PENGEMBANGAN VIDEO ASAM BASA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.620Keywords:
video pembelajaran, berbasis lingkungan, pemahaman konsep, asam basaAbstract
Pemahaman siswa terhadap konsep materi asam basa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pemahaman konsep dari siswa yang masih kurang ini disebabkan oleh belum adanya penerapan konsep yang tepat, efisien, dan akurat dalam memecahkan masalah. Salah satu solusi yang diberikan adalah penggunaan video pembelajaran berbasis lingkungan. Pengembangan video pembelajaran berbasis lingkungan ini dibuat agar siswa menjadi lebih tertarik dan senang belajar. Dengan demikian, siswa lebih mudah memahami konsep asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman konsep siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 03 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Namun demikian, pada penelitian ini, tahap penyebarluasan tidak dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 03 Bengkulu Utara yang berjumlah 100 orang. Sampel yang didapat dari uji normalitas pada uji coba skala kecil terdiri atas 12 siswa di kelas XI IPA 4 dan uji coba skala besar terdiri atas 25 siswa di kelas XI IPA 1. Data penelitian ini diperoleh dari hasil soal tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video asam basa berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, yang tergambarkan dengan peningkatan persentase nilai rata-rata sebesar 88,8% dengan “kategori baik sekaliâ€.
Students' understanding on acid-base concept is still low. It is indicated by high number of students who have not reached the minimum completion criteria (KKM). The students’ low understanding is caused by the fact that there has not been any proper, efficient, as well as accurate concept application to solve problems. One of the solutions is the use of environment-based learning videos. Environment-based learning video is made to make the students more interested and happier to learn. Therefore, they can understand the concept of acid-base more easily. The aim of this research is to measure the understanding on acid-base concept of class XI IPA students in SMA Negeri 03 Bengkulu Utara. This research applies Four D development model, i.e. defining, designing, developing, and disseminating. However, this research doesn’t go until “disseminatingâ€. The population of this research is all students of class XI IPA in SMA Negeri 03 Bengkulu Utara amounting of 100 students. Sampling is from normality test to small scale trial, i.e. 12 students of class XI IPA 4 and big scale trial, i.e. 25 students of class XI IPA 1. The data of this research is from the result of essay question test to measure the students’ understanding. The result shows that the use of environment-based acid-base video can increase the students’ conceptual understanding, indicated by the increase of the students’ average score of 88,8% which belongs to the category of “very goodâ€.
Â
References
Alperi, M. (2020). PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Alperi, M., & Handayani, D. (2019). Quality Mapping Analysis of Methods, Media and Learning Resources Usage at Junior High School. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.76
Anantasari, W., Jufri, A. W., & Hadiwijaya, A. S. (2015). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS LINGKUNGAN (MVBL) DALAMMENINGKATKAN PERILAKU POSITIF ANAK TERHADAP LINGKUNGAN. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i1.5
Ansori (IKIP Siliwangi), & Samsudin, A. (IKIP S. (2013). Transformasi Pembelajaran di Pendidikan Non Formal. EMPOWERMENT, 2(1).
Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Bahruddin, B. (2018). Dampak Pembelajaran Eksperimen Kimia Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1). https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.45
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Fahmi, S. & M. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika Developing Multimedia Macromedia Flash with Contextual Approach and Its Effect on Students ’ Attitude toward Mathematics. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9071
Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan. In Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro) (Vol. 6, Issue 2).
Gayatri, E. R. P., Bahar, A., & Handayani, D. (2017). PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DAN TWO STAY TWO STRAY. Alotrop, 1(1). https://doi.org/10.33369/atp.v1i1.2726
Gusti, N., Bahar, A., & Handayani, D. (2017). STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIA CHEMICAL DOMINO CARD DAN FLASH CARD. Alotrop, 1(2). https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3507
Handayani, D., Sundaryono, A., & Rohiat, S. (2019). Think Pair Share Cooperative Learning Model Using Edmodo Application. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.60
Inanna, I. (2018). PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERMORAL. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1).
Maimunah, M. (2016). METODE PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Munir. (2020). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy (Vol. 58, Issue 12).
Muti’ah, M., Siahaan, J., & Sukib, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.704
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1).
Rahayuningsih, S. (2018). Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1). https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1629
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Slameto, 2012. (2019). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Solikin, I., & Amalia, R. (2019). MATERI DIGITAL BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN MODEL 4D. SISTEMASI, 8(3). https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.461
Tasri, L. (2011). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB. Jurnal MEDTEK, Volume 3.
Trianto. (2014). Media Pembelajaran Terpadu: dalam teori praktek. In Jakarta, Prestasi Pustaka.
Wuryastuti, S., & Ima, N. (2013). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBUATAN KOMPOR BIOGAS ( Penelitian pada Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Biologi di UPI Kampus Serang ). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2).
Yanuarti, R., & Rusman, R. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh guru di sekolah penerima Universal Service Obligation (USO). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19441
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknodik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):