PEMANFATAN SENSOR ANDROID SEBAGAI MEDIA EKSPERIMEN PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA

Main Article Content

Harjono MSi

Abstract

Pemanfaatan aplikasi android sebagai media pembelajaran semakin luas dan banyak digunakan oleh guru maupun siswa dalam belajar. Namun, pemanfaatan aplikasi android dan sensor yang tertanam dalam smartphone android belum banyak digunakan dalam dunia pendidikan khususnya bidang sains dan utamanya pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat percobaan atau eksperimen menggunakan smartphone android dengan memanfaatkan aplikasi dan sensor pada android beserta lembar kerja praktikum (LKP), serta mengetahui seberapa efektif media ini digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN CMBBS dengan mengadopsi pengembangan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tahap Analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan media dengan fokus pada siswa dan materi. Tahap Design adalah membuat rancangan media, yaitu media percobaan ayunan sederhana menggunaan android. Pada tahap ini, ada tahapan validasi ahli materi. Tahap selanjutnya adalah tahap Development atau Pengembangan, yaitu proses mewujudkan rancangan menjadi sebuah produk. Pada tahap ini juga dilakukan uji coba kelas. Selanjutnya adalah tahap Implementation, yaitu mengimplementasikan media dalam kegiatan pembelajaran. Responden penelitian ini adalah siswa yang akan melakukan uji coba media dan sebagian diantaranya akan mengimplementasi media. Penelitian berhasil mengembangkan alat praktikum ayunan sederhana menggunakan aplikasi phyphox dan mengembangkan LKP untuk mempermudah penggunaan oleh siswa. Alat praktikum dan LKP yang disusun dinyatakan sangat layak untuk digunakan berdasarkan indikator kelayakan media baik dari segi tampilan, efisiensi, desain alat, keberfungsian alat, dan kemenarikan berdasarkan validasi validator dan respon uji siswa. Hasil penggunaan produk menunjukkan hasil yang baik dengan nilai rata-rata siswa di atas kriteria ketuntasan minimal.The utilization of android application as learning media by teachers and students is getting wider. However, the utilization of android application and censor installed in android smartphone for education, especially in Physics, is still little. The objectives of this research are to develop an experimental tool by using android smartphone, its application and censor, as well as its experimental worksheet, and to know how effective this media usage is. This research is carried out at SMAN CMBBS with ADDIE research development model: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The Analysis phase is conducted through analyzing the need for media with the focus on the students and the material. The Design phase is by creating media design, i.e. android-based simple pendulum experimental media. The Development phase is to realizing the design into a product. In this phase, there is a classical trial. The next phase is Implementation, i.e. utilizing the media in the learning activities. For Student respondents, they are divided into respondents for media testing and respondents for media implementation. The research succeeds in developing a simple pendulum practicum tool by using the phyphox application and a practicum worksheet for easier usage by the students. The practicum tools and worksheets are stated highly feasible to use based on the media feasibility indicators: features, efficiency, tool design, tool functionality, and attractiveness that have been validated by the validators and students’ test responses. The tool utilization shows a good result, indicated by the average score that is higher than the Minimum Completeness Criteria.

Article Details

How to Cite
MSi, H. (2021). PEMANFATAN SENSOR ANDROID SEBAGAI MEDIA EKSPERIMEN PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA. Jurnal Teknodik, 25(2), 131–142. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.666
Section
Articles
Author Biography

Harjono MSi, SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School

Guru Muda golongan 3C

References

Aram, S., Troiano, A., & Pasero, E. (2012). Environment sensing using smartphone. 2012 IEEE Sensors Applications Symposium, SAS 2012 - Proceedings, 110–113. https://doi.org/10.1109/SAS.2012.6166275

Ardius, A. (2020). PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA : PELUANG DAN TANTANGAN The Utilization of Virtual Laboratory : Opportunities and Challenges. Jurnalteknodik, November 2019, 147–160.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.Aram, S., Troiano, A., & Pasero, E. (2012). Environment sensing using smartphone. 2012 IEEE Sensors Applications Symposium, SAS 2012 - Proceedings, 110–113. https://doi.org/10.1109/SAS.2012.6166275

Ardius, A. (2020). PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA : PELUANG DAN TANTANGAN The Utilization of Virtual Laboratory : Opportunities and Challenges. Jurnalteknodik, November 2019, 147–160.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dea Julianingsih, S Supryatna, N. A. (2019). Kefektivitasan Aplikasi phyphox dan Pratikum Sederhana Pegas Sebagai Media percobaan Dalam Menentukan Nilai Konstanta Pegas pada Teknologi Pembejaran Fisika. physEductech, juli, 1.

Kadir, A. R., & Keguruan, F. T. (2014). Laboratorium Riil Dengan Laboratorium Virtual.

Kapucu, S. (2017). Finding the acceleration and speed of a light-emitting object on an inclined plane with a smartphone light sensor. Physics Education, 52(5). https://doi.org/10.1088/1361-6552/aa7914

Kemendikbudristek. (n.d.). Portal Rumah Belajar. Kemendikbudristek. https://belajar.kemdikbud.go.id/

Aram, S., Troiano, A., & Pasero, E. (2012). Environment sensing using smartphone. 2012 IEEE Sensors Applications Symposium, SAS 2012 - Proceedings, 110–113. https://doi.org/10.1109/SAS.2012.6166275

Ardius, A. (2020). PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA : PELUANG DAN TANTANGAN The Utilization of Virtual Laboratory : Opportunities and Challenges. Jurnalteknodik, November 2019, 147–160.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dea Julianingsih, S Supryatna, N. A. (2019). Kefektivitasan Aplikasi phyphox dan Pratikum Sederhana Pegas Sebagai Media percobaan Dalam Menentukan Nilai Konstanta Pegas pada Teknologi Pembejaran Fisika. physEductech, juli, 1.

Kadir, A. R., & Keguruan, F. T. (2014). Laboratorium Riil Dengan Laboratorium Virtual.

Kapucu, S. (2017). Finding the acceleration and speed of a light-emitting object on an inclined plane with a smartphone light sensor. Physics Education, 52(5). https://doi.org/10.1088/1361-6552/aa7914

Kemendikbudristek. (n.d.). Portal Rumah Belajar. Kemendikbudristek. https://belajar.kemdikbud.go.id/

Kuhn, J., & Vogt, P. (2013). Applications and Examples of Experiments with Mobile Phones and Smartphones in Physics Lessons. Frontiers in Sensors, 1(4).

Monteiro, M., Cabeza, C., & Marti, A. C. (2015). Acceleration measurements using smartphone sensors: Dealing with the equivalence principle. Revista Brasileira de Ensino de Fisica, 37(1), 1–6. https://doi.org/10.1590/S1806-11173711639

Nurfadilah, N., Ishafit, I., Herawati, R., & Nurulia, E. (2019). Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 101–107. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4019

Nurul H., L. P., Rahmawati, D., Suhendra, D., & Iskandar, F. (2017). Penggunaan Sensor Magnet pada Smartphone untuk Mengamati Pergerakan Bandul Ganda dalam Eksperimen Fisika. Prosiding SNIPS 2017, 387–391.

http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2017/kfz/files/snips_2017_lale_putri_nurul_hidayah_xyamrpojgx.pdf

Phyphox.org. (n.d.). phyphox.org. Diambil 3 September 2019, dari www.phypox.org

Staacks, S., Hütz, S., Heinke, H., & Stampfer, C. (2018). Advanced tools for smartphone- based experiments : phyphox. Physics Education.Store, P. (n.d.). phyphox. https://play.google.com/store/apps/details?id=de.rwth_aachen.phyphox&hl=in

Suciarahmat, A., & Pramudya, Y. (2015). Aplikasi Sensor Smartphone dalam Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi Aplikasi Sensor Smartphone dalam Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi. Jurnal Fisika Indonesia, XIX(55), 10–13. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jfi.24365

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Belajar dan Pembelajaran. Holistica.