Evaluasi Keberhasilan Penerapan Media Audio Gelaria (Gerak Lagu Anak Ceria) dalam Meningkatkan Fisik Motorik Pada Anak di TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta

Main Article Content

innayah innayah innayah

Abstract

Media audio Gelaria (Gerak Lagu Anak Ceria) telah diterapkan di dalam pembelajaran pada TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Namun, masalahnya adalah bahwa sampai sejauh ini, belum pernah dilakukan evaluasi keterlaksanaan pemanfaatannya sehingga tidak dapat diketahui tingkat keberhasilannya. Studi ini merupakan studi kasus di TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Tujuan evaluasi yang dibahas di dalam tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan penerapan media audio Gelaria dalam meningkatkan fisik motorik anak-anak TK Laboratori Pedagogi Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah evaluasi program model Kirkpatrick dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi mengungkapkan bahwa: 1) reaksi peserta didik  menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan media audio Gelaria berada pada kriteria sangat berhasil (83%); 2) proses belajar peserta didik melalui pemanfaatan media audio Gelaria menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada kriteria sangat berhasil (76%); 3) perilaku peserta didik menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan media audio Gelaria pada kriteria berhasil (50%); 4) dampak pemanfaatan media audio Gelaria pada peserta didik menunjukkan keterlaksanaan belajar mereka pada kriteria berhasil (70%), yang dapat diketahui melalui berbagai kejuaraan lomba yang diikuti berkaitan dengan kegiatan fisik motorik; dan 5) penerapan pemanfaatan media audio Gelaria, baik dari sisi SDM pendidik, sarana prasarana, maupun dana yang tersedia secara umum tidak mengalami kendala. Sebagai simpulan, dapat dikemukakan bahwa media audio Gelaria dapat dimanfaatkan di Taman Kanak-Kanak lainnya yang kondisinya tidak jauh berbeda (sekolah imbas). Namun, disarankan agar lembaga pengembang media audio Gelaria memberikan bimbingan teknis penerapan pemanfaatan media audio Gelaria kepada para pendidik dan sekaligus juga mengkaji ulang sintak penerapan pemanfaatan media audio Gelaria. The audio media of Gelaria (Gerak Lagu Anak Ceria or Cheerful Children's Song and Movement) has been implemented in the learning process at the Pedagogia Laboratory Kindergarten, Yogyakarta. However, until now, there has never been any evaluation on its implementation, so that the success degree cannot be identified. This is a case study in Pedagogia Laboratory Kindergarten, Yogyakarta. The objective study is to determine the success degree of the Gelaria audio media implementation in improving the students’ motoric physic at Laboratori Pedagogia Kindergarten, Yogyakarta. The method applied is the Kirkpatrick program evaluation model with qualitative descriptive analysis. The result shows that: 1) The students’ reaction indicates that learning feasibility by using Gelaria audio media is the category of highly successful (83%); 2) The students’ learning process by using Gelaria audio media indicates that the learning feasibility is also in the category of highly successful (76%); 3) Students’ behavior indicates that the learning feasibility by using Gelaria audio media is in the category of successful (50%); 4) The impact of Gelaria audio media implementation on the students indicates that the learning feasibility is in the category of successful (70%), which can be identified from various motoric-physical championships they have attended; and 5) In terms of Human Resources, infrastructures, as well as finance, the implementation of Gelaria audio media has no constraints. It can be summarized that Gelaria audio media can be implemented other Kindergardens that have relatively-common condition (induced schools). However, it is recommended that the institution developing Gelaria audio media should provide technical assistances to teachers on how to implement it, and also continuously review its implmentation syntax.

Article Details

How to Cite
innayah, innayah innayah. (2020). Evaluasi Keberhasilan Penerapan Media Audio Gelaria (Gerak Lagu Anak Ceria) dalam Meningkatkan Fisik Motorik Pada Anak di TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Jurnal Teknodik, 24(2), 117–130. https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.738
Section
Articles
Author Biography

innayah innayah innayah, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK)-Pustekkom-Kemdikbud. Jl Sorowajan Baru No.367 Banguntapan Yogyakarta

Kemdikbud

References

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dahlia. (2018). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadlillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan, Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Khadijah & Amelia, Nurul. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mardapi, Djemari. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Munfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Ciputat: REFERENSI GP Press Group.

Putra, Nusa & Dwilestari, Ninin. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: P. T. Raja Grafindo Persada.

Raharjo Puji. (2010). Modul Pembuatan Media Audio Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan. Jakarta: CV Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suryana, Dadan. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. (2014). Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Jurnal Al-Afkar. Vol. V No. 1 April 2016. ejournal.fiaiunisi.ac.id›download Diakses 14 Oktober 2020.

Kusmalia, Rikha dan Hanita. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak dan Lagu Usia 5-6 Tahun. Jurnal Warna. Vol. 02. No. 02 September 2017 https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/warna/article/ download/192/112. Diakses 16 Maret 2020.

Komputerisna, Adzannisa Arum dan Diana. (2016). Gross Motor Skills of The Children’s Group A Judging from Demonstration Method of Motion and Song in Kindergarten Pertiwi Nusa Indah. Early Childhood Education Papers (Belia) Unnes Semarang. http://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/belia Diakses tanggal 30 Oktober 2020.

Mariati, Pance dan Asmara, Berda. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Gerak dan Lagu Tematik Bagi Guru Pos Paud Terpadu (PPT) di Kota Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini PEDAGOGIA. Volume 3 Nomor 3a Desember 2017 hal 9-20 Diakses 10 Maret 2020 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/ Pedagogi/article/view/1028 Diakses 5 April 2020.

Nurhayati, Kulsum. (2016). Evaluasi Pemanfaatan Media Audio Gelaria (Gerak dan Lagu Anak Ceria. Jurnal TEKNODIK. Vol.20-Nomor 2, Desember 2016. hal.: 171-182. https://jurnalteknodik.kemdikbud. go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/245/192 Diakses 15 Maret 2020.

Nurwijayanti, AM., dan Iqomh, K.B. (2018). Intervensi Keperawatan Anak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri Dalam Upaya Pencapaian Tumbuh Kembang. Jurnal Keperawatan. Vol. 8 No. 3 September 2018. 479-486 http://journals.stikim.ac.id/index. php/jiiki/article/view/132 Diakses 5 Mei 2020.

Prahesti, Swantyka Ilham, Taulany, Himmah, Dewi, Nufitriani Kartika. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (Gelatik) untuk Menumbuhkan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol. 4, No. 1 (2020) hal.: 172-171 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/289 Diakses 15 Maret 2020

Paspiani, Ni Kadek Nelly. (2015). Kegiatan Latihan Gerak Dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume IV, Edisi 1, Juni 2015 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/12340/8915. Diakses 20 Maret 2020.

Utami, Rahayu Budi. (2016). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4–5 Tahun di Taman Kanak–Kanak Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk. Jurnal Nusantara Medika. Jilid 1, Terbit 1, hal. 52-59 https://scholar.google.co.id/citations?user=ycaAyOAAAAAJ&hl=id#d=gs_md _citad&u=%2Fcitations%3Fview _op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DycaAyOAAAAAJ%26citation_for_view%3DycaAyOAAAAAJ%3A2osOgNQ5qMEC%26tzom%3D-420 Diakses 21 Maret 2020.

Sapitri, Yudiernawati, Atti, Maemunah. (2018). Hubungan Kemapuan Pemberian Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 3-6 Tahun di TK Aisyiyah Busnatul Aftal (ABA) 02 Dau Kabupaten Malang. Nursing News. Vol. 3 No. 1. 83-94 https://publikasi.unitri. ac.id/index.php/fikes/article/download/ 755/596. Diakses 10 Maret 2020.

Tesis/Disertasi/Skripsi

Triyana, Fitri. (2017). Peningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Metode Gerak dan Lagu pada Anak Usia Dini di R. A. Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. (Skripsi). Salatiga: IAIN Salatiga. http://e-repository. perpus.iainsalatiga.ac.id/ 1921/ 1/FITRI%20SKRIPSI.pdf Diakses 2 November 2020.

Lain-Lain

BPMRP. (2015). Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi Media Audio Gelaria di 7 Lokasi. Yogyakarta: BPMRP Kemdikbud.

Disdikpora Kabupaten Sleman. (2018). Bahan Ajar Diklat Penunjang Tingkat Lanjut. Yogyakarta: Disdikpora Kabupaten Sleman.

Disdikpora Kabupaten Sleman. (2015). Modul Diklat Penunjang Tingkat Dasar. Yogyakarta: Disdikpora Kabupaten Sleman.

Herawati, Netti. (2018). Media Belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Makalah. Evaluasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di daerah 3T.

Kemdikbud. (2013). Bahan Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Kirkpatrick's Four Levels of Training Evaluation.https://www.kirkpatrickpartners.com/Our-Philosophy/The-Kirkpatrick-Model Diakses 16 Oktober 2020.

Nurfadilah. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Kemdikbud: Anggunpaud. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20161117154925/Perkembangan-Anak-Usia-Dini Diakses tanggal 15 Maret 2016.

Undang-Undang R. I. Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak http://ditjenpp. kemenkumham.go.id/arsip/ln/2014/uu35-2014bt.pdf Diakses 13 Maret 2020.

PAUD Jateng. (2015). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. https://www.paud.id/2015/03/ download-permendikbud-137-tahun-2014-standar-paud.html. Diakses 8 Mei 2018.

PAUD Jateng. (2015). Definisi Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD). https://www.paud.id/definisi-media-pembelajaran-anak-usia-dini-paud/ Diakses 14 Oktober 2020.