STUDI EVALUATIF RESPON TERHADAP TIK UNTUK PEMBELAJARAN DI DAERAH PERBATASAN EVALUATIF STUDY RESPONSE TOWARD ICT FOR LEARNING IN THE BORDER AREA

Main Article Content

Waldopo Waldopo

Abstract

Pembangunan di daerah perbatasan (terdepan) kini menjadi salah satu perhatian pemerintah. Sehubungan dengan hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertekad mewujudkan wilayah perbatasan menjadi halaman depan Negara RI melalui pembangunan pendidikan. Untuk mensukseskan program tersebut, Pustekkom sesuai tusinya pada akhir tahun 2012 memberikan bantuan TIK ke sejumlah sekolah yang berada di daerah perbatasan berikut pelatihan pemanfaatannya untuk pembelajaran. Permasalahannya apakah para siswa, guru maupun kepala sekolah memberikan tanggapan yang positif terhadap bantuan tersebut, karena secanggih apapun TIK yang diberikan tidak akan ada manfaatnya jika tidak direspon secara positif kususnya oleh para siswa, guru dan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon para siswa, guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan tokoh masyarakat di daerah perbatasan RI-Malaysia terhadap bantuan TIK untuk pembelajaran yang mereka terima. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi,diskusi terfokus dan dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kepala sekolah, guru, siswa, dan tokoh masyarakat pada umumnya memberikan respon (tanggapan) positif. Selain itu keberadaan TIK di sekolah ternyata mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memotivasi guru untuk memperbaharui cara mengajarnya. Oleh karenanya disarankan agar bantuan TIK untuk pembelajaran berikut pelatihan pemanfaatannya diperluas ke sekolah-sekolah lain yang ada di daerah perbatasan.Development in the border areas, now has become priority of the government development program. Related to that priority, The Ministry of Education and Culture is committed to realize the border region to be the front yard of The Republic of Indonesia through educational development. To succeed the program, according to the duties and responsibility. Pustekkom (ICT Center for Education) since in late of 2012, provide assistance a number facilities of ICT for learning to some schools were located in border areas training utilization of ICT for learning. The problem are the student, teachers and principals responded positively to the ICT for learning. Because, the sophisticated of ICT became useless if there is no positive respond from the students, teachers and principals. This study aimed to determine the response of the students, teachers, principal, parents and community leaders in the border area between Indonesia and Malaysia to support ICT for learning. Data was collected by distributing questionnaires, observation, focused group discussion and documentation. Data were analyzed descriptively. The results showed that both principals, teachers, students, and community leaders respond positively. Besides that, ICT can improve student motivation for learning and also motivate teachers to renew their teaching strategy. Therefore it is suggested that the ICT for learning support and the training should be extended to other schools in border areas.

Article Details

How to Cite
Waldopo, W. (2019). STUDI EVALUATIF RESPON TERHADAP TIK UNTUK PEMBELAJARAN DI DAERAH PERBATASAN EVALUATIF STUDY RESPONSE TOWARD ICT FOR LEARNING IN THE BORDER AREA. Jurnal Teknodik, 17(4), 019–031. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.574
Section
Articles

References

CARI Citizen Infonet (2013), Sejarah Pulau Sebatik – Satu Pulau 2 Negara, Malaysia Dan Indonesia, http:// mforum.cari.com.my/forum.php?mod=viewthread&tid= 717124, Diunduh 10 Oktober 2013

Departemen Pendidikan Nasional (2005), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Pusat-Pusat di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas Departemen Pendidikan Nasional (2008), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 38 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Teknlogi Informasi Dan Komunikasi Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta,

Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional (2010), Rencana Strategis Departemen Pendidikan , Nasional 2010-2014, Jakarta, Depdiknas.

Detik.com (2013), Ketahanan Nasional Di Pulau-Pulau Terluar Indonesia, Senin, 27 Mei 2013 jam 13.00 Detik News, Jakarta.( http://www.Detik.com)

Google.co.id, Pulau Sebatik dari foto Satelit, https://www.google.co.id/ Indonesia Blogspot,Pulau Sebatik, http://pulau-sebatik-Indonesia.blogspot.com/

KEMENEG PDT (2010), Kajian Penyusunan Model Peningkatan KUMKM Di Daerah 3T, Jakarta, Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya UKMK, Asdep Urusan Penelitian UKM

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2012), Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, Direktorat Pendidik Dan Tenaga Kependidikan-Ditjen Pendidikan Tinggi, Jakarta, (http://majubersama.dikti.go.id/?page-id=6), Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2013), Grand Desain Model PSB Berbasis TIK Untuk

LayananPembelajaran Di Daerah 3T (Tertinggal, Terpencil Dan Terdepan) Jakarta, Pustekkom-Kemdikbud. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2012), Mewujudkan Wlilayah Perbatasan

Menjadi Halaman Depan Negara RI melalui Pembangunan Pendidikan Dasar, Direktorat Pendidikan Dasar, Jakarta,

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2012), Penguatan Dan Perluasan Pemanfaatan TIK Untuk Pendidikan, Pustekkom-Kemdikbud Jakarta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2013), Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2013 Tata Kelola TIK Di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta, Kemdikbud Kementerian Perencanaan dan Pemabngunan Nasional (2012), Hasil Pembahasan Pra Musrembangnas RKP 2012 Prioritas Nasional 10: Daerah Tertinggal, Terpencil Terdepan Dan Pasca Konflik, Deputi Bidang

Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah, Jakarta..

Lilik Gani (2010), Kebijakan Pemanfaatan TIK Untuk Pendidikan di Indonesia, Pustekkom Depdiknas, Jakarta. Siahaan, Sudirman (2010) , Modul: Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pendidikan, Pusat Teknologi

Informasi Dan Komunikasi Pendidikan-Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Universitas Pendidikan Ganesha (2012), Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia UNDIKSHA Denpasar, (http:// www.undiksha.ac.id/majubersama).

Waldopo (2011) Pengaruh Pelatihan Pendayagunaan TIK Bagi Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran, Jurnal Penelitian Kebijakan Vol 10 Tahun Ke-4, Edisi April 2011, Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang-Kemdikbud, Jakarta.

_________ (2012) Studi Exploratif Tentang Pustekkom Kemdikbud Sebagai Pusat Sumber Belajar Berbasis TIK, Jurnal Teknodik, Vol XVI, Nomor 4 Edisi Desember 2012, Pustekkom-Kemdikbud, Jakarta.

Wiki Pedia, Sebatik Island, http://en.wikipedia.org/wiki/Sebatik_Island.