KAJIAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL ONLINE ANALYSIS OF POLICY FOR ONLINE NATIONAL EXAMINATION

Main Article Content

Hendarman Hendarman

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji kemungkinan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) secara online. Secara khusus kajian ini akan mengidentifikasi inisiatif yang telah dilakukan dalam rangka penerapan UN online dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan UN online. Kajian yang dilakukan merupakan analisis dokumentasi dan publikasi lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua inisiatif yang telah dilakukan yaitu berupa Computerized Adaptive Testing (CAT) dan UN online. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan UN online adalah keamanan, infrastruktur dan kesiapan sekolah. Disarankan agar Pemerintah memulai penerapan UN online secara bertahap dan terbatas dengan menggunakan peta infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada satuan-satuan pendidikan.This article is to analyse the possibility of the implementation of online National Examination. The analysis is specifically to identify initiatives taken for online national examination and factors influencing the successful implementation of UN online. Documentation and related publications were used for this analysis. The results showed that two iniatives related to UN online are in progress, namely Computerized Adaptive Testing (CAT) and UN online. The successful implementation of UN online depends on three factors, namely security, infrastructure and school readiness. It is recommended that the Government should initiate the implementation of UN online in stages and limited scopes by using the mapping of school availability for Information Communication and Technology (ICT) infrastructure.

Article Details

How to Cite
Hendarman, H. (2019). KAJIAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL ONLINE ANALYSIS OF POLICY FOR ONLINE NATIONAL EXAMINATION. Jurnal Teknodik, 17(4), 064–072. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.578
Section
Articles

References

Bagus, H.C. 2012. Administrasi Ujian Nasional (UN) dengan Menggunakan Model Computeried Adaptive Testing (CAT). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Voume 18, Nomor 1, Maret 2012. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Barkley, A.P. 2001. “An Analysis of Online Examinations in College Coursesâ€. Makalah disampaikan pada the Western Agricultural Economics Association Annual Meetings, Logan, Utah, July, 2001.

Barua, J. 1999. “Computer-Based Testing on Campus.†Syllabus, April 1999: 51-5.

Bunderson, C.V., Inouye, D.K., dan Olsen, J.B. (1989). The Four Generations of Computerized Educational

Measurement, dalam Robert L. Linn. Educational Measurement. 3rd ed. New York: American Council on Education & Macmillan Publishing Company.

Carlson, R. 2000. “Assessing Your Students: Testing in the Online Course.†Syllabus, March 2000: 16-18.

Cooper, H. 2010. Research Synthesis and Meta-analysis: A Step-by-Step Approach (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2009 tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2009/2010. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

http://www.antikorupsi.org/id/content/pelaksanaan-ujian-nasional-hanya-pemubaziran-anggaran-alihkan-alokasi-dana-un-untuk-program. 2013. “Pelaksanaan Ujian Nasional Hanya Pemubaziran Anggaran; Alihkan Alokasi Dana UN untuk Program Bermanfaatâ€. Diunduh tanggal 24 November 2013).

http://www.homeschooling-primagama.com/main.php?hal=berita&id=13. 2013. “Pemerintah Wacanakan UN Onlineâ€. Diunduh tanggal 27 November 2013

http://siapbelajar.com/kadisdik-kadiskominfo-rektor-upiluncurkan-try-out-un-online-smk-2013, 2013. “Kadisdik, Kadiskominfo, Rektor UPI Luncurkan Try Out UN Online SMK 2013â€. Diunduh tanggal 15 November 2013.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2010. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2010 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2011. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2011. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2011 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2012. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2012. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2012 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kulik, C. dan Kulik, J.A. 1991. “Effectiveness of Computer-Based Instruction: An Updated Analysis.†Computers in Human Behavior 1991 7(1-2):75-94.

Luecht, R.M. dan Sireci, S.G. 2011. A Review of Models for Computer-Based Testing (Research Report 2011-12). The College Board

Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud. 2013. Ringkasan Laporan Teknis 2007-2012: Pengembangan Model Computerized Adaptive Testing (CAT). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan.

Strauss, V. 2013. http://www.washingtonpost.com/blogs/answer-sheet/wp/2013/05/04/severe-technical-problems-raise-concerns-over-online-tests/). Diunduh tanggal 10 November 2013.

Suen, H.K., dan Parkes, J. 2001. “Challenges and Opportunities in Distance Education Evaluation.†Distance Education Resource Center. http://waltoncollege.uark.edu/disted/ challenges_and_opportunites_in_.htm.

Suprananto. 2012. Model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan. Disertasi.

Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Tryatmojo, L. 2013. “Ujian Nasional Secara Online, Bisakah?†http://lukmantryatmojo.wordpress.com/2013/04/ 22/ujian-nasional-secara-online-apa-bisa/). Diunduh tanggal 23 November 2013.