Tantangan dan Peluang Produk-produk Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.673Keywords:
produk PTP, profesi PTP, era digitalAbstract
References
Buku
Budiyanto, M. Agus Krisno. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL), Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Suparman, M. Atwi. (2004). Desain Instruksional, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Thesis/Skripsi
Abeer, W. & Miri, B. (2014). Students' Preferences and Views about Learning in MOOC. Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 152, 318-323.
Fitzgerald, Lynn dan Frank Eijnatten. (1998). Letting Go For Control: The Art of Managing the Chaordic Enterprise, The International Journal of Business Transformation, Vol. 1, No. 4, April, pp 261-270.
Kusnandar. (2013). Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning Object, Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 1, Maret 2013.
Saripudin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0, Jurnal Teknodik Volume 19 Nomor 1, April 2015
Silvana, Hana & Fajar, Yuniar. (2016). Analisis Pengguna Terhadap Sistem E-Learning Berbasis Massive Open Online Courses (Moocs) Dalam Pemerataan Akses Pendidikan Pada Jenjang Perguruan Tinggi, Jurnal Edutech, Tahun 15, Vol.15, No.2, Juni 2016 hal 170- 187.
Warsita, Bambang. (2012). Kreativitas Dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran, Jurnal Teknodik Vol. 16 No. 1, Maret 2012
Lain-lain
Goldberg, John dan Louis Markoczy. Complex Rhetoric and Simple Games, [online], Cranfield University, http: //www.Cranfield.ac.za/public/cc/cc047/papers/complex/html/ complex.html, diakses 30 Agustus 2017.
Kemdikbud, 2016. Naskah Akademik Usul Perubahan Permenpan Jabatan Fungsional PTP, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud, 2013. Permendikbud No. 99 Tahun 2013 tentang Tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud, 2017. Permendibud No. 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Formasi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kemdikbud.
Kemkominfo, 2018. Paparan Menteri Komunikasi dan Informatika pada Rembug Nasional Pendidikan Kebudayaan, Jakarta, 6 Februari 2018.
Menpan, 2017. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran.
Pannen, Paulina. 2016. Peran Instructional Design: Sekarang dan Masa Depan, Jakarta: Materi Simposium Pengembang Teknologi Pembelajaran Tanggal 29 sd 31 Maret 2016.
Purwanto, & Warsita, Bambang. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Modul Pelatihan.
Warsita, Bambang. 2018. Evaluasi Kelayakan Konten Berbasis Multimedia dan Web, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Laporan Kegiatan tidak dipublikasikan.
Web lomba MembaTIK: http://membatik.kemdikbud.go.id. diakses 6 September 2019
OER HUB. Teach what you learn, Share what you have, http://rumahbelajar.id/ diakses 5 September 2019
Doringin, Ferry. 2016. Guru Di Era Digital, https://pgsd.binus.ac.id/2016/05/04/guru-di-era-digital/, diakses 6 September 2019
Kenapa Harus Memilih ruangbelajar? https://bimbel.ruangguru.com/, diakses 6 September 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):