PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE MODELLING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SEKOLAH VIHARA METTA JAYA LAMPUNG SELATAN Speaking Skill Improvement by Using Multimedia-assisted Modelling The Way Method at Vihara Metta Jaya School

Main Article Content

Taridi
Susanto
Sudarman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menerapkan Metode Modelling The Way berbantuan multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif pendekatan pre-experimental designs. Penelitian ini dilakukan di Wihara Metta Jaya, Desa Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Minggu Buddha dengan jumlah siswa 12. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil analisis dengan menggunakan Paired Samples T-test menunjukkan nilai Sig = 0,03 = 3% < 5%. Artinya, pembelajaran dengan menerapkan metode Modelling The Way berbantuan multimedia efektif meningkatkan kemampuan berbicara. Peningkatan kemampuan berbicara juga dapat dilihat dari hasil observasi. Hasil observasi pertama sebesar 40%, kedua dan ketiga sebesar 83 %, keempat 80%, kelima 79%, dan keenam 94%. Artinya, meskipun hasil observasi cukup bervariatif, ini masuk dalam kategori baik.
 
This research aims to determine whether the implementation of Multimedia-assisted Modelling The Way Method in learning is effective to improve speaking skill. The research is classified as quantitative research using pre-experimental designs approach. This research is conducted at the Metta Jaya Temple, Malang Village, Tanjung Sari Sub-district, South Lampung. The samples of this research are 12 students of Buddhist Sunday School. Based on the research, the analysis result using paired samples T-test shows the value of Sig = 0.03 = 3% < 5%. This means that learning by applying the Multimedia-assisted Modelling The Way Method effectively improves speaking skill. The improvement of speaking skill can also be seen from the observation results, starting from the first observation which is 40%, the second and the third ones which is 83%, the fourth one which is 80%, the fifth one which is 79%, and the sixth one which is 94%. It means that even though the observation results are various, they are categorized in good category.
 

Article Details

How to Cite
Taridi, Susanto, & Sudarman. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE MODELLING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SEKOLAH VIHARA METTA JAYA LAMPUNG SELATAN: Speaking Skill Improvement by Using Multimedia-assisted Modelling The Way Method at Vihara Metta Jaya School. Jurnal Teknodik, 39–48. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.930
Section
Articles

References

Azizah, N. dan Zainudin, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Palembang). Edification Journal. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/139.

Fatimah, Siti, Sholahuddin Al Ayubi, Tri Novita Irawati. (2013). Perpaduan Pembelajaran Mind Mapping dengan Modelling The Way untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hajrah, S. (2018). Correlation between the Learning Media and the Students’ Attitudes. Jurnal Teknodik, 22, 99–110. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/343/329.

Heryadi, T., Sulfemi, W.B., dan Retnowati, S. (2020). Pengembangan Metode Modeling The Way Berbantu Media Papan Tempel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Lingko, 2(2). https://doi.org/10.26499/jl.v2i2.63.

Hikmah, M. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, 23(2), 15. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/588/434.

Kurniawan, I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Modelling The Way pada Siswa Kelas IX SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.751.

Munawaroh. (2017). The Influence of Teaching Methods and Learning Environment to the Students' Learning Achievement of Craft and Entrepreneurship Subjects at Vocational High School. International Journal of Environmental and Science Education, 12(4), 665–678.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645.

Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.

Purnami, S.H. (2021). Strategi Pembelajaran Modelling The Way pada Pembentukan Karakter Siswa MI. Murobbi:Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(20), 36–52.

Rakasiwi, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Pelaksanaan Ibadah Sehari-hari. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(1). https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4201.

Safrihady dan Wahyuni Oktavia. (2015). Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia.

Setiaji, A.N. (2014). Pengembangan Model Kooperatif Modeling The Way dengan Teknik Rendra dalam Pembelajaran Bermain Drama Bermuatan Pendidikan Karakter. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 115–121.

Siddiq, M., Salama, H., Khatib, A.J. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Metode Bercerita. Jurnal Teknodik, November, 131–146. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/496/473.

Sukardi, S. dan Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi dengan Tutorial terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066.

Supriyati, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Monolog Teks Recount dengan Metode Demonstrasi Media Picture Series. Academy of Education Journal. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/275.

Tri, S. dan Atika, N.H. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018 (S. D. S. K. dan T. Informasi (ed.)). BPS-Statistics Indonesia https://www.bps.go.id.

Tripathi, R. (2018). Importance and Improvements in Teaching-Learning Process through Effective Evaluation Methodologies. Essence International Journal for Environmental Rehabilitation and Conservation, 9(2), 7–16. https://doi.org/10.31786/09756272.18.9.2.202.

Wati, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga. E-Jurnal Mitra Pendidikan. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/25.

Wegner, C., Minnaert, L., dan Strehlke, F. (2021). The importance of learning strategies and how the project ‘Kolumbus-Kids’ promotes them successfully. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.30935/scimath/9393.

Wood, J.T. (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian. Jakarta: Salemba Humanika.