PEMBELAJARAN ASTROFISIKA BERBASIS LITERASI AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Authors

  • Muhammad Shalehuddin Al-Ayubi

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.780

Keywords:

Pembelajaran astrofisika, pembelajaran berbasis Al-Qur’an, teknologi informasi dan komunikasi.

Abstract

Dalam dunia pendidikan, masih terdapat pemisahan antara pembelajaran keagamaan dengan pembelajaran ilmu pengetahuan yang bersifat umum. Padahal dalam Al-Qur’an, seringkali tersurat ayat-ayat yang membahas ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah tentang ilmu astrofisika. Penelitian ini bertujuan menyusun model pembelajaran astrofisika berbasis literasi Al-Qur’an dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan fenomena lalu telaah ayat (minal waqi ilannash) serta melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran astrofisika sangat mungkin dilakukan dengan basis literasi Al-Qur’an. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan, di antaranya adalah membaca tafsiran ayat tentang langit dan benda-bendanya; mengamati fenomena alam; dan mengolah data hasil pengamatan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama dan pembelajaran ilmu pengetahuan umum atau sains bisa terintegrasi dalam satu konsep yang utuh, tidak terpisahkan.

In the field of education, there is still tendency of dichotomy between religious learning and science. In fact, we can find a lot of verses in Qoran that states on science. One of them is about astrophysics. The objective of this research is to develop Koran Literacy-based Astrophysics Learning Model by Using Information and Communication Technology (ICT). The research method is observation on the phenomena which is continued by verse study (minal waqi ilannash) and literature review. The result shows that astrophysics learning is most likely carried out on the basis of Koran literacy. There are some strategies that can be taken. Some of them are reading the interpretation of verses about the sky and its things; observing the nature phenomena; and processing the data of observation result. This indicates that religious learning and science learning can be integrated in a whole concept.

References

Afroni, S., & Triana, R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an. Edukasi Islami/: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 157. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.264.

Akhlis, P. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Astronomi Berbasis Visual Novel Ren’Py. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 35–41. https://doi.org/ 10.15294/upej.v5i2.13617.

Al-Qur’an dan Terjemahan. (2014). Al-Qur’an Online. http://ayatalquran.net/2014/11/al- quran-30-juz-114-surah/.

Aman, M. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Al-Quran. Tadarus TArbawy, 2(1), 265–273.

Anggraini, R. D. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Islam Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Optik Geometri Dan Alat …. http:// repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3863.

Anwas, O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 17, 493–504.

Anwas, O. M. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 207. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.187.

Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 0, Issue 52). Yayasan Obor Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318.

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/ hal/profil-pelajar-pancasila.

Elzulfiah, R., Mahanti, D. E., Ramadhan, F., & Nasbey, H. (2015). Kajian Perkembangan Pendidikan Astronomi Untuk Sma Di Indonesia Snf2015-Iv-37 Snf2015-Iv-38. IV, 37–42.

Gary B. Ferngren. (2017). Science & Religion: A Historical Introduction. Jhons Hopkins University.

Hanafi, Y. (2014). Bias-bias Dikotomi dalam Buku Ajar Matakuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 153. https://doi.org/ 10.15642/islamica.2011.6.1.153-167.

Hanum, R. (2019). INTEGRASI ILMU DALAM KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DIACEH (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir, Jurnal Pendidikan, 8(1), 40–

http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/ 2554/19755.pdf.

Huda, M. (2019a). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://www.elsevier.com/locate/scp.

Huda, M. (2019b). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar. http://www.elsevier.com/ locate/scp.

Imam Ghazali Masykur. (2014). al-Qur’an dan Terjemah al Mumayaz.

Jamarudin, A. (2010). Konsep Alam Semesta Menurut Al-Quran. Jurnal Ushuluddin, 16(2), 136–151. http://ejournal.uin-suska.ac.id/ index.php/ushuludin/article/view/670/621.

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains- Islam. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 19. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735.

Mansur, M., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Al- Quran Based Learning Strategy in Teaching Mathematics at Primary Education. https:// doi.org/10.2991/icece-17.2018.78.

Marpaung, W. (2015). Pengantar Ilmu Falak.

Prenadamedia Group.

Melati, A. (2015). Pengembangan Modul Praktikum Astrofisika Seri Alat Solarscope Berbasis Integrasi Interkoneksi. Indonesian Journal of Applied Physics, 5(01), 47. https:// doi.org/10.13057/ijap.v5i01.274.

Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. Tsaqafah, 12(2). https://doi.org/ 10.21111/tsaqafah.v12i2.756.

Nirahua, J., Taihuttu, J., & Sopacua, V. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Dan Critical Thinking Skill Pada Mata Kuliah Astrofisika Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jambura Physics Journal, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.34312/ jpj.v2i1.6869.

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–1 17.http s://doi.org/10.36052/ andragogi.v6i2.59.

Prof. Dr. H. Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Radar Jaya Offset.

Purba, R. A., & Dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL- ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2).

https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Sri Anggoro, B., Bidayati Haka, N., & Hawani, H. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Alquran Hadith Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Di Tingkat SMA/MA. Biodik, 5(2), 164–172. https:// doi.org/10.22437/bio.v5i2.6432.

Sujana, N., & Supeno, H. (2020). Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Tata Surya Pada Pelajaran Astronomi. Tematik, 7(1), 51–57. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.370 Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2020).Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. 242.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Al-Ayubi, M. S. (2021). PEMBELAJARAN ASTROFISIKA BERBASIS LITERASI AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 25(1), 55–56. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.780

Citation Check