PENGEMBANGAN e-UKBM KIMIA ASAM BASA BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL SIKKA The Development of e-UKBM of Acid-Base in Chemistry Based on Problem-Based Learning Integrated with Sikkanese Local Culture

Main Article Content

M.A Yohanita Nirmalasari
Klaudius Ware
Maria Setiawati Menge Badhi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan sumber belajar yang kurang efektif pada masa pandemi dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Kimia terutama materi asam basa. Untuk mengatasinya, dilakukan penelitian pengembangan unit kegiatan belajar mandiri dalam bentuk elektronik (e-UKBM) untuk memfasilitasi pembelajaran selama work from home. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui cara mengembangkan e-UKBM Kimia Asam Basa untuk peserta didik dan pendidik; dan 2) menguji kelayakan e-UKBM Kimia Asam Basa berdasarkan hasil pengembangan pada tahap 1. Kemasan pembelajaran e-UKBM mengadopsi model problem-based learning yang diintegrasikan dengan kearifan lokal daerah Sikka. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Maumere, SMAN 2 Maumere, dan SMAK St. Gabriel Maumere yang berjumlah 40 orang serta pendidik berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kevalidan diperoleh nilai 81,37% (valid). Selanjutnya, e-UKBM Kimia dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran Kimia berdasarkan hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan luas. Hasil uji coba lapangan awal oleh peserta didik adalah 102,37 (kategori baik) dan pendidik adalah 105,00 (kategori baik). Pada uji lapangan luas oleh peserta didik hasilnya adalah 129,05 (kategori sangat baik) dan oleh pendidik adalah 144,00 (kategori sangat baik)
 
This research is triggered by the ineffectiveness problem of learning resource utilization during the pandemic era and the students’ boredom in attending the chemistry lesson, especially for acid-base material. To overcome it, the researchers try to carry out a research on the development of electronic Independent Learning Activity Unit (e-UKBM) to facilitate learning activity during the ‘work from home’ period. The purposes of this research are to: 1) know how to develop acid-base chemistry e-UKBM for students and teachers; and 2) test the acid-base chemistry e-UKBM feasibility based on the development in phase 1. The packaging of the e-UKBM adopts problem-based learning method which is integrated with Sikkanese local culture. The applied research method is research and development (R&D) with 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The respondents of this research are the grade XI students of SMAN 1 Maumere, SMAN 2 Maumere, and SMK St. Gabriel Maumere amounting 40 students and 4 teachers. Based on the validity percentage calculation, the result shows the value of 91,37% (valid). Then, the chemistry e-UKBM is stated to be feasible to be used in chemistry learning process based on the initial as well as broad field tests. The result of initial field test by the students indicates the value of 102,37 (good category), and by the teachers indicates the value of 105,00 (good category). The result of broad field test by the students indicates the value of 129,05 (very good category), and by the teachers indicates the value of 144,00 (very good category)

Article Details

How to Cite
M.A Yohanita Nirmalasari, Klaudius Ware, & Maria Setiawati Menge Badhi. (2022). PENGEMBANGAN e-UKBM KIMIA ASAM BASA BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL SIKKA: The Development of e-UKBM of Acid-Base in Chemistry Based on Problem-Based Learning Integrated with Sikkanese Local Culture. Jurnal Teknodik, 23–38. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.885
Section
Articles

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K., dan Atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Nomor 1, hal. 871—880. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580/pdf.

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Volume 7, Nomor 5, hal. 395–402. https://doi.org/10.15408/SJSBS.V7I5.15314.

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach: Ninth Edition. United States of America: McGraw Hill Companies.

https://www.academia.edu/34403357/_Richard_Arends_Learning_to_Teach_BookFi_org_.

Azhar. (2017). Keefektifan Pembelajaran Konsep Kimia Larutan dengan Menerapkan Model Penggambaran Mikroskopis di MAN Kabupaten Pidie. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 1, hal 72—82.

Dadu, M.J. (2020). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik Kimia pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA. Skripsi Tidak diterbitkan. Maumere: Universitas Nusa Nipa.

Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017b, hal. 1–153. Jakarta: Kemendikbud.

Elvia, D.H.R., dan Aditia, M.M. (2021). Pengembangan Video Asam Basa Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI. Jurnal Teknodik, Volume 25, Nomor 2, hal. 95—106. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/620/504.

Hermawan, F. (2019). Pengembangan UKBM Digital pada Materi Pertidaksamaan Eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, hal. 210-221. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk.

Kadek, N., Dwipayanti, I., Citrawathi, D.M., Srie, K., dan Julyasih, M. (2020). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Sistem Respirasi dengan Berbantuan Edmodo untuk Kelas XI MIPA di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, Volume 7, Nomor 2, hal. 81–93. https://doi.org/10.23887/JJPB.V7I2.29682.G16857.

Kamisorei, R.V., Devy, S.R., Kesehatan, D.P., dan Perilaku, I. (2017). Gambaran Kepercayaan tentang Khasiat Menyirih pada Masyarakat Papua di Kelurahan Ardipura I, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, Volume 5, Nomor 2, hal. 232–244. https://doi.org/10.20473/JPK.V5.I2.2017.232-244.

Lidi, A.R.D., Tiring, S.S.N.D., dan Nirmalasari, M.A.Y. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kimia Berbasis Kearifan Lokal Daerah Kabupaten Sikka Melalui Model Discovery Learning pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Maumere. SPIN Jurnal Pendidikan Kimia. https://nusanipa.ac.id/spin/index.php/spin/article/view/4/4.

Madiya, I. (2020). View of Pengembangan Aplikasi E-UKBM Kimia sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesian Journal of Educational Development. Volume 1, Nomor 2, hal. 142—158. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/776/695.

Majid, M.I. dan Linuwih, S. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Materi Usaha dan Energi Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, Volume 8, Nomor 3, hal. 1–11.

Navirida, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Materi Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen dan Desimal serta sebaliknya untuk Siswa Kelas V SD. Simki-Pedagogia, Volume 1, Nomor 1, hal. 2–8.

Noor, A., Fitriani, dan Kurniasih, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Representasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, Volume 7, Nomor 1, hal. 39—46. https://doi.org/10.29406/ARR.V7I1.1380.

Oktarina, R. dan Ribuwati. (2018). Penerapan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri 8 Rambutan, Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen. Prosiding Seminar Nasional PPS Universitas PGRI Palembang, hal. 589—594. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1882.

Perkasa, M., Annafi, N., dan Mutmainnah, P.A. (2018). Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Lingkungan melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, hal. 296–300. file:///C:/Users/user/Downloads/Prosiding APPPI Magfirah.pdf.

Priyatna, M. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Nomor 5, hal. 1311—1335. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6/1.

Putra, R.S., Wijayati, N., dan Mahatmanti, F.W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Volume 1, Nomor 2, hal. 2009–2018.

Putri, D.P.E. dan Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 5, Nomor 1, hal. 38—47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752.

Rachmawati, R., Nirmalasari, M.A.Y., Rif’ati, B., Kartikawati, D., Mayasari, D., dan Massang, B. (2020). Strategi Pembelajaran (1st ed.). Surabaya: CV Jakad Media Publishing. https://jakad.id/toko-buku/detail/?q=call-for-book-tema-2-strategi-pembelajaran.

Ramadan, F.A. dan Arfinanti, N. (2019). View of Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, Volume 1, Nomor 1, hal. 42—50. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/3994/2023.

Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, dan Ceramah sebagai Problem Solving dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Nomor 2, hal. 207—219. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1478.

Ulviani, Y., Kasrina, K., dan Idrus, I. (2017). Pengembangan LKS Berdasarkan Identifikasi Tumbuhan Paku Epifit pada Batang Kelapa Sawit. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, Volume 1, Nomor 1, hal. 105–112. https://doi.org/10.33369/DIKLABIO.1.1.105-112.