DIAGRAM FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 2 CIHAMPELAS

Main Article Content

Reni Listiana Nurlela

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji apakah penggunaan diagram Fishbone sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Untuk menguji hal ini, digunakan Pre- Experimental Design sebagai metode penelitian yang digunakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Sebelum pemberianperlakuan, nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi siswa adalah 63,5 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 30%. Setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan diagram Fishbone sebagai media pembelajaran, nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi siswa naik menjadi 77,5 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 96,7%. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa penggunaan diagram Fishbone sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Hal ini dibuktikan dengan selisih skor kemampuan menulis teks eksposisi siswa antara pre-test dan post-test. Diketahui bahwa selisih nilai rata-rata siswa pada saat pre-test dan post-test kemampuan menulis siswa adalah sebesar 14.The objective of this research is to asses mthe use of Fishbone diagram as a learning medium can improve the students’ exposition text writing skill of Class VIII-E at SMP Negeri 2 Cihampelas, West Bandung District. To do this, Pre-Experimental Design is applied as the research methodology. The test result shows that there is improvement in students’ exposition text writing skill. Before being treated, the students’ exposition text writing skill average score is 63,5 with the percentage of learning completeness by the students of 30%. After being treated with the use of Fishbone diagram as a learning medium, the students’ exposition text writing skill average score increases to be 77,5 with the percentage of learning completeness by the students of 96,7%. The result of statistical test shows that the use of Fishbonediagram as a learning medium can improve the students’ exposition text writing skill. This is indicated by the increase of their exposition text writing skill average score at pre-test and at post-test. It is known that the increase of the students’ exposition text writing skill average score from the pre-test to the post-test is 14.

Article Details

How to Cite
Nurlela, R. L. (2021). DIAGRAM FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 2 CIHAMPELAS. Jurnal Teknodik, 25(1), 13–26. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.706
Section
Articles
Author Biography

Reni Listiana Nurlela, SMP Negeri 2 Cihampelas

Guru Muda Mata Pekajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Cihampelas

References

Afandi, Mumahad.Chamalah, Evi dan Wardani, Oktaviani Puspita.(2013). Model dan Metode Pengajaran di Sekolah. Semarang: Unisulla Press.

Kang, Chang W. dan Paul H. Kvam. (2011). Basic Statistical Tools for Improving Quality. New Jersey: Hoboken.

Kosasih, Engkoh. (2014). Jenis-Jenis Teks.

Bandung: Yrama Widya.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Alin Bahri. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks.Volume 3 Nomor 2 Halaman 93-102.https://doi.org/ 10.26618/konfiks.v3i2.391

Budi Aji, Arief Ramadhan.(2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Memberi Dan Menerima Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 5 Wates Kabupaten Kulon Progo DIY. (Skripsi tidditerbitkan). Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Faisal,Dwi Findy.(2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Media Audio Visual Pada Kelas XI SMK Muhammadiyah Kutowingin.(Skripsi tidak diterbitkan). Purwerejo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Hamidy, Fikry.(2016). Pendekatan Analisis Fishbone untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi. Jurnal Teknoinfo. Vol. 10, No. 1 ,2016, hal1-3.https://www. google.com/url?sa=t&rct=j&q= &esrc= s & s o u r c e = w e b & c d = 1 & c a d = r j a & u a c t = 8 & v e d = 2 a h U K E w j Y2deo3bLmAhXH_XMBHWqUApM QFjAAegQIBxAC&url=http %3A%2F%2 Fejurnal.teknokrat.ac.id%2Findex.php%2 Fteknoinfo%2Farticle%2Fdownload

%2F12%2F12&usg= AOvVaw1yuCJTotsSu S8i0bR2b0e6. (di unduh 15 Mei 2019).

Januati.(2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ulim dengan Media Karikatur pada Media Massa. Perfeksional.Vol. 1 No. 1. Hal. 22"28.

Listini.(2018). Pengaruh Media Artikel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Jurnal Bindo Sastra 2 (1) (2018): 153–158.

Miftah,M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN.Vol. 1 - Nomor 2, Desember

Santini, Rani.(2016). Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi denganMenggunakan Teknik Mind Map Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia.V2.i2 hal 164-178. http:// dx.doi.org/10.22202/JG.2016.v2i2.976 (di unduh 15 Mei 2019).

Widyahening,Christiana Evy Tri.(2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2 No 1.

Evan Ardi, Heri Suwignyo & Alif Muldono. (2018).Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Video pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan.Volume 3 Halaman 115-120.

Lain-lain

Kusnandi, Eri.(2011). “Fishbone Diagram dan Langkah-Langkah Pembuatanyaâ€. https:// eriskusnadi.com/2011/12/24/fishbone- diagram-dan-langkah-langkah- pembuatannya/ (diakses 15 Mei 2019).