PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA VERSI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP JARINGAN TUMBUHAN
Main Article Content
Abstract
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Ardius, Ahmad. (2020). “Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantanganâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24 Nomor 2, Desember 2020 ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Hardinata, Restu. (2018). “Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Androidâ€. Jurnal Bioeduscience, 2018, 2 (1). Jakarta: Uhamka.
Herliandry, Luh Devi. (2020). “Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19â€. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22, No. 1, April 2020. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Manikowati. (2018). “Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa SMAâ€. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 06/01 Juni 2018. Online ISSN: 2622-4283 Print ISSN: 2338-9184. Sidoarjo: BPMTPK.
Martiningsih, Raden Roro. (2020). “Pemanfaatan Laboratorium Maya Versi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sudutâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24 Nomor 1, Juni 2020, ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Pustekkom-Kemdikbud.
Muhyiddin. (2020). “Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesiaâ€. The Indonesian Journal of Development Planning 240, Volume IV No. 2, Juni 2020. Jakarta: Bappenas.
Mutmainah, Siti. (2017). “Studi Kelayakann Pengembangan Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajarâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 21 No. 1, Juni 2017. Ciputat: Pustekkom Kemendikbud.
Pujakusuma, Galih Agustinus. (2018). “Game ‘Incredible Math’ Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Virtual Realityâ€. Prosiding SNMPM II. 10 Maret 2018. Cirebon: Prodi Pendidikan IPA-Unswagati.
Rahayu, Haifah Tri. (2019). Pengaruh Aplikasi Android Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 10 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Ciputat: Kemdikbud.
Rivalina, Rahmi dan Siahaan, Sudirman.(2020). “Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran ke Arah Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didikâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 24, Nomor 1, Juni 2020 ISSN: 2088-3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Rosali, Ely Satiyasih. (2020). “Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi, Tasikmalayaâ€. Geography Science Education Journal (GEOSEE), Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Rusilowati, Ari. (2021). “Peningkatan Keprofesian Guru dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah Melalui Program Kemitraan Masyarakatâ€. Jurnal Profesi Keguruan JPK, 7 (1), 2021: 1--9. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sadikin, Ali. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic)â€. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020. Jambi: Unja.
Siahaan, Sudirman. (2014). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran: Sebuah Kajianâ€. Jurnal Teknodik. Vol. 18 Nomor 3, Desember 2014. Ciputat: Kemdikbud.
Siahaan, Sudirman. (2018). “Perintisan Model Pembelajaran Terintegrasi TIK di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasanâ€. Jurnal Teknodik, Vol. 22-Nomor 2, Desember 2018 ISSN: 2088- 3978 e-ISSN: 2579-4833. Ciputat: Kemdikbud.
Rosidah, Ati. (2020). Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya pada Portal Rumah Belajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: LPMP DKI Jakarta.