SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN BUDAYA OSING BANYUWANGI UNTUK MENINGKATKAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
Budiono & Erni, (2017). Desain Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budayadi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume: 3 Nomor: 1, Juni 2017, hlm. 75-80. Diunduh dari https://media.neliti.com pada tanggal 10 Pebruari 2018.
Daryanto & Raharjo (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Gava Media.
Efendi,L.A.(2012). Pembelajaran Matematika d engan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12 Nomor 2, Oktober 2012. Diunduh dari www.jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf pada tanggal 5 Pebruari 2018.
Fadila, P. et al (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sacffolding Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, Volume 1, Nomor 01, hlm 763-77. Diunduh dari https://ejournal.unsri.ac.id pada tanggal 10 Pebruari 2019.
Himmatul, U. (2017). Scaffolding Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Proseding Seminar Nasional FKIP Universitas Maria Kudus, 15 Maret 2017, hlm.56-69. Diunduh dari http://eprints.umk.ac.id pada tanggal 10 Pebruari 2018.
Hudiono, B. (2010). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika Dan Daya Representasi Pada Siswa Sltp. Jurnal Cakrawala Kependidikan Volume 8, Nomor 2 ,hlm.101-203.Diunduh dari https://journal.uny.ac.id › index.php › jrpm › article pada tanggal 20 Pebruari 2018
Mamin, R. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal CHEMICA, Volume 9, Nomor 2,hlm 55-60. Diunduh dari ojs.unm.ac.id › index.php › chemica pada tanggal 18 Pebruari 2018
Muhassanah, Nur’aini et. al. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berfikir Van Helle. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,Universitas Sebelas Maret Volume 2, Nomor 1, hlm. 54-66 . Diunduh dari jurnal.fkip.uns.ac.id › index.php › article . pada tanggal 3 Pebruari 2018.
Prayitno, A., et al (2017). Characterization of Scaffolding Based on The Students’ Thinking Error In Solving Mathematic Problem. Jurnal Kependidikan, Volume1, Nomor 1, hlm 50–66. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id › index.php pada tanggal 5 April 2018
Prayitno, A. (2018) Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan masalah matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, Volume 3, Nomor 2. Diunduh dari https://www.researchgate.net › publication › pada tanggal 5 April 2019
Risnawati (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif - Deduktif Berbantuan Program Cabri Geometry Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama, Tesis, Universitas Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari https://repository.upi.edu pada tanggal 19 Pebruari 2018
Rohaeti, E.E (2011). Transformasi Budaya melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16 , Nomor 1, April 2011, hal. 139-147. Diunduh dari https://www.researchgate.net pada tanggal 20 Pebruari 2018
Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal JPM IAIN Antasari, Vo;ume 1, Nomor 2, hlm 33-44. Diunduh dari https://www.researchgate.net › publication pada tanggal 18 Pebruari 2018 pada tanggal 18 Pebruari 2018
Satriari, I. D. A. M., Tegeh, I. M., dan Setuti, N. M. (2013).Pengaruh ModelPembelajaran IKRAR Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV di Desa Sari Mekar.Jurnal Mimbar PGSD, Volume 1, Nomor 1, 28 Juni 2013. Diunduh dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index. pada tanggal 20 Pebruari 2018
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: PT.Indeks.Sulastri (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, Volume 10, Nomor 1, hlm 51-69. Diunduh dari https://jurnalbeta.ac.id › index.php › betaJTM › article pada tanggal 6 Maret 2018
Suryowati, E. (2015). Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Merepresentasikan Pecahan Pada Garis Bilangan. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika,Volume 4, Nomor 1, hlm 38-52. Diunduh dari www.ojs.fkip.ummetro.ac.id>index.php pada tanggal 3 Pebruari 2018
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta, Bumi Aksara