PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Herwina Bahar Herwina Bahar

Abstract

diterima: 02 Mei 2013; dikembalikan untuk direvisi: 12 Mei 2013; disetujui: 18 Mei 2013Abstrak: Model pembelajaran menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh guru, bahkan harus mencari paradigma baru yang bisa membelajarkan peserta didik. Untuk itu, upaya apa saja yang harus dilakukan oleh guru dalam mengembangkan model pembelajaran untuk membentuk pendidikan karakter, perlu dibahas secara mendalam. Tujuan dari penulisan ini mengkaji pelaksanaan proses pembelajaran yang berkembang dan mencari suatu model pembelajaran alternative dan strategis dalam membentuk karakter siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa memberdayakan peserta didik adalah model pembelajaran terpadu. Sebagai suatu aplikasi dari strategi pembelajaran berdasarkan kurikulum terpadu yang bertujuan untuk menciptakan atau membuat proses pembelajaran secara relevan dan bermakna bagi siswa. Pembelajaran ini melibatkan siswa mulai dari merencanakan, mengeksplorasi, dan brain storming dari siswa, sehingga mereka didorong untuk berani bekerja secara kelompok dan belajar dari hasil pengalamannya sendiri. Pendidikan karakter bisa terlaksana atau terinternalisasi dalam proses pembelajaran melalui pengajaran yang memberikan pengetahuan dan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa sesuai dengan pedoman dan petunjuk yang ditetapkan. Guru mendidik dengan memberi tuntunan, petunjuk dan keteladanan yang dapat diterapkan siswa dalam sikap dan prilaku yang baik (akhlakul karimah). Melalui penerapan pendekatan modeling atau uswatun hasanah dengan menegakkan nilai-nilai akhlak, maka pendidikan karakter (characterbased education) dapat terwujud dengan baik.Kata kunci: Pembelajaran terpadu dan pendidikan karakterAbstract: Learning model is one of important considerations to take into account by teachers in order to build new paradigm for students. Therefore, any teachers’ efforts related to learning model in building chacarters, need to be discussed deeper. This study was aimed to analyze learning process that has been implementing and to find alternative and strategic learning models in order to build students’ characters. One of learning models that can be applied is integrated learning model. As part of integrated curriculum, this model creates a relevant and meaningful learning model for students. The process involves students in planning, exploring and brain storming to study in a group-work based on their own experiences. Character education is taught through knowledge and information based on standard guidance.In this model, teacher acts as an educator, role model, a good leader so that the students will have good attitude and behaviour (akhlakul karimah). By applying this role model approach (uswatun hasanah), character-based educationwill be well achieved.Keywords: Integrated learning and character education

Article Details

How to Cite
Herwina Bahar, H. B. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Teknodik, Hal. 209–225. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.80
Section
Articles
Author Biography

Herwina Bahar Herwina Bahar

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah JakartaJl.Kh.Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat