PEMANFAATAN PROGRAM SIARAN TELEVISI PENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN THE UTILIZATION OF EDUCATION TELEVISION PROGRAM FOR IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING

Authors

  • Bambang Warsita

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.567

Keywords:

Pembelajaran, Pemanfaatan, Siaran Televisi, Siaran Televisi Pendidikan, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pemanfaatan program siaran televisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dari berbagai jenis dan macam media pembelajaran yang ada, media televisi mempunyai potensi tinggi untuk menyampaikan pesan pendidikan/pembelajaran maupun kemampuannya dalam menarik minat dan perhatian peserta didik. Pentingnya siaran televisi pendidikan dijadikan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan kenyataannya sebagian besar dari kehidupan peserta didik ada di depan televisi. Selain itu, hasil kajian ini menunjukkan pemanfaatan siaran televisi pendidikan dengan segala potensinya dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

This study aims to describe about the use of educational television programs to improve the quality of learning. The results of this study show that the various types and kinds of the existing instructional media, television is highly potential in delivering educational/learning messages as well as highly enticing for getting attention of learners. The importance of educational television broadcasts is one of learning resources that can be utilized in learning activities. In fact, the majority of time spent by learners is in front of television. In addition, the results of this study demonstrate the use of educational television with all its potential in learning activities can improve the quality of learning.

References

Anglin, Gary J. 1995. Instructional Technology, Past, Present, and Future, Second Edition, Englewood-Corolado.

Libraries unlimited, INC.

Alatas, Fahmi. 1994. Potensi Siaran Televisi Untuk Pendidikan Sumber Daya Manusia, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan, 1-3 Februari 1994, Jakarta: IPTPI, CTPI, Pustekkom.

Badan Standar Nasional Pendidikan 2006 Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

DePorter, Bobbi, & Hermacki, Mike. 1992. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Penerbit Kaifa.

Isjoni. 2005. Mendayagunakan Teknologi Pengajaran, Pekanbaru: Penerbit Unri Press.

Kemdikbud. 2010. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010 s.d 2014, Jakarta:

Kemdikbud.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Molenaar, Magdalena J. 2006. Pemanfaatan Televisi Sebagai Media Pembelajaran, Jakarta: Makalah Seminar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas, tanggal 12 Desember 2006.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sandjaja, Sasa Djuarsa. 1999. Pertentangan Lama Antara Media Televisi VS Buku; Makalah Seminar Minat Baca, Jakarta Hotel Santika 20 Mei 1999.

Schramm, Wibur, dkk.. 1977. Big Media Little Media, Tools and Technologies for instruction, London: Sage Publications Ltd.

Seels & Richey. 2000. Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya (Terjemahan), Jakarta: Penerbit IPTPI &LPTK.

Situmorang, Robinson, 2006, Media Televisi,Pengetahuan Dasar Televisi dan Teknik Penulisan Naskah, Jakarta:

Pustekkom Depdiknas.

Siahaaan, Sudirman, Waldopo, M.Anwas, Oos. 2006. Televisi Pendidikan di Era Global, Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Soedijarto. 2000. Pendidikan Nasional, Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Membangun Peradaban Negara-Bangsa, Sebuah Usaha Memahami Makna UUD 1945, Jakarta: Penerbit CINAPS.

Suparman, M. Atwi, & Zuhairi, Aminudin. 2004. Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktek, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

http://sites.google.com/site/tirtayasa/sumber-belajar-media-dan-alat-peraga/film-pendidikan-ditinjau-dari-perspektif-kajian-ilmu-komunikasi, diunduh 17 Januari 2013

http://sites.google.com/site/tirtayasa/sumber-belajar-media-dan-alat-peraga, diunduh 17 Januari 2013.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Warsita, B. (2019). PEMANFAATAN PROGRAM SIARAN TELEVISI PENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN THE UTILIZATION OF EDUCATION TELEVISION PROGRAM FOR IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING. Jurnal Teknodik, 17(3), 126–137. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.567

Citation Check