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

Nova Sulasmianti

Abstract

The use blog as a learning media has not been done optimally by the teacher. This is because many teachers do not understand how and what steps must be taken in utilizing blog as learning media. The use blog as learning medai can be done at all levels, either elementary (SD), junior high (SMP), high school (SMA) or vocational school (SMK), because students in general are accustomed to accessing information through the web. But in this paper the use of blogs is more focused on junior and senior high school/vocational level, because the blog creation planning accompanied by the steps to prepare an online quiz that will be embedded into the blog. This is done as one effort to prepare students facing UNBK. This study was conducted in LPMP Bengkulu from January to March 2018. In this paper described the steps in the utilization of blogs as a learning media. This study begins by studying various literature and similar study results, to get a picture related to the use of blogs as a learning media. After this study, information was obtained that various problems in schools related to learning media could be overcome by utilizing blogs as learning media. In the future, it is expected that teachers can use blog as a learning media so that they can attract more interest and attention of the students.

Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran belum dilakukan guru secara optimal. Hal ini disebabkan karena banyak guru belum memahami bagaimana dan langkah apa yang harus ditempuh dalam memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dapat dilakukan pada semua jenjang baik SD, SMP, SMA maupun SMK karena peserta didik secara umum sudah terbiasa mengakses informasi melalui web. Namun di dalam tulisan ini, pemanfaatan blog lebih difokuskan pada satuan pendidikan SMP dan SMA/SMK karena perencanaan pembuatan blog disertai dengan langkah penyiapkan kuis online yang akan disematkan ke blog. Hal ini dilakukan sebagai salah satu usaha menyiapkan peserta didik menghadapi UNBK. Kajian ini dllakukan di LPMP Bengkulu pada bulan Januari s.d Maret 2018. Dalam tulisan ini, dijabarkan langkah-langkah dalam pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Kajian ini diawali dengan mempelajari berbagai literatur dan hasil kajian sejenis untuk mendapatkan gambaran terkait pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Setelah dilakukan kajian ini maka diperoleh informasi bahwa berbagai permasalahan di sekolah terkait media pembelajaran dapat diatasi dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Kedepan diharapkan guru-guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran sehingga dapat lebih menarik minat dan perhatian para peserta didik.

Article Details

How to Cite
Sulasmianti, N. (2018). PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 143–158. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.365
Section
Articles
Author Biography

Nova Sulasmianti, LPMP Bengkulu

Let's go ahead

References

Abdillah, R, dkk. 2017. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Surakarta: FE & FKIP UNS.

Bauk, S. dan Radlinger, R. 2013. Concerning Webbased e-learning at a Maritime Higher Education Institution: Case Study. Transactions on Maritime Science. https:// hrcak.srce.hr/file/ 161551 (diakses: 2 Juli 2018).

Darmawan, D. dkk. 2018. Development of WebBased Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantaraâ€. Journal Of Computer Science. http:// thescipub. com/pdf/10.3844/jcssp.2018.562. 573.

Januarisman, E dan Ghufron, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Peserta didik Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Oktober 2016 (166-182). Sumber:

https://journal.uny.ac.id/index.php/ jitp/article/view/8019 (diakses: 2 Juli 2018).

Kristiyanti, M. 2011. blog sebagai alternatif media pembelajaran, Majalah Ilmiah Informatika, Volume 2, Nomor 2.

Muttaqin, Z. 2011, Pemanfaatan blog sebagai media dan sumber belajar alternatif Qur‘an Hadits tingkat Madrasyah Aliyah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Marfu’ah, Sri. 2015. Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Hidayatullah Semarang. Skripsi. UNS http:// lib.unnes.ac.id/20545/1/3101411162-s.pdf (diakses: 3 Mei 2018).

Rokhman, M. Nur. dkk. 2015. Pengembangan Media Blog Sejarah untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Yogyakarta: Pendidikan Sejarah-FIS-UNY.

Sartono. 2016. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di sekolah. Transformatika, Volume 1, Nomor 1.

Subianto, 2009. Pemanfaatan blog sebagai media informasi. Semarang: INFOKAM Nomor 1/ Tahun V.

Wahyudi, N. 2014, Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Islam Panca Utama, Edisi 12, Tahun 10, hal. 88-90.

Yuliasari, A. dkk. 2014. Peranan pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, Jurnal kultur demokrasi volume 2 nomor 8. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse &mod=viewarticle&article=288950 (diakses: 26 April 2018).

Adillah, R. 2016. Blog sebagai sumber belajar. Makalah,http://iainpurwokerto gapma.blogspot.co.id/ 2016/12/normal-0- false-false-false-en-us-x-none.html (diakses: 3 Mei 2018).

Afiandini, DW. 2011.Prilaku pengaksesan dan pemanfaatan internet dalam kegiatan akademik di kalangan peserta didik SD. Jurnal UNAIR. http://journal.unair.ac.id/downloadfullpapers-palim276ac3428f2full.pdf (diakses pada 5 Juli 2018).

Alianto, D. 2017. Pengembangan media Vlogging (Video Blogging) untuk Pembelajaran Laporan Perjalanan pada Peserta didik Kelas VIII SMP Katolik Yohanes Gabriel Pare-Kediri. https:// repository.usd.ac.id/17730/2/ 131224094_full.pdf (diakses: 3 Mei 2018).

Cahyono, T. 2017. Format dan gaya penulisan artikel blog yang nyaman dibaca, https:// www.mengelolablog. com/2017/10/formatdan-gaya-penulisan-artikel-blog.html (diakses: 28 April 2018).

Ernalida, dkk. 2018. Penggunaan Blog sebagai Sarana penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah.https://www.research gate.net/publication/323243117_Penggunaan Blog_sebagai_Sarana_Penunjang Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_di_Sekolah (diakses: 3 Mei 2018).

Fachruddin, M. 2016. Blog sebagai media pembelajaran, Mufa Media, http:// mufamedia.blogspot.co.id/2015/12/blogsebagai-media-pembelajaran.html (diakses: 3 Mei 2018).

Mahendra, I Gede Jaka. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Blog pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII SMPN 1 Sukasada. Sumber: https:// media.neliti.com/media/ publications /207192-pengembangan-mediapembelajaran-berbasis.pdf (diakses: 3 Mei 2018).

Nurrohman, S. 2012. Pemanfaatan Free Weblog sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis Web yang dapat dikelola secara instan dan gratis. https://core.ac.uk/download/pdf/ 11058988.pdf (diakses: 3 Mei 2018.

Okta. 2008. BLOG sebagai media belajar. https:// dowaen.wordpress.com/blog- sebagai-mediabelajar-by-okta/ (diakses: 6 Pebruari 2017).

Pardiman. 2012. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. https://vbt249. wordpress.com/2012/01/29 /materi-diklatpemanfaatan-blog-sebagai-mediapembelajaran/ (diakses: 3 Mei 2018).

Rahmawan, Arry. 2012. 5 hal yang membuat tulisan blog lebih menarik. http:// arryrahmawan.net/5-hal-yang-menjadikantulisan-blog-lebih-menarik/ (diakses: 3 Mei 2018).

Sudrajat, Ajat dan Zulkarnain. 2013. Pengembangan media blog sejarah sebagai alternatif media pembelajaran sejarah di SMA. Laporan Penelitian, UNY http:// eprints.uny.ac.id/23930/1/LAPORAN% 20PENELITIAN%20PAK%20AJAT%20unggulan %20PT%2026%20November.pdf (diakses: 3 Mei 2018).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wibowo, A. dan Atari, D. 2009. Analisis isi (content) blog sebagai media kampanye calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu legislatif 2009. Yogyakarta: Seminar Nasional Informatika UPN Veteran.

Zakaria, M. Langkah-langkah cara membuat blog, http://www.nesabamedia.com/ cara-membuatblog/ (diakses: 10 April 2018).