PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA VERSI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP JARINGAN TUMBUHAN
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.777Keywords:
Laboratorium Maya, Android, konsep jaringan tumbuhanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya pemahaman peserta didik Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram mengenai konsep jaringan tumbuhan. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep jaringan tumbuhan melalui penggunaan Laboratorium Maya versi Android. Penggunaan Android pada saat pandemi ini merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Data yang dikumpulkan berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami konsep jaringan tumbuhan setelah belajar menggunakan Laboratorium Maya dengan situs pencari pada siklus pertama. Pada siklus kedua, dengan menggunakan Laboratorium Maya versi Android secara individu, juga terjadi peningkatan hasil belajar yang didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Laboratorium Maya versi Android dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep jaringan tumbuhan.Â
The back ground of this research is the fact that the understanding of class VIII F students at SMP Negeri 8 Mataram on plant tissue concept is still low. This condition is caused by inappropriate choice of the learning media by the teacher. The objective of this research is to improve the students’ understanding on plant tissue concept through the use of Laboratorium Maya for Android. The use of Android during this pandemic time is an important thing in learning activities. This is a class action research carried out in two cycles. Each cycle is through planning, action, observation, and reflection. The research subject is 29 students of class VIII F at SMP Negeri 8 Mataram academic year of 2020/2021. The data collected is the scoring for the process of the students’ activities and the scoring at the cycle end. The data, then, is analyzed to get the description whether the learning succeeds or fails. The result shows that there is some improvement in the students’ learning outcomes in understanding the concept of plant tissue after using Laboratorium Maya with searching engine in the first cycle. In the second cycle, by using Laboratorium Maya for Android individually by the students, there is also some improvement in the students’ learning outcomes based on the result in first cycle and second cycle. It can be summarized that the use of Laboratorium Maya for Android can improve the students’ understanding on plant tissue concept.
Â
References
Ardius, Ahmad. (2020). “Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantanganâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24 Nomor 2, Desember 2020 ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Hardinata, Restu. (2018). “Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Androidâ€. Jurnal Bioeduscience, 2018, 2 (1). Jakarta: Uhamka.
Herliandry, Luh Devi. (2020). “Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19â€. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22, No. 1, April 2020. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Manikowati. (2018). “Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa SMAâ€. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 06/01 Juni 2018. Online ISSN: 2622-4283 Print ISSN: 2338-9184. Sidoarjo: BPMTPK.
Martiningsih, Raden Roro. (2020). “Pemanfaatan Laboratorium Maya Versi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sudutâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24 Nomor 1, Juni 2020, ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Pustekkom-Kemdikbud.
Muhyiddin. (2020). “Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesiaâ€. The Indonesian Journal of Development Planning 240, Volume IV No. 2, Juni 2020. Jakarta: Bappenas.
Mutmainah, Siti. (2017). “Studi Kelayakann Pengembangan Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajarâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 21 No. 1, Juni 2017. Ciputat: Pustekkom Kemendikbud.
Pujakusuma, Galih Agustinus. (2018). “Game ‘Incredible Math’ Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Virtual Realityâ€. Prosiding SNMPM II. 10 Maret 2018. Cirebon: Prodi Pendidikan IPA-Unswagati.
Rahayu, Haifah Tri. (2019). Pengaruh Aplikasi Android Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 10 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Ciputat: Kemdikbud.
Rivalina, Rahmi dan Siahaan, Sudirman.(2020). “Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran ke Arah Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didikâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24, Nomor 1, Juni 2020 ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Rosali, Ely Satiyasih. (2020). “Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi, Tasikmalayaâ€. Geography Science Education Journal (GEOSEE), Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Rusilowati, Ari. (2021). “Peningkatan Keprofesian Guru dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah Melalui Program Kemitraan Masyarakatâ€. Jurnal Profesi Keguruan JPK, 7 (1), 2021: 1--9. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sadikin, Ali. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic)â€. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020. Jambi: Unja.
Siahaan, Sudirman. (2014). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran: Sebuah Kajianâ€. Jurnal Teknodik. Vol. 18 Nomor 3, Desember 2014. Ciputat: Kemdikbud.
Siahaan, Sudirman. (2018). “Perintisan Model Pembelajaran Terintegrasi TIK di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasanâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 22-Nomor 2, Desember 2018 ISSN: 2088- 3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Rosidah, Ati. (2020). Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya pada Portal Rumah Belajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: LPMP DKI Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknodik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):