Pengembangan Media Belajar Matematika Dengan Pendekatan ICT

Authors

  • Rr. Martiningsih, M.Pd Rr. Martiningsih, M.Pd

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.85

Abstract

Abstrak:
Banyak siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal itu dibuktikan dengan prestasi belajar matematika yang kurang memuaskan. Jika siswa memahami apa yang mereka pelajari, siswa akan mendapatkan prestasi yang lebih baik. Media sangat penting untuk memahami sesuatu. Media membantu siswa memahami hal hal yang abstrak menjadi hal-hal yang nyata. Media juga membantu siswa untuk mempermudah konsep yang sulit. Oleh karena itu, pengembangan ini merupakan media matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya semester genap pada standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah melalui pendekatan ICT. Media belajar matematika ini dikembangkan dengan PowerPoint sebab PowerPoint adalah software yang sudah sangat familiar. Kita dapat membuat media belajar interaktif dengan mengoptimalkan fitur-fitur yang ada pada PowerPoint. Siswa dapat mempergunakan program yang telah dibuat dengan cara mengâ€klik†tanda-tanda yang telah disediakan. Program ini membuat siswa belajar dengan lebih mudah, dan siswa dapat menikmati pembelajaran matematika sebagai pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pada akhirnya siswa dapat meningkatkan prestasi belajar matematikanya, dan pada akhirnya mereka akan berpendapat bahawa matematika sangat menyenangkan dan mudah.

Kata kunci: media, PowerPoint Interaktif, matematika


Abstract:
Many students argue that math is a difficult lesson. It is proved by the unsatisfying math achievment of the students. If students comprehend what they learn, they will have better achievement. Media takes important role in understanding something. Media helps students understand abstract things. Media also helps students simplify difficult concepts. Therefore, we developed math learning media for 7th grader in Muhammadiyah 1 Junior High School Surabaya using sets and Venn diagram in ICT based problem solving. The math learning program was developed using PowerPoint application software since this software is very familiar. We can make interactive learnig media by optimizing many features in PowerPoint. Students can use the program already made by “clicking†signs provided. This program make studens learn more easily, and students can enjoy math learning as a fun learning so that students can improve their achievement in math learning. Finally they will argue that math is fun and easy.

Keywords: Media, interactive powerpoint, math

Author Biography

Rr. Martiningsih, M.Pd Rr. Martiningsih, M.Pd

(Teacher in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya)

Published

2013-03-03

How to Cite

Rr. Martiningsih, M.Pd, R. M. M. (2013). Pengembangan Media Belajar Matematika Dengan Pendekatan ICT. Jurnal Teknodik, Hal. 15–24. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.85

Citation Check