Tantangan dan Peluang Produk-produk Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Di Era Digital

Main Article Content

Bambang Warsita

Abstract

Abstrak: Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) memiliki peran strategis dalam pembelajaran era digital sekarang. Permasalahannya adalah 1) apa produk-produk yang harus di hasilkan profesi PTP di era digital? dan 2) bagaimana pemanfaatan dan penerapan produk PTP dalam pembelajaran di era digital? Tujuan kajian ini untuk mendiskripsikan berbagai produk-produk yang harus dihasilkan profesi pengembang teknologi pembelajaran, dan pemanfaatan atau penerapan produk tersebut dalam kegiatan pembelajaran di era digital sekarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) yaitu menggunakan berbagai literatur dari hasil kajian dan penelitian mengenai produk-produk PTP. Hasil penelitian menunjukkan profesi PTP telah menghasilakan produk-produk berupa; 1) model pembelajaran inovatif berbasis TIK, 2) konten pembelajaran dengan berbagai jenis media, dan 3) aplikasi e-pembelajaran. Kesimpulannya produk-produk profesi PTP ini ditunggu dan dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya proses pembelajaran era digital di berbagai jenis, jenjang dan jalur pendidikan di Indonesia. Sarannya profesi PTP harus selalu meningkatkan kompetensi teknis, dan kreatif inovatif untuk menghasilkan produknya sesuai dengan tuntutan era digital sekarang.

Article Details

How to Cite
Warsita, B. (2020). Tantangan dan Peluang Produk-produk Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknodik, 24(2), 161–174. https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.673
Section
Articles
Author Biography

Bambang Warsita, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1)      Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Madya, tahun 2013 s.d sekarang2)      Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda (Impasing), tahun 2011- 20133)      Pembantu Pempinan pada Bidang Pengembangan Jejaring Pustekkom, 2010 – 20114)       Pembantu Pempinan pada Bagian Tata Usaha Pustekkom, tahun 2008 – 20105)      Tugas Belajar pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta, tahun 2006 – 20086)      Pembantu Pempinan pada Bagian Tata Usaha Pustekkom, tahun 2004 – 20067)      Pembantu Pempinan pada Bidang Pengembangan Sistem Pustekkom, 2002 – 20048)      Pembantu Pempinan pada Bidang Analisa dan Evaluasi Pustekkom, tahun 1998 – 20029)      Guru SMP dan SMA Swasta di Jakarta, tahun 1987 – 1998

References

Buku

Budiyanto, M. Agus Krisno. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL), Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Suparman, M. Atwi. (2004). Desain Instruksional, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Thesis/Skripsi

Abeer, W. & Miri, B. (2014). Students' Preferences and Views about Learning in MOOC. Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 152, 318-323.

Fitzgerald, Lynn dan Frank Eijnatten. (1998). Letting Go For Control: The Art of Managing the Chaordic Enterprise, The International Journal of Business Transformation, Vol. 1, No. 4, April, pp 261-270.

Kusnandar. (2013). Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning Object, Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 1, Maret 2013.

Saripudin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0, Jurnal Teknodik Volume 19 Nomor 1, April 2015

Silvana, Hana & Fajar, Yuniar. (2016). Analisis Pengguna Terhadap Sistem E-Learning Berbasis Massive Open Online Courses (Moocs) Dalam Pemerataan Akses Pendidikan Pada Jenjang Perguruan Tinggi, Jurnal Edutech, Tahun 15, Vol.15, No.2, Juni 2016 hal 170- 187.

Warsita, Bambang. (2012). Kreativitas Dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran, Jurnal Teknodik Vol. 16 No. 1, Maret 2012

Lain-lain

Goldberg, John dan Louis Markoczy. Complex Rhetoric and Simple Games, [online], Cranfield University, http: //www.Cranfield.ac.za/public/cc/cc047/papers/complex/html/ complex.html, diakses 30 Agustus 2017.

Kemdikbud, 2016. Naskah Akademik Usul Perubahan Permenpan Jabatan Fungsional PTP, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud, 2013. Permendikbud No. 99 Tahun 2013 tentang Tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud, 2017. Permendibud No. 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Formasi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kemdikbud.

Kemkominfo, 2018. Paparan Menteri Komunikasi dan Informatika pada Rembug Nasional Pendidikan Kebudayaan, Jakarta, 6 Februari 2018.

Menpan, 2017. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran.

Pannen, Paulina. 2016. Peran Instructional Design: Sekarang dan Masa Depan, Jakarta: Materi Simposium Pengembang Teknologi Pembelajaran Tanggal 29 sd 31 Maret 2016.

Purwanto, & Warsita, Bambang. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Modul Pelatihan.

Warsita, Bambang. 2018. Evaluasi Kelayakan Konten Berbasis Multimedia dan Web, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Laporan Kegiatan tidak dipublikasikan.

Web lomba MembaTIK: http://membatik.kemdikbud.go.id. diakses 6 September 2019

OER HUB. Teach what you learn, Share what you have, http://rumahbelajar.id/ diakses 5 September 2019

Doringin, Ferry. 2016. Guru Di Era Digital, https://pgsd.binus.ac.id/2016/05/04/guru-di-era-digital/, diakses 6 September 2019

Kenapa Harus Memilih ruangbelajar? https://bimbel.ruangguru.com/, diakses 6 September 2019