PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Main Article Content

Yulia Isratul Aini

Abstract

Dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, banyak pembelajaran yang harus dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh atau tatap muka terbatas. Agar tercapai tujuannya, model pembelajaran seperti itu tentunya memerlukan berbagai upaya tertentu, yang salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Namun, pemanfaatan portal Rumah Belajar masih memiliki beberapa kendala, seperti banyak guru yang belum mengenal portal Rumah Belajar, kesulitan sinyal internet untuk mengakses portal Rumah Belajar, dan belum tergalinya kreativitas guru dalam mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan guru dalam memanfaatkan portal Rumah Belajar untuk pembelajaran di masa adaptasi kebiasaan baru secara maksimal. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang terkait dengan teori dan konsep mengenai pemanfaatan portal Rumah Belajar di masa adaptasi kebiasaan baru. Data pendukung studi ini adalah data sekunder berupa informasi yang tertuang dalam laporan, artikel, dan lainnya. Data dianalisis melalui teknik analisis isi dengan pengelompokan informasi yang didapat dan disajikan secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan portal Rumah Belajar di masa adaptasi kebiasaan baru dilakukan dengan:(1)  meningkatkan frekuensi penggunaannya; dan (2) menerapkan model-model pembelajaran dengan memanfaatkan media yang ada di dalam fitur-fitur portal Rumah Belajar, yaitu bahan belajar dalam bentuk video, audio, dan web, media praktikum untuk pembelajaran IPA dan matematika pada jenjang SMP dan SMA, serta media berlatih mengerjakan soal-soal. In order to prevent the spread of Covid-19, a lot of learning activities must be carried out in the model of distance- learning or limited face-to-face learning. To make it work, such learning model requires various efforts. One of them is bybutilizing “Rumah Belajar†portal. However, utilizing Rumah Belajar portal still has some problems: a lot of teachers did not know “Rumah Belajar†portal yet; internet coverage to access portal Rumah Belajar is still limited in certain areas difficult to; and teachers’ creativity in developing learning that utilize of Rumah Belajar portal is still limited. The objective of this study is to find out what and how the teachers efforts in utilizing Rumah Belajar portal for learning in the new normal effectively. The method applied in this study is literature review which is related to the theory and concept on utilizing of Rumah Belajar portal during the new normal adaptation. Supporting data for this study is secondary data which derives from reports, articles, and others. Data is analysed through the technique of content analysis by grouping the information. The result of the analysis shows that utilizing “Rumah Belajar†portal in new normal adaptation effectively is by: (1) increasing the utilization of “Rumah Belajar†portal; and (2) applying learning models by using content available in “Rumah Belajar†portal as: (a) learning material in the form of video, audio, and website; (b) applying virtual practicum media in science and mathematics in the level of junior high school and senior high school; and (c) to practice in solving questions.

Article Details

How to Cite
Aini, Y. I. (2021). PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. Jurnal Teknodik, 25(1), 81–93. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785
Section
Articles

References

Adit, A. (2020). Rumah Belajar Hadirkan 13 Edugame Menarik Bagi Anak. https:// edukasi.kompas.com

Agnes, M. (2019). Manfaat Rumah Belajar Yang Dirasakan. Blog Pena Rumah Belajar. http:// pena.belajar.kemdkbud.go.id

Aini, Y. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Maya pada Portal Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Media Pembelajaran Matematika dan IPA Jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Surya LPMP Papua Barat, Volume XXI.

Ardiyanta, A., Sudjimat, D., & Partono. (2012). Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik Sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 35(2), 163–172. http:// journal.um.ac.id

Chabibie, M. H., & Hakim, W. (2016). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web/: Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 37–59. https://ejournals.umn.ac.id

Chairani, N. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai Konten Yang Menyenangkan. Blog Pena Rumah Belajar. http:// pena.belajar.kemdikbud.go.id

Darmawan, K. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media E- Learning Portal Rumah Belajar Kemendikbud Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS. Repository Indonesia University of Education. http://repository.upi.edu

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hasan, M., Parubak, A., & Yogaswara, R. (2019). Belar Kognitif Peserta Didik Kelas X Mia Sma

Santo. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 2(1), 121–125. http://jurnal.unipa.ac.id

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–

https://ojs.ikippgribali.ac.id

Kemdikbud. (2020a). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019. www.kemdikbud.go.id

Kemdikbud. (2020b). Surat Edaran Setjen Kemdikbud Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O. https:// bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id

Kurnia, N. (2021). Efektivitas Rumah Belajar Bagi Siswa SMK. 10(1), 113–119. https:// ejournal.unesa.ac.id

Lestari, W. (2018). Memanfaatkan Fitur Karya Bahasa dan Sastra Rumah Belajar Untuk Literasi. Blog Pena Rumah Belajar. http:// pena.belajar.kemdikbud.go.id

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 142–

https://ejournal.karinosseff.org/

Mega, N. (2013). Wahana Jelajah Angkasa Berbasis World Wide Telescope Sebagai Lingkungan Belajar Ilmu Astronomi. Jurnal Teknodik, 17(Jurnal Teknodik Vol. 17 No. 1 Maret 2013), Hal. 606-615. https:// jurnalteknodik.kemdikbud.go.id

Miftah, M. (2013). Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, Vol 1(2), 95–105. https://doi.org/https://doi.org/

31800/jtp.kw.v1n2.p95 -105.

Mufida, A. (2019). Pembelajaran Budaya

Panggalih, W. (2015). Studi Komparasi Antara Media Interaktif Berbasis Edugame Dengan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar [Universitas Negeri Semarang]. http:// lib.unnes.ac.id

Polontalo, R. (2020). Implementasi Bank Soal Dalam Pembelajaran. Blog Pena Rumah Belajar. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id

Prayitno, W. (2013). Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21. https:// lpmpjogja.kemdikbud.go.id/

Ranoptri, D. (2018). Inilah Fungsi Fiture Rumah Belajar Kemdikbud. http://pena.belajar. kemdikbud.go.id/

Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Maya Dalam Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Guru Indonesia, 1(1). https:// scholar.ummetro.ac.id/

Sediane, T. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Maya pada Pebelajaran IPA Materi Optik (SMP). Blog Pena Rumah Belajar. http:// pena.belajar.kemdikbud.go.id

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2). http://jurnal.ar-raniry.ac.id

Suprianto, A. (2018). Mengenal dan Memanfaatkan Kelas Maya. Blog Pena Rumah Belajar. http://pena.belajar. kemdikbud.go.id

Warsita, B. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Teknodik, 23(1), 65–78. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id

Yanti, M., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pndidikan Dasar IHDN, 5(1), 61–68. https:// ejournal.ihdn.ac.id

Yanuarti, R. (2018). Studi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Guru [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/

Indonesia Memanfaatkan Fitur Peta Budaya Rumah Belajar Kemdikbud. Blog Pena Rumah

Belajar. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id