PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN: KEARAH PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Rahmi Rivalina
Sudirman Siahaan

Abstract

Penulisan artikel ini didasarkan atas masalah “Apakah kegiatan pembelajaran sehari-hari sudah berfokus pada peserta didik� Manakala kita amati pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehari-hari di dalam kelas, maka dapatlah dikatakan bahwa sebagian guru masih cenderung melaksanakan kegiatan pembelajaran secara konvensional dengan menerapkan metode ceramah dan mencatat (talk and chalk). Jika demikian kondisinya, maka dapatlah dikatakan bahwa sebagian pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih cenderung berfokus atau berpusat pada guru. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di mana TIK tidak hanya memengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari tetapi juga secara bertahap telah memengaruhi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Sekalipun pada kenyataannya, belum semua sekolah dan juga belum semua guru memanfaatkan TIK dalam membelajarkan peserta didiknya. Dengan kemajuan TIK yang secara bertahap masuk ke dalam kelas, maka guru pun secara bertahap mulai terkondisi menerapkan pemanfaatan TIK di dalam kegiatan pembelajaran. Artinya, guru mulai tergugah untuk membagi perannya sebagai sumber belajar dengan TIK. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menyajikan hasil kajian tentang kecenderungan guru yang mengarah pada penerapan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang diawali dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Metoda yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai hasil penelitian dan pengembangan, jurnal ilmiah, prosiding pertemuan ilmiah, dan publikasi lainnya yang relevan. Kemudian, hasil kajian disajikan secara deskriptif berupa artikel ilmiah, yaitu yang berupa kecenderungan guru yang mengarah pada penerapan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sewaktu mereka memulai pemanfataan TIK dalam membelajarkan peserta didiknya. The writing of this article is based on the problem “Has the daily teaching-learning activity been focused on the students†(has a students-focused learning been put into practice)?  If we carefully observe the daily teaching-learning activity in the classrooms, we could say that some teachers still tend to conduct it conventionally by applying the lecturing learning method and make notes (lecturing method and make notes). In such a condition, the conducted teaching-learning activity tends to be focused or centered on the presence of teacher in the class. In line with the development of the information and communication technology (ICT) in which ICT doesn’t only influence the various aspects of daily life but also influences the teacing-learning activity in the class. Eventhough in fact, not all schools as well as teachers have already utilized ICT in making students learn. Bringing ICT to be utilized in the classroom by teachers, in fact, the teacher simultenously and gradually tends to share his/her role with ICT as learning resources. This article aims at presenting the result of analyzing teacher’s tendency in starting utilizing ICT in learning and at the same time also tends to develop the students-centered learning model. The method used in writing this article is a literature study by reviewing various results of research and development, scientific journals, proceedings of scientific meetings, and other relevant publications. Then, the result of this literature study is descriptively presented in an article containing the teachers’ tendency in implementing the students-centered learning model when they start utilizing ICT in learning.

Article Details

How to Cite
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN: KEARAH PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Teknodik, (2), 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Section
Articles
Author Biography

Rahmi Rivalina, Puskurbuk, Balitbang - Kemendikbud

department

References

Buku

Aziz, Munawir, dkk. 2018. Educator Inspiration From The Frontiers, Presenting Information Technology, Breaking Through Boundaries. Second Publication. Jakarta: ICT Center-Ministry of Education and Culture.

Sanjaya, Wina dan Budimanjaya, Andi. 2016. Paradigma Baru Mengajar. Tangerang Selatan: Penerbit Kencana.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Ahmed, Ahmed Khaled. 2013. Teacher-Centered Versus Learner-Centered Teaching Style. Journal of Global Business Management, Beaverton, Vol. 9, Iss. 1 (February 2013): 22-34. (Diakses pada tanggal 21 Februari 2019).

Antika, Reza Rindy. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Surabaya: Jurnal BioKultur, Vol.III/No.1/Januari-Juni 2014, hal. 253.

Ardian dan Munadi, 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22 Nomor 4, Tahun 2015. Yogyakarta: Fakultas Teknik-Universitas Negeri Yogyakarta.

Chaeruman, Uwes A. 2008. Mendorong Penerapan e-Learning di Sekolah, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. XII No.: 1, Juni 2008. Ciputat-Tangerang Selatan: Ciputat: Pustekkom-Kemendikbud.

Kwartolo, Yuli. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran, artikel dalam Jurnal Pendidikan PENABUR No. 14/Tahun ke-9/Juni 2010. Jakarta: Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).

Siahaan, Sudirman. 2013. Menuju Kearah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal TEKNODIK Volume 17 Nomor 1, Maret 2013. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.

Siahaan, Sudirman. 2018. Perintisan Model Pembelajaran Terintegrasi TIK Di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan. Jurnal TEKNODIK Volume 22 Nomor 2, Desember 2018. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.

Siahaan, Sardianto Markos. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika, Prosiding Seminar Nasional Fisika, Palembang 4 Juli 2012. Sumber: file:///C:/Users/HP/Downloads/03_Bapak _Sardianto(13-20).pdf (Diakses tanggal 19 Juni 2019).

Supandri dan Siahaan, Sudirman. 2019. Pemanfaatan Perangkat TIK Bantuan USO untuk Pembelajaran di SMPN 2 Sakra-Lombok Timur. Jurnal TEKNODIK Volume 22 Nomor 1, Juni 2019. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.

Zein, Muh. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sumber: https://www.uinjkt.ac.id/id/e-journal/ Volume V, Nomor 2, Juli-Desember 2016. Ciputat: UIN Syarifhidayatullah.

Website: https://journals.sagepub.com/doi/abs/ 10.1177/1080569912459752) (Diakses tanggal 13 Februari 2019).

Lain-lain

Setiawan, Yan; Hendarrita, Yane; Warsita, Bambang. 2018. Petunjuk Teknis Penggunaan Laman PSB di Sekolah. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.

Website: https://cancer55.wordpress.com/pag3 /page/3/ tentang Peran Guru Sebagai Agen Pembelajaran (Diakses tanggal 13 Februari 2019).

Website: https://id.scribd.com/doc/293496073/ paradigma-pembelajaran) (Diakses tanggal 8 Juni 2019).

Website: https://belajarpedagogi.wordpress. com/pendekatan-mengajar/ pembelajaran-berpusat-pada-siswa/ tentang Pembelajaran Berpusat pada Siswa (Diakses tanggal 8 Juni 2019).