PENGEMBANGAN BAHAN PENYERTA TELEVISI/VIDEO TUTORIAL PARENTING AUTISME DENGAN METODE ABA INTERMEDIATE SUPLEMENT MATERIAL DEVELOPMENT OF AUTISM TUTORIAL VIDEO PARENTING THROUGH ABA INTERMEDIATE METHOD

Main Article Content

Sri Lestari

Abstract

Bahan penyerta adalah bahan yang dirancang sebagai pendukung pemanfaatan program televisi/ video tutorial yang berguna untuk membantu kegiatan parenting autis dengan metode Applied Behavioral Analysis (ABA) tingkat menengah (intermediate). Dengan dukungan bahan penyerta ini, diharapkan akan meningkatkan efektivitas pemanfaatan program televisi/video tutorial parenting autis. Pengembangan bahan penyerta ini dinilai penting karena bertujuan untuk membantu kegiatan parenting autis di mana anak autis juga memiliki hak untuk mengenyam pendididikan sebagai bagian dari perkembangan diri mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan bahan penyerta program televisi/video tutorial parenting autis berdasarkan model Dick dan Carey. Bahan penyerta secara umum dinilai bermanfaat untuk membantu orangtua, terapis, atau guru bagi anak autis, mengingat kekhususan anak autis, bukan pada faktor akademiknya melainkan pada faktor komunikasi dan sosial anak. Berdasarkan hasil uji coba, ahli materi, ahli media, dan sasaran (guru, terapis, orangtua anak autis) menyatakan secara umum bahan bahwa bahan penyerta program televisi/video tutorial parenting autisme dengan metode ABA tingkat menengah (intermediate) yang sedang dikembangkan layak disebarluaskan.Suplement material was designed to support the use of television programs/video tutorial. Development of video tutorial supporting learning materials is aim to help autistic parenting activities with intermediate levels of ABA method. Parenting autism is important because children with autism also have the right to acquire education as part of their own development. This type of research is the development research. Autism parenting video tutorial supporting learning materials is developed by Dick and Carey model, and useful to help parents, therapists, or teachers. Because, children with autism given the specificity not on academic factors, but communication and social development. Based on the test results of expert content, media experts, and target consist of teachers, therapists, and parents of children with autism in general expressed that video tutorial supporting learning materials of parenting autism with ABA methods level intermediate is feasible to distribute.

Article Details

How to Cite
Lestari, S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN PENYERTA TELEVISI/VIDEO TUTORIAL PARENTING AUTISME DENGAN METODE ABA INTERMEDIATE SUPLEMENT MATERIAL DEVELOPMENT OF AUTISM TUTORIAL VIDEO PARENTING THROUGH ABA INTERMEDIATE METHOD. Jurnal Teknodik, 17(4), 111–127. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.583
Section
Articles

References

Ali, Muhammad. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

BPMTP. 2013. Seminar Hasil Pengembangan Model dan Format Prototipa Media Televisi / Video Pendidikan untuk Parenting Autisme. Sidoarjo: BPMTP-Pustekkom-Kemdikbud

Dewi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan IPA (Volume 3 Tahun 2013)

Direktorat Tenaga Kependidikan dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.(2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Ernawati. 2012. Siapa Bilang Anak Autis Tidak Bisa Berprestasi. Yogyakarta:Familia

Khotimah. 2009. Upaya Penanganan Gangguan Interaksi Sosial pada Anak Autis di Yayasan Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Martiningsih. 2007. Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo sebelum dan sesudah Pembelajaran dengan TVE. Jakarta: Jurnal Teknodik No 21 Pustekkom Depdiknas

Martiningsih. 2011. Pengembangan Media Belajar Matematika dengan Pendekatan ICT. Jakarta: Jurnal Teknodik Vol XV No 1 Pustekkom Kemdiknas

Maulana, Mirza. 2012. Anak Autis. Jogjakarta: Kata Hati Mifzal, Abiyu. 2012. Anak Autis Berprestasi. Yogyakarta:Familia

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafi, Dian. (2012). Belajar dan Bermain Bersama ABK dan Autis. Yogyakarta: Familia

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Siahaan, Sudirman. 2006. Televisi Pendidikan di Era Global. Jakarta: Pustekkom Depdiknas

Siahaan, Sudirman. 2008. Perkembangan Siaran Televisi Edukasi (TVE): Persepsi dan Penyikapan Guru. Diunduh dari http://pakdirman.blogspot.com/2008/01/perkembangan-siaran-televisi-edukasi.html, tanggal 30 Desember 2013 jam 12.00 WIB

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Warsihna, Jaka. 2007. Pedoman Pemanfaatan Siaran Televisi Edukasi. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.