PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI LINGKARAN

Authors

  • Rosid Tamami MTsN 6 Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.649

Keywords:

Bahan ajar interaktif, GeoGebra, lingkaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang valid, menarik, dan efektif menggunakan aplikasi GeoGebra pada materi lingkaran. Bahan ajar ini disusun dengan sistematika berupa materi, contoh soal, lembar kerja, dan tes uji kompetensi. Aplikasi GeoGebra dipilih karena mudah digunakan dan mempunyai fitur yang lengkap untuk dapat memvisualkan konsep-konsep matematika dan tidak berbayar (freeware).

GeoGebra juga dapat menjadi alat bantu dalam proses menyusun konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (research and development) dengan tahapan penelitian pengembangan mengikuti model 4D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Model 4D ini diadaptasi menjadi 4P yaitu Pendefinisan, Perencanaan, Pengembangan, dan Penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8A sebagai kelas kontrol dan kelas 8B sebagai kelas ekperimen dengan jumlah siswa 55. Hasil analisis validitas bahan ajar oleh 3 validator menunjukkan nilai 3,42 dengan kriteria baik. Keefektivan bahan ajar terindikasikan dari hasil belajar siswa yang mengalami kenaikan dari nilai pre-test dan post-test, untuk kelas ekperimen sebesar 14,82 % dan untuk kelas kontrol sebesar 8,73 %. Nilai gain ternormalisasi kelas ekperimen sebesar 0,36 dengan kategori “Sedangâ€, untuk kelas kontrol sebesar 0,20 kategori “Rendahâ€. Kemenarikan bahan ajar terindikasikan dari angket respon siswa, sebesar 78,57% memberi respon sangat positif, 21,43% memberi respon positif, dan 0% memberi respon tidak positif. Dengan demikian, didapat produk akhir bahan ajar GeoGebra yang valid, praktis, menarik, dan efektif.

The objective of this research is to develop a valid, interesting, and effective learning material by using GeoGebra applicationon the material of circle. The outline of this learning material arrangement is consisting of Material, Sample Questions, Working Sheet, and Competency Test.GeoGebra application is chosen because it is easy to use and has complete features to visualize mathematical concepts. Besides, it is free (freeware). GeoGebra can also be a tool in the process of compiling mathematical concepts. The research method used is Research

and Development (R and D) method with the Thiagarajan’s 4D research and development steps, i.e. Define, Design, Develop, and Disseminate. In Bahasa Indonesia, the 4D is adapted to be 4P, i.e.Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, and Penyebaran. The subject of this research is the students of class 8A as the control class and class 8B as the experimental class with the total number of 55 students. The result of learning material validity analysis by 3 validators indicates the score of 3.42, wich belongs to the category of “Goodâ€. The effectiveness of the learning material is indicated by the increase of students’ learning outcomes shown by their pre-test and post-test (the increase is 14,82% in experimental class, and 8,70% in control class). The normalized gain value for the experimental class is 0.36 with the category of “Mediumâ€, for the control class it is 0.20, with the category of “Lowâ€. The attractiveness of learning material is indicated by the result of students’ response questionnaire (78,57% of highly positive response, 21,43% of positive response, 0% of negative response). Therefore, we can get a valid, practical, interesting, and effective final learning material.

 

Author Biography

Rosid Tamami, MTsN 6 Banyuwangi

Guru Matematika MTsN 6 Banyuwangi

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Fazar, I., Zulkardi, & Somakim. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra. Jppm, 9(1), 6–11.

Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model Elpsa Dengan Alat Peraga Geoboard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 23(1), 29–40.

Husain, C. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e- journal.id/fateksa/article/view/38

Jupriyanto. (2016). Bahan Ajar Multimedia Interaktif IPA sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR,â€III.

Krisiandi. (2016). Daya Imajinasi Siswa Lemah. Kompas. http://nasional.kompas.com/read/ 2016/12/15/23091361/daya.imajinasi. siswa.lemah

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 469–477.

Masamah, U. (2017). Retensi kemampuan berpikir reflektif melalui pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa MAN Ngawi. Journal of Mathematics Teaching, 1(1), 51–72.

Novauli. M, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan/: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 45–67.

Oktavianto, D. A. (2019). Groups Investigation Learning Model to Analyze the Landscape Effect of Geological Processes Using Google Earth. Teknologi Pendidikan, 23(1), 1–14.

Pianda, D., Negeri, S., Lhokseumawe, J., Darussalam, L. T., Majid, U., & Jalan, L./ (2016). Penggunaan Media Geogebra Melalui;Pendekatan Scientific Untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3, 273–284. http://idealmathedu. p4tkmatematika.org

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Ratih, Sunardi, D. (2013). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGUASAAN MATERI DALAM UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010 DI KABUPATEN BANYUWANGI. Jurnal Pancaran, 2.

Sihwidi, J. (2016). Penggunaan Geogebra untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Kompetensi Transformasi Geometri di SMKN 1 Tulang Bawang Tengah. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 208–220.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Yustiyani Suryandari (Ed.); 3rd ed.). ALFABETA, CV.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Tamami, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal Teknodik, 25(1), 1–12. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.649

Citation Check