PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Article Content

Maulana Maulana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM; (2) mendeskripsikan hasil belajar Fisika peserta didik dengan menggunakan model PjBL berbasis STEM; dan (3) menguraikan dampak positif dari penerapan model PjBL berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 April sampai dengan 20 Mei 2019 pada pembelajaran Fisika di kelas X Peminatan IPA SMAN 9 Tebo, Jambi. Pengumpulan data dengan metode teknik tes, observasi, dokumentasi dan penilaian proyek/produk. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif mengalami peningkatan yang cukup baik, dari rata-rata 58.00 menjadi ratarata 77.16, di mana rata-rata hasil belajarnya mencapai nilai KKM (65). Rata-rata hasil belajar pada ranah sikap memperoleh predikat sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan memperoleh nilai 82.13. Dengan demikian, pendekatan STEM dapat menunjukkan kepada peserta didik bagaimana konsep, prinsip, sains, teknologi, teknik, dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penerapan Model PjBL berbasis STEM ini memerlukan persiapan yang cukup lama. Oleh karena itu, guru sebaiknya dapat merancang pembelajaran dengan langkah-langkah yang tepat sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. The objectives of this research are to describe: (1) the steps in applying the STEM-based Project Based Learning model; (2) the physic learning outcomes of the students who apply STEM-based Project Based Learning models; and (3) the positive impacts of the STEM-based Project Based Learning model implementation. This research applies a quantitative approach with quantitative descriptive analysis method. This research was carried out on April 15th to May 20th 2019 in the physic learning process of X Peminatan IPA at SMAN 9 Tebo, Jambi. Data collection is conducted by using test, observation, documentation, and project/product assessment techniques. Data analysis is conducted by using descriptive analysis. The result shows that students’ physic learning achievement on cognitive aspect increase quite well, from an average of 58.00 to an average of 77.16, while the average learning outcomes reaches the KKM value (65). The students’ average learning outcomes on the attitude aspect gets a very good category. On the other hand, the students’ average learning outcomes on the the skill aspect reaches the value of 82.13. Therefore, STEM approach can show the students how concept, principle, Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) are used integratedly to develop product, process, and system that are beneficial for human. The Implementation of STEM-based Project Based Learning requires a long time to preparation. Therefore, teachers should design a learning process with appropriate steps so that the implementation can go well as it has been planned

Article Details

How to Cite
Maulana, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Teknodik, (2), 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678
Section
Articles

References

Buku

Purnama, Dian. dkk. (2018). Unit Pembelajaran STEM Mata Pelajaran Fisika “Purwarupa Perahu Layarâ€. Bandung: South East Asia Ministry of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personel (QITEP) in Science.

Setiawati, Tati & Heri Setiadi. (2018). Unit Pembelajaran STEM Mata Pelajaran IPA “Purwarupa Alat Pemurnian Airâ€. Bandung: South East Asia Ministry of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personel (QITEP) in Science.

Jurnal/Prosiding/Skripsi/Tesis/Desertasi Afifah, Afni Nur., dkk. (2019). Model Project Based Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi Vol. 11., No. 2, Juli 2019, ISSN: 1907-3089. e-ISSN: 2651-5869. https://researchgate.net/publication. Di Akses: 27 September 2019.

Afriana, J. dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016, 202-2012, https://www.researchgate.net/publication/ 313416565_Penerapan_project_based_ learning_ terintegrasi_STEM_untuk_ meningkatkan_ literasi_sains_ siswa_ ditinjau_dari_gender/link/5899c7a5a 6fdcc32dbde9f9f/download. Di akses:15 Juli 2019.

Anggraini, F. I. dkk. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Tanggal 23 September Tahun 2017 . http://conference.unsri.ac.id/index.php/ semnasipa/article/download/738/355. Di akses: 15 Juli 2019.

Agustina, D. dkk. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa SMP Pada Hukum Pascal.

Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol. VI, Oktober 2017. http://journal.unj.ac.id/unj/ index.php/prosidingsnf/article/download/ 4956/3654. Diakses:13 Mei 2019.

Ariani, L. Dkk. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Pada Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No. 1, 2019, halaman 2307-2317. Diakses: tanggal 17 Juli 2019.

Bakri, Fauzi. (2017). Media E-Learning Berbasis CMS Joomla: Pelengkap Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal TEKNODIK Vol. 21 No. 2 Desember 2017, ISSN: 2088-3978, eISSN:2579-4833.

Ismayani. A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 3 Nomor 4 Tahun 2016. http:// idealmathedu.p4tkmatematika.org/wpcontent/uploads/IME-V3.4- 07.Ani_Ismayani.pdf. Diakses: 17 Juli 2019.

Khoiriyah, N. dkk. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal JRKPF UAD Vol. 5, No. 2, Oktober 2018. http://journal.uad.ac.id/index.php/ JRKPF/article/download/9977/pdf_72 di akses tanggal 13 Mei 2019.

Lutfi, dkk. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. http://ojs.unm.ac.id/ semnasbio/article/download/6984/3990. Di akses: 17 Juli 2019. Mustofa, Zainul. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal TEKNODIK Vol. 22 No. 2 Desember (2018), ISSN: 2088-3978, e-ISSN: 2579- 4833.

Susanti, L. Y. Dkk. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA/SMK Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Vol. 06 No.02 Oktober (2018) 32-40. https:// jurnal.unimus.ac.id. Di akses:15 Juli 2019.

Lain-lain Iswadi, H. (2017). Sekelumit dari Hasil PISA yang Baru Dirilis. Diakses dari http:// www.ubaya.ac.id/2014/content/ articles_detail/230/Overview-of-the-PISA2015-results-that-have-just-beenReleased.html pada 12 April 2018.