PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD 03 KOTO PULAI

KineMaster Application in Creating Learning Videos at SD 03 Koto Pulai

Authors

  • fira saputri
  • Adam Mudinillah

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.876

Keywords:

Kinemaster Apps, teaching material, multimedia

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, terutama dalam hal teknologi, makin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan apabila kita bisa mengimbanginya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran di sekolah dasar melalui penggunaan aplikasi KineMaster di kalangan pemula, guru-guru di sekolah dasar, serta muda-mudi yang membuat media pembelajaran berbasis multimedia sebagai bahan ajar ataupun penugasan kuliah. Saat pandemi Covid-19, proses belajar mengajar pun turut berubah. Jika semula para guru terbiasa memberi materi lewat buku, sekarang bahan ajar diberikan lewat media online berupa ebook, kelas digital, atau video pembelajaran. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para guru SD 03 Koto Pulai, Provinsi Sumatra Barat untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi KineMaster. KineMaster memiliki beberapa fitur yang menarik di antaranya background, musik; penggabungan video yang terputus, dan memasukkan animasi yang menarik lainnya. Aplikasi KineMaster adalah aplikasi yang pintar dalam editing video yang bisa tampil di layar smartphone dan di laptop yang dilengkapi dengan Android yang bekerja sangat profesional dan lengkap dengan fitur menarik. Metode dalam penelitian ini bersifat kualitatif yang mengandung makna lebih dalam. Pelaksanaan pengabdian ini diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan para guru dalam kegiatan pengajaran di kelas. Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan media daring, yaitu dengan aplikasi Zoom, dilanjutkan dengan praktik langsung dibantu oleh tim, disertai dengan tanya jawab dan latihan oleh para peserta pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan di SD 03 Koto Pulai, Provinsi Sumatra Barat. Tahap pelaporan dilakukan setelah selesainya kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dalam satu sesi pengabdian pada masyarakat, yaitu tanggal 30 November--04 Desember 2021 mulai pukul 09.00--12.00 WIB, bertempat di SD 03 Koto Pulai, Provinisi Sumatra Barat. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, para guru terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh tim pengabdi

 

Along with the development of the time, especially in terms of technology, more benefits can be obtained if we can make use of it. This study aims to develop learning media in elementary schools with KineMaster application by the beginners, elementary school teachers, and youths who make multimedia-based learning media as teaching materials or lecture assignments. During the COVID-19 pandemic, the teaching-learning process changes. The teachers were used to teaching with books, now they teach via online media such as ebook, digital class, and learning video. This community service aims to provide insights to SD 03 Koto Pulai teachers, West Sumatra Province to improve their abilities and knowledge in making learning media with KineMaster application. KineMaster has several interesting features such as the background, music, combiing two videos, nad adding interesting animation. KineMaster application is a professional and interesting smart application for video editing that can be used in smartphones or laptops with Android system. This research is a qualitative research with deep insight. The community service is carried out in three phases: preparation, implementation, and reporting. Preparation is done through preliminary survey to know what are needed by the teachers in their teaching process in the class. Implementation of training is conducted via Zoom, and continued with team-guided[1]practice and question-answer session. This activity is carried out in SD 03 Koto Pulai, West Sumatera Province. Reporting is made after the community service is completely done. The community service is carried out for 5 days, from 30 November – 04 December 2021 at 9 a.m. to 12 a.m. Western Indonesian Time at SD 03 Koto Pulai, West Sumatera Province. The result shows that the teachers are very enthusiastic in attending every session delivered by the team.

References

Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Dewi, N. P. S. R. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Vidio dengan Smartphone dan Aplikasi KineMaster (Prohram PKM) Putu. Jurnal Senadimas Undiksha, 5, 1758–1765. Retrieved from https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/242.pdf

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat. 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Agarina, M., Suryadi, A., & Septarina, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Editing Video Pembelajaran Daring Dengan Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru SDIT di Lampung, Prosiding Seminar Nasional Darmajaya. 1, 7–12. Retrieved from https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2923

Annisa, L. A., & Ramadan, Z. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2). 4790–4794. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1667

Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media Pembelajaran Masyarakat Modern Audiobook: Instructional Media of Modern Society. 18(April). 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.111

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 12(1). 100–105. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.7204

Dewi, S. P. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dalam Jaringan (Daring). Junral Pembelajaran Biologi. Kajian Biologi dan Pembelajarannya. 8(1). 5941–5947. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/13172/0

Diana Novita, A. R. H. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, 5(June), 1–11. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Diana-Novita/publication/341830562_plus_minus_aplikasi_pembelajaran_daring/links/5ed6802b299bf1c67d33d883/plus-minus-aplikasi-pembelajaran-daring.pdf

Dwijayani, N. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Berbantuan Aplikasi Kinemaster di Kelas VII. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Efrindah, S., & Yefterson, R. B. (2021). Media Presentasi untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kronologi Siswa, Kronologi. Masa Lalu untuk Masa Kini. 3(3), 207–223. Retrieved from http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/193

Eka, A., & Nugraha, P. (2020). Pelatihan Pembuatan Media untuk Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Abdimas Bina Bangsa. 01(01), 98–106. Retrieved from http://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/19

Firmansyah, W. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SD Amaliah melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Android. 2, 12–13. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4394

Gide, A. (1967). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Berbantuan Aplikasi Kinemaster di Kelas VII MTs-SA Madrasatul Qur’aniyah Batulayar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5, 5–24. Retrieved from http://etheses.uinmataram.ac.id/1458/

Gusteti, M. U., Rahmalina, W., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Menarik dengan Smartphone pada Guru Adzkia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. 4(1), 26–35. Retrieved from http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jpm/article/view/1485

Handoko, A. (2021). Pemanfaatan Kinemaster sebagai Aplikasi Pembuatan Iklan Video Bagi Pengelola dan Pendidik PKBM. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 14–24. Retrieved from http://www.interstudi.edu/journal/index.php/journaldesain/article/view/968

Kanang Ulhadi, Aunurrahman, F. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 5(2), 87–92. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44188

Khaira, H. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. Digilib Unila. 3, 4–5. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/3817/17/BAB II.pdf

Kusuma, J. W., Jefri, U., Surnani, E., Pratiwi, I., & Kurniawan, E. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classdojo Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sd It Bina Bangsa Di Era Kenormalan Baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(01), 57. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6906

Laily Amin Fajariyah. (2018). Pembelajaran Teks Report dengan Proyek “Cerdig” Berbasis KineMaster, 2, 5–6. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/60575573/2b4a_Projek_Cerdig_Kinemaster-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1634129737&Signature=InkatKgesREree1yMW-reUGtcdYzwPiqb53hLSJHrU5YSi7j~sLZAfOJqj7ENPNrsnKveUFR6eW3xnmsCC8j2U3Dv2SpEHtQe0Oo5N29hLgDyzKvI17p33XcCrWCFH

Leni Arbaatin Annisa, Z. H. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Tema 7 Subtema 3 untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru, Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2), 13–19. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1667

May Sari Lubis, Isa Hidayati, W. N. L. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktek Musik AUD pada Penggunaan Aplikasi Kinemaster di PG PAUD FIP UNIMED. Jurnal Bunga Rampai. 2(2), 306–309. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/25659

Nurfauzi, fadlun subhawa. (2021). Efektivitas Powerpoint Bernarasi Pembelajaran Daring pada Materi Iklim di SMP. Institutional Repository. UMSLibrary. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/89501/

Nurmaliza, Y., Susanto, E., & Selviani, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Video pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Journal of Dehasen Educational Review. 2(1), 12–16. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/1398

Permata, C. W., & Nursiwi Nugraheni. (2021). Proses Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III di SDN Mangkang Kulon 01 Citra. Prosiding Seminat Nasional IAIN Tumpang Penyang Palangkaraya. (3), 126–132. Retrieved from http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/100

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Guru SD Kristen Terang Bagi Bangsa Pati, Jurnal Pengabdian Vokasi. 01(04), 242–247. Retrieved from https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/8821/4824

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 18(2), 01–02. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121

Setijowati, U., Asih, S. S., & Witanto, Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Guru SD dalam Mengelola Pembelajaran di Masa Pandemi melalui Sejumlah Aplikasi Android Umi. Prosiding Seminat Nasional IAHN Tampung Penyang Palangkaraya. (3). 212–224. Retrieved from http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/108

Shofiyah, N., Aulina, C. N., Efendi, N., & Laily, M. (2021). Modul Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster Diterbitkan oleh Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo ISBN: 978-623-6292-13-6 Copyright © 2021. Authors All rights reserved. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/download/978-623-6292-13-6/988

Syukhria, R. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan. LPPM Universitas Pendidikan Indonesia, 21(1), 34–40. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i1.33749

Vebrynda, R. (2020). Pemberdayaan Media Baru dalam Dakwah di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. 5, 1963–1968. https://doi.org/10.18196/ppm.310.548

Widiono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. Prosiding Seminar Nasional IAHN Tampung Penyang Palangkaraya. 3, 12–21. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=jB1AlvoAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DjB1AlvoAAAAJ%26citation_for_view%3DjB1AlvoAAAAJ%3A_FxGoFyzp5QC%26tzom%3D420

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386

Winarsih, Moh. Rusnoto Susanto, D. S. (2021). Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Melalui Aplikasi Kinemaster di Masa Pandemi Covid-19. 7(2). 29–38. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/9986

Wulandari, H., Turmudi, T., Purnama, A. L., Ginting, D. I., Robiatussa’diyah, D., Dewi, G. Y., Lestari, S. D. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT untuk Menanggulangi Dampak Covid-19 dalam Bidang Pendidikan. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2). 145–153. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.956

Yaumi, M. (2017). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Dari Pemanfaatan Media Sedearhana ke Penggunaan Multi Media. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://www.interstudi.edu/journal/index.php/journaldesain/article/view/968

Zulfadhli, E., Universitas, F. B. S., & Padang, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Publikasi Jurnalistik Perangkat Nagari Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Media Sosial di Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan melalui Pelatihan. Jurnal Pengabdian Kepada Masrakat Bidang Humaniora, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.24036/abdi-humanus.v1i1106660

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

saputri, fira, & Mudinillah, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD 03 KOTO PULAI: KineMaster Application in Creating Learning Videos at SD 03 Koto Pulai. Jurnal Teknodik, 183–198. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.876

Citation Check