KUIS KIHAJAR SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TELEVISI DAN INTERNET KIHAJAR QUIZ AS AN INSTRUCTIONAL MODEL BASED ON TELEVISION AND THE INTERNET

Main Article Content

Oos M Anwas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kuis Kihajar 2013 terutama dari aspek: karakteristik Kuis Kihajar dan proses pembelajaran dalam Kuis Kihajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap pelaksanaan Kuis Kihajar 2013 pada Juli s.d. Oktober 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder serta pengamatan dan wawancara terhadap pengelola dan peserta Kuis. Hasil analisis data diketahui bahwa karakteristik Kuis Kihajar sangat menarik karena setiap bulannya tidak hanya menambah peserta baru tetapi lebih dari setengahnya peserta lama tetap setia mengikuti kuis ini. Peserta kuis tidak sekedar membuka web atau mengirim sms, tetapi mengerjakan soal hingga rata-rata mencapai 44 soal setiap kali mengaksesnya. Proses pembelajaran dalam Kuis Kihajar, antara lain: mudah, menyenangkan, menuntut penggunaan berbagai sumber belajar, fleksibel, serta menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (televisi, SMS, dan internet) yang sesuai dengan tren tuntutan zaman. Model Kuis Kihajar juga secara bertahap dapat mendorong terwujudnya budaya baru dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup.This study aimed to determine the implementation of Kihajar Quiz 2013 mainly from aspects: characteristics and the learning process. This study used a descriptive method. Research conducted on the implementation of Kihajar Quiz from July 2013 until October 2013. Data collected through secondary data as well as observations and interviews with organizers and quiz participants. The analysis of the data found that the characteristics Kihajar Quiz very interesting because every month not only add new participants but more than half of the previous participants remained faithful with the quiz. Participants do not just open a web quiz or sent sms, but work on the problems to reach an average of 44 questions each access. The learning process in Kihajar Quiz, among others: easy, fun, demanding the use of a variety of learning resources, fleksibel, as well as the use of information and communication technologies (television, SMS, and internet) in accordance with the trend of the demands of the times. Kihajar Quiz Model gradually promote the establishment of a new culture in is using ICT as a learning medium to improve the ability and quality of life.

Article Details

How to Cite
Anwas, O. M. (2019). KUIS KIHAJAR SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TELEVISI DAN INTERNET KIHAJAR QUIZ AS AN INSTRUCTIONAL MODEL BASED ON TELEVISION AND THE INTERNET. Jurnal Teknodik, 17(4), 032–042. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.575
Section
Articles

References

Anwas, Oos M. 2009. Pemanfaatan Media dalam peningkatan Kompetnsi Penyuluh Pertanian. Disertasi Sekolah Pascasarjana IPB Bogor.

Anwas, Oos M. 2011. Pembudayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah. Jurnal Teknodik, Vol. XIV, No. 1, Juli 2011 Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Bandura, Abert. 1977. Social Learning Theory. London: Prentice Hall Inc, New Jersey

Kountur, Ronny. 2007. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Leman, Martin. 2000. Televisi dan Anak-Anak. Majalah Anakku. http://leman.or.id/anakku/tv&anak.html (22 September 2013).

Littlejohn, SW. 1996. Theories of Human Communication. Wadsworth, Publishing Company. An International Thomson Publishing Company.

Pustekkom Kemdikbud. 2013a. Blue Print Televisi Edukasi dan Radio Suara Edukasi. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Pustekkom Kemdikbud. 2013b. Data Statistik Peserta Kuis Kihajar. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud. http:// kihajar.kemdikbud.go,id (1 Novenber 2013)

Pustekkom Kemdikbud. Histats Daily Kihajar.Kemdikbud.go.id (2013c) http://www.histats.com/viewstats/

?SID=2391368&act=3&t_1=1380585601&t_2=0&t_mode=normal&t_rg=d (1 November 2013).

Pustekkom Kemdikbud. 2013d. Anugerah Kihajar. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan,

Kemdikbud. Sumber: www//:kihajar.kemdikbud.go.id (1 November 2013)

Rosidah, Siva Wulandari, Mashuriani 2010. Pengaruh Internet bagi remaja dan Anak-Anak. http:// halil4.wordpress.com/2010/03/23/pengaruh-internet-bagi-remaja-dan-anak-anak/ (2 Oktober 2013)

Severin, Werner J dan Tankard, James W. 2005. Teori Komunikasi; Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Edisi Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Suyono, Haryono. 2009. Mengubah Loyang Menjadi Emas: Autobiografi Haryono Suyono. Jakarta: Citra Kharisma Bunda.

Sri Andayani dan Hanif Suranto, (1997), Perilaku Antisosial di Layar Kaca; Bercinta dengan Televisi, Bandung:

Remaja Rosda Karya.

River, William L dan Jensen, Jay W. 2004. Media Massa dan Masyarakat Modern. Edisi Kedua, Edisi Indonesia.

Jakarta: Pranada Media.

Winarso, Heru P. 2005. Sosiologo Komunikasi Massa, Jakarta: Prestasi Pustaka.