PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PRESPEKTIF PENDIDIKAN PROGRESIF

Authors

  • nfn Hardjito

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.593

Keywords:

Pendidikan progresif, media pembelajaran, guru, sumber belajar

Abstract

Globalisasi menuntut tersedianya SDM yang mampu bersaing secara global, dan untuk itu pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM kita. Depdiknas melalui serangkaian upayanya seperti pengesahan UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), penerapan perguruan tinggi negeri sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) pengembangan kurikulum berbnasis kompetensi (Kurikulum 2004) DAN LAIN sebagainya, yang kesemuanya itu dinmaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan tentu tak bisa dilepaskan dari peran guru, yang bertanggungjawab atas terselenggaranya suatu proses pembelajaran yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Demikian pula dengan kemajuan teknologi yang berkembang secara pesat, maka peran media pembelajaran juga semakin penting guna memberikan alternative sumber belajar bagi peserta didik yang menurut konsep pendidikan progresif harus aktif belajar dengan pengalaman langsung dan dengan menggunakan berbagai sumber belajar, karena guru kini tidak lagi menjadi pusat kegiatan.

References

Brumbaugh, Robert S., dan Lawrence, Nathaniel M., Philosophers on

Education, Six Essays on the Foundations of Western Thought,

Boston: Hoghton Mifflin Company, 1963

Gagne, Robert, M., & Briggs, Leslie, J., Principles of Instructional

Design, New York: Rinehart and Winston, 1979

Heryanto, Nunu, Pentingnya Landasan Filsafat Ilmu Pendidikan Bagi

Pendidikan, Suatu Tinjauan Filsafat Sains, 2002,

(http://rudyct.250x.com/ sem1_012/ nunu_h.htm)

Kemp, Jerrold E., John Dewey Never Said It Would Be Easy:

Designing Education the 21st Century, 2000, p.3

(http://www.findarticles.com/cf_dls/ m0HKV/3_9/

/p8/article.jhtml?term=)

Jalaludin, dan Idi, Abdullah, Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan

Pendidikan, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997

Kaewdang, Rung, Suatu Cara Reformasi Pembelajaran yang lebih

Mangkus, Belajar dari Monyet, di Akademi Pelatihan Monyet,

Surat Thani, Thailand, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia, 2002

Krech, David, Crutchfield, Richard S. dan Ballachey, Argenton L.,

Individual in Society, Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha, 1982

Lutan, Rusli, Belajar Keterampilan Motorik. Pengantar Teori dan

Metode, Jakarta: Depdikbud, 1988

Mar’at, Sikap Manusia Prubahan serta Pengukurannya, Jakarta:

Ghalia Indonesia, 1982

Miarso, Yusufhadi, Definisi Teknologi pembelajaran, Satuan Tugas

Definisi dan Terminologi, Jakarta, CV. Rajawali, 1986

Mouly, George J., Psychology for Effective Teaching, New York: Holt

Rinehart and Winston, Inc, 1973

Miarso, Yusufhadi, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jendral

Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

Rahardjo, Raphael, “Media Pembelajaranâ€, Teknologi

Komunikasi Pendidikan,Pengertian dan Penerapannya di Indonesia (Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali, 1984)

Sadiman, Arief S., Media Instruksional: Jenis, karakteristik, Pemilihan

dan Pengembangannya, Jakarta: Badan Koordinasi Keluarga

Berencana Nasional, Pusdiklat Tenaga Program, 1989

Sadiman, Arief S., Media Pendidikan dan Penggunaannya dalam

Kegiatan Belajar-Mengajar, Jakarta: Pustekkom, Depdikbud,

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Hardjito, Media

Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya,

Jakarta: CV. Rajawali, 1986

Sadiman, Arief S., Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan Dasar, Jakarta: Pustekkom, Depdikbud, 1993

Semiawan, Conny R., Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang

Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta, PT. Grasindo, 1999

Definisi Teknologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit CV Rajawali, 1977

“The field of Educational Technology, A Statement of Definitionâ€, Audiovisual Instruction, Vol. 17. No. 8, 1972.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Hardjito, nfn. (2019). PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PRESPEKTIF PENDIDIKAN PROGRESIF. Jurnal Teknodik, 8(14), 085–108. https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.593

Citation Check