PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID (Andaired) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA

Main Article Content

Ainy Khairun Nisa

Abstract

Di Indonesia pembelajaran bahasa asing dianggap sebagai salah satu pelajaran yang cukup sulit untuk dipelajari, terlebih pada pembelajaran bahasa Arab. Kurangnya media pembelajaran di sekolah menjadi salah satu faktor kesulitan siswa dalam belajar. Kesulitan mempelajari bahasa Arab juga ditambah dengan latar belakang siswa yang berbeda-beda. Untuk meminimalisir kesulitan tersebut, guru dituntut tidak hanya terampil dalam mengajar namun juga dapat memanfaatkan media yang ada sehingga para siswa dapat belajar dengan mudah dan tidak bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aplikasi Andaired terhadap keterampilan menyimak siswa yang telah dibuat oleh peneliti sendiri. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X MAN 1 Konda, Kendari, pada April 2019 dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan data yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari aplikasi Andaired yang digunakan terhadap keterampilan menyimak siswa, maka pembelajaran menyimak dapat dilakukan menggunakan ponsel karena materi dari buku telah dikonversi ke aplikasi Andaired dan hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 26.87%, yaitu dari 74,05 menjadi 93,95. Media pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dan menarik. In Indonesia, learning a foreign language is considered one of the lessons that is quite difficult to learn, especially in Arabic learning. Lack of instructional media in schools is one of the factors for students’ difficulties in learning. The difficulty of learning Arabic is also added to the different backgrounds of students. So that to minimize these difficulties, teachers are required not only to be skilled in teaching but also to be able to take advantage of existing media so that students can learn easily and not get bored. This study aims to determine the effect of Andaired applications on students’ listening skills that have been made by the researchers themselves. This research was conducted on Class X students of MAN 1 Konda, Kendari in April 2019 using experimental quantitative research methods. Data collection techniques using observation, interviews, and tests. The analysis uses descriptive analysis to explain qualitative data. The results of this study indicate the influence of the Andaired application used on students’ listening skills, so listening learning can be done using an Andaired phone because the material from the book has been converted to an Andaired application and the final results of this study indicate an increase in the average value of 26.87%, that’s from 74.05 to 93.95. Learning Media is indispensable in learning Arabic so that learning becomes easier and interesting.

Article Details

How to Cite
Khairun Nisa, A. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID (Andaired) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA. Jurnal Teknodik, 25(2), 119–130. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.671
Section
Articles

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Guntur, Henry Tarigan. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safaat, Nazarudin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Telepon Seluler dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R n D. Bandung: Alfabeta.

Sumaldino, dkk. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana.

Aji Nugroho, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No.1, Juni. Diakses pada 28 Juli 2019.

Azma, Kaswari dan Kartono. (2014). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3, No 9, September. Diakses pada 29 Agustus 2019.

Galuh Puspita dan Eko Supraptono. (2015). Peningkatan Hasil Belajar English Listening Skill dengan Menggunakan Aplikasi “Smart Way†Berbasis Android. Edu Komputika Journal. Vol 2, No 1, Juni.

Diakses pada 02 September 2019.

Gi-zen Liu, Jing-Yao Chen dan Gwo-Jen Hwang. (2017). Mobile-based Collaborative Learning in the Fitness Center: A Case Study on The Development of English Listening Comprehension with A Context-Aware Application, British Journal of Educational Technology. Vol. 49. Issue 2. September.

Diakses pada 02 September 2019.

Kim, D, Rueckert, D. Kim, D.L, dan Seo, D. (2013). Student’s Perceptions and Experiences of Mobile Learning, Language Learning and Technology. Vol. 17, No. 3. Diakses pada 27

Juli 2019.

Ngaziz Amin. (2016). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android dalam Pembelajaran Istima’ di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. (Tesis). Diakses pada 28 Agustus 2019.

Rahmat Iswanto. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 1, No.2. Diakses pada 26 Juli 2019.

Riski Suhendar Putra, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal. Vol. 11, No.2. Diakses pada 28 Juli 2019.

Warshina, Jaka. (2012). E-Learning melalui Portal Rumah Belajar. Jurnal Teknodik. Nomor 1,