PEMBELAJARAN ASTROFISIKA BERBASIS LITERASI AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Afroni, S., & Triana, R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an. Edukasi Islami/: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 157. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.264.
Akhlis, P. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Astronomi Berbasis Visual Novel Ren’Py. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 35–41. https://doi.org/ 10.15294/upej.v5i2.13617.
Al-Qur’an dan Terjemahan. (2014). Al-Qur’an Online. http://ayatalquran.net/2014/11/al- quran-30-juz-114-surah/.
Aman, M. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Al-Quran. Tadarus TArbawy, 2(1), 265–273.
Anggraini, R. D. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Islam Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Optik Geometri Dan Alat …. http:// repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3863.
Anwas, O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 17, 493–504.
Anwas, O. M. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 207. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.187.
Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 0, Issue 52). Yayasan Obor Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318.
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/ hal/profil-pelajar-pancasila.
Elzulfiah, R., Mahanti, D. E., Ramadhan, F., & Nasbey, H. (2015). Kajian Perkembangan Pendidikan Astronomi Untuk Sma Di Indonesia Snf2015-Iv-37 Snf2015-Iv-38. IV, 37–42.
Gary B. Ferngren. (2017). Science & Religion: A Historical Introduction. Jhons Hopkins University.
Hanafi, Y. (2014). Bias-bias Dikotomi dalam Buku Ajar Matakuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 153. https://doi.org/ 10.15642/islamica.2011.6.1.153-167.
Hanum, R. (2019). INTEGRASI ILMU DALAM KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DIACEH (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir, Jurnal Pendidikan, 8(1), 40–
http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/ 2554/19755.pdf.
Huda, M. (2019a). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://www.elsevier.com/locate/scp.
Huda, M. (2019b). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar. http://www.elsevier.com/ locate/scp.
Imam Ghazali Masykur. (2014). al-Qur’an dan Terjemah al Mumayaz.
Jamarudin, A. (2010). Konsep Alam Semesta Menurut Al-Quran. Jurnal Ushuluddin, 16(2), 136–151. http://ejournal.uin-suska.ac.id/ index.php/ushuludin/article/view/670/621.
Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains- Islam. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 19. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735.
Mansur, M., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Al- Quran Based Learning Strategy in Teaching Mathematics at Primary Education. https:// doi.org/10.2991/icece-17.2018.78.
Marpaung, W. (2015). Pengantar Ilmu Falak.
Prenadamedia Group.
Melati, A. (2015). Pengembangan Modul Praktikum Astrofisika Seri Alat Solarscope Berbasis Integrasi Interkoneksi. Indonesian Journal of Applied Physics, 5(01), 47. https:// doi.org/10.13057/ijap.v5i01.274.
Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. Tsaqafah, 12(2). https://doi.org/ 10.21111/tsaqafah.v12i2.756.
Nirahua, J., Taihuttu, J., & Sopacua, V. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Dan Critical Thinking Skill Pada Mata Kuliah Astrofisika Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jambura Physics Journal, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.34312/ jpj.v2i1.6869.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–1 17.http s://doi.org/10.36052/ andragogi.v6i2.59.
Prof. Dr. H. Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Radar Jaya Offset.
Purba, R. A., & Dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL- ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2).
https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.
Sri Anggoro, B., Bidayati Haka, N., & Hawani, H. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Alquran Hadith Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Di Tingkat SMA/MA. Biodik, 5(2), 164–172. https:// doi.org/10.22437/bio.v5i2.6432.
Sujana, N., & Supeno, H. (2020). Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Tata Surya Pada Pelajaran Astronomi. Tematik, 7(1), 51–57. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.370 Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2020).Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. 242.