PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN: KEARAH PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Buku
Aziz, Munawir, dkk. 2018. Educator Inspiration From The Frontiers, Presenting Information Technology, Breaking Through Boundaries. Second Publication. Jakarta: ICT Center-Ministry of Education and Culture.
Sanjaya, Wina dan Budimanjaya, Andi. 2016. Paradigma Baru Mengajar. Tangerang Selatan: Penerbit Kencana.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Ahmed, Ahmed Khaled. 2013. Teacher-Centered Versus Learner-Centered Teaching Style. Journal of Global Business Management, Beaverton, Vol. 9, Iss. 1 (February 2013): 22-34. (Diakses pada tanggal 21 Februari 2019).
Antika, Reza Rindy. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Surabaya: Jurnal BioKultur, Vol.III/No.1/Januari-Juni 2014, hal. 253.
Ardian dan Munadi, 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22 Nomor 4, Tahun 2015. Yogyakarta: Fakultas Teknik-Universitas Negeri Yogyakarta.
Chaeruman, Uwes A. 2008. Mendorong Penerapan e-Learning di Sekolah, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. XII No.: 1, Juni 2008. Ciputat-Tangerang Selatan: Ciputat: Pustekkom-Kemendikbud.
Kwartolo, Yuli. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran, artikel dalam Jurnal Pendidikan PENABUR No. 14/Tahun ke-9/Juni 2010. Jakarta: Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).
Siahaan, Sudirman. 2013. Menuju Kearah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal TEKNODIK Volume 17 Nomor 1, Maret 2013. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.
Siahaan, Sudirman. 2018. Perintisan Model Pembelajaran Terintegrasi TIK Di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan. Jurnal TEKNODIK Volume 22 Nomor 2, Desember 2018. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.
Siahaan, Sardianto Markos. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika, Prosiding Seminar Nasional Fisika, Palembang 4 Juli 2012. Sumber: file:///C:/Users/HP/Downloads/03_Bapak _Sardianto(13-20).pdf (Diakses tanggal 19 Juni 2019).
Supandri dan Siahaan, Sudirman. 2019. Pemanfaatan Perangkat TIK Bantuan USO untuk Pembelajaran di SMPN 2 Sakra-Lombok Timur. Jurnal TEKNODIK Volume 22 Nomor 1, Juni 2019. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.
Zein, Muh. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sumber: https://www.uinjkt.ac.id/id/e-journal/ Volume V, Nomor 2, Juli-Desember 2016. Ciputat: UIN Syarifhidayatullah.
Website: https://journals.sagepub.com/doi/abs/ 10.1177/1080569912459752) (Diakses tanggal 13 Februari 2019).
Lain-lain
Setiawan, Yan; Hendarrita, Yane; Warsita, Bambang. 2018. Petunjuk Teknis Penggunaan Laman PSB di Sekolah. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Website: https://cancer55.wordpress.com/pag3 /page/3/ tentang Peran Guru Sebagai Agen Pembelajaran (Diakses tanggal 13 Februari 2019).
Website: https://id.scribd.com/doc/293496073/ paradigma-pembelajaran) (Diakses tanggal 8 Juni 2019).
Website: https://belajarpedagogi.wordpress. com/pendekatan-mengajar/ pembelajaran-berpusat-pada-siswa/ tentang Pembelajaran Berpusat pada Siswa (Diakses tanggal 8 Juni 2019).