Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa The Development of Google Sites as an Instructional Media to Enhance Students' Learning Achievement

Main Article Content

Ela Islanda Ela
Deni Dermawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, efektif, dan efisien pada mata pelajaran fisika Kelas XI MA Ma’arif Cilageni. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Web pembelajaran berbasis google sites yang dibuat terdiri dari beberapa menu yaitu Home, Tujuan Pembelajaran, Materi, Video, Simulasi, dan menu Evaluasi. Tahap analisis adalah tahapan untuk melaksanakan analisis kebutuhan dan menganalisis kurikulum. Pada tahap desain yaitu melakukan perancangan data, perancangan navigasi, serta membuat garis besar pemograman (GBPM), storyboard dan flowchart. Pada tahap pengembangan yaitu melakukan pengembangan mulai dari tampilan, video pembelajaran, deskripsi penjelasan berupa audio dan visual, gambar, link (daftar hadir siswa, tugas, simulasi praktikum dan contoh video tentang elastisitas). Tahap terakhir yaitu evaluasi dengan validasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi serta respons pengguna yang diuji coba (guru fisika). Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan nilai sebesar 85,55% dengan kategori “sangat layak” digunakan, oleh ahli materi 90% dengan kategori “sangat layak” digunakan, dan respons pengguna 89,37% dengan kategori “sangat layak” digunakan. Uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Tes dilakukan pada siswa Kelas XI MIPA yang jumlahnya 30 orang. Berdasarkan hasil tes, siswa yang memperoleh nilai fisika di atas KKM sebanyak 27 orang atau 86%. Dengan demikian, media pembelajaran website mata pelajaran fisika materi elastisitas dikatakan “efektif” digunakan dalam pembelajaran. Uji efisiensi dilakukan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap efisiensi penggunaan media Google Sites yang dikembangkan. Hasil Uji efisiensi guru menunjukkan nilai sebesar 92,033% dengan kategori “sangat efisien” yang meliputi tiga aspek penilaian yaitu aspek penilaian kualitas dengan rata-rata nilai sebesar 93,55% dengan kategori “sangat efisien”; aspek penilaian karakteristik media yang memilki nilai rata-rata sebesar 90,15% dengan kategori “sangat efisien”; dan aspek penilaian manfaat sebesar 91,4% dengan kategori “sangat efisien”. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji validitas, efektivitas, dan efisiensi, media pembelajaran berbasis google sites yang dikembangkan ini layak dipakai sebagai salah satu media pembelajaran pada mata pelajaran fisika Kelas XI MIPA. Pada tahap evaluasi, dilakukan uji coba implementasi media pembelajaran google sites sebanyak tiga kali. Pada uji coba ke-1 nilai rata-rata pre-test siswa adalah 65 dan post-test 75. Pada uji coba ke-2 nilai rata-rata pre-test siswa adalah 67 dan post-test 78. Pada uji coba ke-3 nilai rata-rata pre-test siswa adalah 78 dan post-test 80. Peningkatan nilai hasil belajar dapat terjadi secara bertahap seiring dengan peningkatan penggunaan media pembelajaran yang telah direvisi sesuai kebutuhan siswa dan penyesuaian metode pembelajaran. Data ini memberikan indikasi bahwa media pembelajaran google sites memiliki potensi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
 
This objective of this study is to produce valid, effective, and efficient learning media on the subject of Physics for 11th graders of MA Ma'arif Cilageni. This study uses the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation and evaluation). The learning media created consists of Main Page, Learning Objectives Page, Material Page, Video Page, Simulation Page, and Evaluation Page. Analysis stage is the step to analyze the needs and the curriculum. At the design stage, we design data, design navigation, and make program outlines, storyboards, and flowcharts. Development stage is to conduct development starting from the display, learning videos, audio and video description, pictures, link (students’ presence list, assignment, practicum simulation, and video such as about elasticity). The last stage is evaluation which is done through validation by two media experts and two material experts as well as the users’ response (physics teachers). The validation result by the media experts shows the score of 85.55% with category of “very appropriate” to use, by the material experts of 90% with the category of “very appropriate” to use, and the response from the users of 89,37% with the category of “very appropriate” to use. Effectivity test is done by using objective test. The test is applied to the 11th graders of MIPA amounting 30 students. Based on the test result, the number of students achieving scores of above the Minimum Completeness Criteria is 27 students or 86%. Therefore, website learning media for the subject of physics on elasticity is determined “effective” to be used. Efficiency test is done to know the teachers’ response on the use of developed google site media. The result of efficiency test from the teachers shows a score of 92,033% with the category of “very efficient” consisting of three aspects of evaluation, namely quality evaluation of 93,55% in average with the category of “very efficient”, media characteristic evaluation of 90,15% in average with the category of “very efficient”, and benefit evaluation of 91,4% in average with the category “very efficient”. Therefore, based on the validity, effectivity, and efficiency tests, google sites-based learning media developed is suitable to be used as one of learning media on 11th MIPA grades physic subject. At the evaluation stage, three times of google site learning media implementation trials are conducted. In the first trial, the students’ pre-test average score is 65, while the post-test is 75. In the second trial, the students’ pre-test average score is 67, while the post-test is 78. In the third trial, the students’ pre-test average score is 78, while the post-test is 80. The increase on the students’ learning outcomes takes place gradually in line with the increase of learning media usage having been revised in accordance with the students’ needs as well as learning method adjustment. This data indicates that google site learning media has great potentials to enhance the students’ learning achievement.

Article Details

How to Cite
Ela, E. I., & Dermawan, D. . (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: The Development of Google Sites as an Instructional Media to Enhance Students’ Learning Achievement . Jurnal Teknodik, 51–62. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.991
Section
Articles

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Arsyad. (2013). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Cahyadi, R. Arofah. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model Rahmat Arofah Hari Cahyadi. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43.

doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darmawan, D. (2014). Teknologi Pembelajaran. Rosda Karya.

Darmawan, D (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Darmawan, D. (2017). Teknologi Pembelajaran. Rosda Karya.

Darmawan, D. (2019). Peneltian Kuantitatif. Rosda Karya.

Darmawan, D. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Dewi, N. C. (2020). Pengembangan Learning Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 210–216.

Efendi, Hansi & Saputra, Yolanda. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4), 252-257.

Harsanto, B. (2012). Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. FEB Unpad, 3.

Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang. (Skripsi). Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/

Khabib, M., Nugroho, C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Google Sites pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59–70. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/48934

Khasanah, R., & Muflihah, S. M. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 68–76). https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.49

Namira, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HTML 5. Hypertext Markup Language version 5.

Optiana, N. (2019). Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran Praktikum Fisika untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.12928/jrkpf.vxix.xxxx

Prasetyo M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning Spreadsheet Berbasis Android pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 2018; 6(2); 172–176.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.

Sadiman, A. S. R. A. H. (2006). Media Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryanto, D. A. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger dan Google Site. Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60091

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314