EVALUASI SISTEM PEMANFAATAN TV EDUKASI UTILIZATION SYSTEM EVALUATION OF TV EDUKASI

Main Article Content

Ika Kurniawati

Abstract

Hasil penelitian terhadap TV Edukasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan bahwa pemanfaatan siaran TV Edukasi oleh pengguna (dalam hal ini guru dan siswa) belum optimal, padahal upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian melalui Pustekkom cukup maksimal terutama dalam mengatasi kendala akses, antara lain dengan mengupayakan siaran secara teresterial (kerjasama dengan TVRI dan TV Lokal), serta siaran dengan memanfaatkan layanan internet (streaming). Blum optimalnya pemanfaatan TV Edukasi disebabkan karena selama ini evaluasi maupun monitoring yang dilakukan terhadap TV Edukasi lebih banyak terkait dengan pemanfaatannya saja tanpa memperhatikan faktor-faktor yang berperan terhadap pemanfaatan itu sendiri. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi implementasi siaran TV Edukasi secara komprehensif, tidak hanya dari sisi kebijakan, akses dan infrastruktur, tetapi juga dari sisi konten program, promosi serta dari sisi pengguna, sehingga informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan siaran TV Edukasi khususnya dalam meningkatkan jumlah pengguna TVE dan pengembangan sistem pemanfaatan TVE itu sendiri. Tujuan penulis mengangkat tema ini agar dalam melakukan evaluasi terhadap TV Edukasi selanjutnya dilakukan secara komprehensif agar dapat meningkatkan pemanfaatan TV Edukasi terutama dalam meningkatkan jumlah pengguna.The result of research conducted by Minister of Education and Culture indicates that the utilization of TV Edukasi by the users (in this case teachers and students) is not optimal, whereas efforts done by Minister of Education and Culture through Pustekkom were maximum enough especially in overcoming obstacles, such as by using terrestrial broadcast (in cooperation with local TVs and TVRI), as well as utilizing internet services streaming). The less optimal use of TV Edukasi might be due to the evaluation and monitoring conducted on TV Edukasi that focused more on the utilization itself non on the factors that contributed to the utilization. Therefore, it is necessary to conduct comprehensive evaluation of TV Edukasi implementation that includes not only policy, access, and infrastructure, but also includes content, promotion and users, so that the information gathered can be used to optimize the utilization of TV Edukasi, especially to increase the amount of TV Edukasi users and to develop the TV Edukasi utilization system. The aim of this paper is to promote the comprehensive evaluation of TV Edukasi in order to increase the utilization of TV Edukasi particularly in the amount of user.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, I. (2019). EVALUASI SISTEM PEMANFAATAN TV EDUKASI UTILIZATION SYSTEM EVALUATION OF TV EDUKASI. Jurnal Teknodik, 17(3), 080–095. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.563
Section
Articles

References

Combes, Peter & John Tiffin. 1978. Television Production for Education. London: Focal Press.

Creswell, Jhon W. 2012. Educational Research: Planning Conducting Quantitative and Qualitative Research 4th

edition. Boston: Pearson Education.

Davidson, E Jane. 2005. Evaluation Methodology Basics: The Nuts and Bolts of Sound Evaluation. California:

Sage Publication, Inc.

Gall Meredith D, Joyce P. Gall & Walter R. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Holden, Debra J & Marc A. Zimmerman. 2009. A Practical Guide to Program Evaluation Planning Theory and Case Examples. California: Sage Publication.

Kemdiknas. 2008. Kepmendiknas Nomor 38 Tahun 2008: Tugas dan Fungsi Pustekkom. Jakarta: Kemdiknas.

———————— Kemdiknas. 2010. Evaluasi TV EDUKASI: Laporan Evaluasi TV EDUKASI oleh Staf Ahli

Mendiknas Bidang Penerapan dan Pengkajian IPTEK. Jakarta: Kemdiknas.

——————— 2010. Renstra Kemdiknas 2010 – 2014. Jakarta: Kemdiknas,

Morissan MA. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pustekkom Kemdiknas. 2009. Kajian Pengembangan TV Edukasi 2004 – 2014. Jakarta: Pustekkom Kemdiknas.

—————— 2010. Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan TV EDUKASI. Jakarta: Pustekkom Kemdiknas.

—————— 2009. 30 Tahun Kiprah Pustekkom dalam Pendidikan. Tangerang Selatan: Pustekkom Depdiknas.

—————— 2011. Laporan Evaluasi TV Edukasi oleh Pustekkom Kemdiknas. Jakarta: Pustekkom Kemdiknas. Rossi, Peter H & Howard E. Freeman. 1982. Evaluation A Systematic Approach. California: Sage Publication. Smaldino, Sharon E, Deborah L.Lowther, & James D. Russell. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk

Belajar terjemahan Arif Rahman Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Weiss, Carrol H. 1972. Evaluation Research. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Wholey, Joseph S, et al. 2004. Handbook of Practical Program Evaluation, 2nd edition. California: John Wiley & Sons Inc.