HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA PROGRAM BLOCK GRANT KECAKAPAN HIDUP

Main Article Content

Nurdin Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang memperoleh Block Grant dan yang tidak memperoleh Block Grant. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri Jakarta yang mendapat Block Grant Kecakapan Hidup dan SMA Negeri Jakarta yang tidak mendapat Block Grant Kecakapan Hidup tahun 2003, yang terdapat di wilayah Jakarta Timur, Pusat dan Utara. Teknik analisis yang digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA) dengan uji lanjut Tukey pada α = 0,05. Penelitian ini jenis expo facto dan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian faktorial 2x2.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: Pertama, secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memperoleh Block Grant dengan yang tidak memperoleh Block Grant. Kedua, terdapat interaksi antara pemberian dana bantuan Block Grant dan kemampuan awal terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa

Article Details

How to Cite
Ibrahim, N. (2019). HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA PROGRAM BLOCK GRANT KECAKAPAN HIDUP. Jurnal Teknodik, 160–181. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.552
Section
Articles

References

Alhumani, Amich. “Pendidikan Tinggi dan Pembangunan Ekonomiâ€.

Kompas. Jakarta: Jumat 6 Agustus 2004.

Ary, Donald, Jacobs, Lucy Cheser, dan Razaviech, Asghar. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Rinehart and Winston. 1985.

Brolin, D.E. Life Centered Carer Education: A Competency Based

Approach. Reston VA: The Council for Exceptional Children.1989. CEFS Economic Opportunity Corporation. Community Services Block

Grant (CSBG). http://www.advant.com/cefs/csbg.htm. 2005. Departemen Pendidikan dan Budaya. Kurikulum Sekolah Menengah

Umum : Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Depdikbud. 1993.

—————. Konsep Dasar Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta:

Depdiknas. 2004.

—————. Kurikulum Berbasis Kompetensi. http://www.puskur.or.id.

—————. Pedoman Pelaksanaan Pemberian Block Grant Pendidikan Menengah Umum 2004. Jakarta: Dikmenum. 2004.

—————. Rencana Pembangunan Tahunan (REPETA) Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2004. Jakarta: Depdiknas. 2003.

—————. Rencana Strategi Pembangunan Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Jakarta: Depdiknas. 2001.

—————. Statistik Pendidikan Tinggi 2002/2003. Jakarta: Balitbang. 2003

—————. Statistik Persekolahan SMU 2002/2003. Jakarta: Balitbang.

—————. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. 2003.

Degeng, I. Nyoman S. Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta:

Ditjen Dikti Depdikbud. 1989.

Fatah, Nanang. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

Furcham, Arief. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya:

Usaha Nasional. 1982.

Gagne, Robert M. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, diterjemahkan oleh Munandir. Jakarta: PAU Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas/UIC. 1989.

—————. The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Wiston. 1977.

Gagne, Robert M. and Briggs, Leslie J. Principles of Instructional Design, second edition. New York: Holt, Pinehart and Winstone. 1979.

Kariman, Tina Mariana. Strategi Pembelajaran Abad 21, dalam Makalah Seminar Teknologi Pembelajaran. Jakarta: IPTPI. 2002.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2002.

Ragan, Tillman J., dan Smith, Patricia L. Conditions-Based Model for Designing Instruction. (ed.). Handbook of Research for Educational Communications and Technology. New York: Macmillan Library Reference USA. 1996.

Reigeluth, Charles M. Instructional-Design Theories and Models.

London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. 1983.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan. Metode Penelitian Survey.

Jakarta: LP3ES. 1989.

Sudjana. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. 1992.

Tim BBE Depdiknas. Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup.

Surabaya: SIC bekerjasama dengan LPM UNESA. 2003.