PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA: PELUANG DAN TANTANGAN
Main Article Content
Abstract
Article Details
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):
References
UNESCO Asia-Pacific Regional Bureau for Education APEID/ICT Education. (2013). ICT in Education, Policy, Infrastructure, and ODA Status in Selected ASEAN Countries. Bangkok: UNESCO Asia-Pacifik Regional 429 Bereau for Education APEID/ICT Education. Sumber: http:www.unescobkk.org/fileadmin/user_Upload/ict/ebooks/ICT_in_Education_policies_Infrastructure_and-ODA.pdf (Diakses tanggal 28 Agustus 2019).
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Agustina, Maya. (2018). Peranan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 10, No. 1, Juni 2018.
Hafiar, H. dan Jimi N. M. (2017). Tantangan Optimalisasi Peran Laboratorium TV di Peruguruan Tinggi Profetik. Jurnal Komunikasi. Vol. 10 No. 02, Oktober 2017.
Hermansyah, et al. (2015). Pengaruh Pengunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penugasan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol.1 No. 2, Juli 2015.
Jaya, Hendra. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2 Nomor 1, Februari 2012.
Kusnohadi. (2014). Pendidik Online: Perluasan Tugas dari Kelas Konvensional Menuju Kelas Maya. Jurnal TEKNODIK. Vol. 18, No. 3, Desember 2014. Jakarta: Pustekkom.
Larasati, D. S. dan Sukisno, M. (2014). Penggunaan Media Simulasi Berbasis Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Lintas Minat di SMA Negeri 3 Pekalongan. Jurnal Unnes Physic education. Vol. 3, No. 3, 2014.
Muna, I. A. (2016). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPA melalui Kegiatan Praktikum pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia. Vol. 10 No. 1.
Nirwana, Ratih Rizqi. (2011). Pemanfaatan Laboratorium Virtual dan E-Reference dalam Proses Pembelajaran dan Penelitian Ilmu Kimia. Jurnal PHENOMENON. Vol.1 No. 1, Juli 2011.
Nur, Hikmah, dkk. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep siswa. Jurnal Kimia dan Pendidikan. Vol. 2 No. 2, Juli 2017.
Nurrokhmah. I., E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kimia. Journal Jurusan Kimia FMIPA. Vol. 2, No. 1.
Ponimin. (2010). Memadukan Laboratorium Nyata dan Maya Dengan Penugasan Siswa Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Getaran dan Gelombang. JP2F. Vol. 2 No. 1 April 2010.
Rizki, J. W. S. (2013). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan. Jurnal Al-Kuttab. Vol. 1, No. 2.
Setiadi, R. & Muflika, A. A. (2012). Eksplorasi Pemberdayaan Courseware Simulasi PhET untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 17, No. 2.
Siahaan, Sudirman. (2018). Perintisan Model Pembelajaran Terintegrasi TIK di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan. Jurnal TEKNODIK. Vol. 22, No. 2, Desember 2018. Jakarta: Pustekkom.
Subroto, Gatot. (2015). Peran dan Tantangan TIK (Internet) dalam Pembangunan Pendidikan Indonesia. Jurnal TEKNODIK. Vol. 19 Nomor 2, Agustus 2015. Jakarta: Pustekkom.
Sumargo, E. & Yuanita, L. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education.
Warsita, Bambang. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK. Vol. 23 Nomor 1, Juni 2019.
Disertasi/Thesis/Skripsi
Ekasari, R. (2016). Pengaruh Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Pengusaan Konsep Dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. (Skripsi). Mataram: Universitas Mataram. Diakses dari http://fkipunram.rf.gd/uploads/E1Q0 12048.pdf.
Ferreira, Sousa, Nafalski, Machotka, Nedic. (2010). Collaborative Learning Based on a Micro-Webserver Remote Test Controller. Bridgeport: University of South Australia.
Jasmadi. (2018). Penggunaan Media Virtual Laboratory dalan Pembelajaran Konsep Optik Geometri Di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh. (Skripsi). Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam.
Rahmawati, Y. (2010). Perkembangan Sistem Pendidikan Balai Pondok Pesantren Pabelan (Menuju Pesantren Modern). (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Lain-lain
Biro Pusat Statistik. (2012). Statistik Kesejahteraan Rakyat 2012. Jakarta. Biro Pusat Statistik.
Hendrawati, Sri. (2012). Keterampilan Proses dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sain Tingkat Sekolah Dasar. KPS, pembelajaran, Sains, SD.
Jagodzinski, P. & Wolski, R. (2014). The Examination of the Impact on Students’ Use of Gestures While Working in a Virtual Chemical Laboratory for their Cognitive Abilities. Problem of Education.
Pustekkom. (2017). Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran di Sekolah. “Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Rumah Belajarâ€. Jakarta: Pustekkom Kemendikbud.