PEMANFAATAN EDMODO OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MEMBIMBING GURU MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.590Keywords:
Edmodo, pengawas sekolah, guru, penelitian tindakan kelas.Abstract
Salah satu tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melakukan pembimbingan guru. Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pengawas Sekolah dapat memanfaatkan kecanggihan TIK untuk mempermudah tugas-tugas kepengawasan. Salah satu bentuk kemajuan TIK yang dapat digunakan oleh Pengawas Sekolah dalam melakukan pembimbingan guru adalah Edmodo. Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school-based environment) yang dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O’Hara, dengan fitur-fitur pendukung proses belajar-mengajar. Penelitian dilakukan terhadap 20 orang guru yang tergabung di dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Melalui Edmodo, Pengawas Sekolah melakukan penilaian terhadap guru dengan menggunakan penilaian proses, penilaian pengetahuan melalui kuis, dan penilaian produk berupa Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disusun guru dan diunggah di Edmodo. Hasil penilaian menunjukkan rata- rata untuk penilaian proses: 71,25, penilaian kuis: 80,80, dan penilaian produk: 84,90. Edmodo dapat digunakan Pengawas Sekolah sebagai media untuk melakukan pembimbingan guru secara jarak jauh. Pembimbingan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan Edmodo adalah pembimbingan guru dalam menyusun proposal PTK.
Â
One of the main tasks of School Superintendent is to guide teachers. As the Information and Communication Technology (ICT) develops, School Superintendents can take the advantage of it to facilitate their supervisory tasks. One of ICT development forms that can be used by School Superintendent in guiding teachers is Edmodo. Edmodo is a school-environment-based social network that is developed by Nicolas Borg and Jeff O’Hara, with learning-teaching- process supporting features. The study is carried on to 20 teachers who are members of Subject Teacher Discussion Forum (MGMP) of Physical Education, Sports, and Health.
Â
Through Edmodo, School Superintendents assess teachers by using process assessment, knowledge assessment through quizzes, and product assessment in the form of Class Action Research proposals made by the teachers and uploaded into Edmodo. The assessment result shows that the mean of process assessment is 71.25; the knowledge assessment through quizzes is 80.80; and the product assessment is 84.90. Edmodo can be used by School Superintendents as a medium to conduct distant guidance to the teachers. Guidance that can be done by utilizing Edmodo is guiding teachers in arranging Class Action Research proposals.
References
Ways-to-Use-Edmodo- Teacher. (2017). https:/
/support.edmodo.com/hc/en-us/articles/ 205007974.
Andoh Charles, B. (2012). Factors influencing teachers ’ adoption and integration of information and communication technology into teaching/: A review of the literature. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 8(1), 136–155.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Dwiharja, M., & Laksmi. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. 332–344.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–
www.theijes.com.
Kristanto, A. (2016). Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4, 13–16.
Kumar, B. A., & Sharma, B. (2020). Context aware mobile learning application development: A systematic literature review. Education and Information Technologies, 25(3), 2221–2239.
https://doi.org/10.1007/s10639-019-10045-x. Marzal, J. (2014). Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo yang Tidak Terbiasa Bekerja
dengan Komputer. Edimatica, 4(1), 37–43.
Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Gava Media.
Nassaji, H. (2015). Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis. https://www.researchgate.net/ publication/ 276397426.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya, Pub. L. No. 21 (2010).
Orlando, M. (2017). Nine Characteristics of a Great Teacher. https://www.facultyfocus.com/
articles/philosophy-of-teaching/nine- characteristics-of-a-great-teacher/#sthash. dXMc6QbB.dpuf.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. 16 (2007).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor
Tahun 2012 tentang Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah, Pub. L. No. 12 (2012).
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas.
Kencana.
Shuttleworth, M. (2019). Descriptive Research Design. https://explorable.com/ descriptive- research-design.
Soekartawi. (2012). E-Learning Untuk Pendidikan Khususnya Pendidikan Jarak Jauh dan Aplikasinya di Indonesia. Dalam Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar (Eds). Mozaik Teknologi Pendidikan. Kencana.
Sukmadinata, & Syaodih, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.
Susanti, E., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan
Effective Learning Video Design in Distance Education/: Study At an Open University. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 167–185.
Susilawati Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Martadinata KM, E. R., & Tangerang Selatan, K. (2016). Swot Analysis of the Implementation of Online Ict Training for Teachers. Direvisi akhir tanggal, 1, 30–42.
Tokan, P. R. I. (2016). Manajemen Penelitian Guru. untuk Pendidikan Bermutu. PT Grasindo.
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Wathoni, N., Trisnawati, Fitri, & Munib, A. (2017). Keefektifan Media Edmodo sebagai Penunjang Pembelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. IJCETS, 5(1), 42–48.
Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Mind Map Berbantuan E - Learning Increasing Students ’ Learning Activity and. 27–43.
Jarak Jauh/: Studi Di Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):