PENGEMBANGAN KUALITAS SDM (GURU) DI MADRASAH

Authors

  • Waldopo Waldopo

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.551

Keywords:

Common Learning Resources Center (CLRC), Madrasah Development Center (MDC), Madrasah Model, M E S A,

Abstract

Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka keberadaan Madrasah diakui sama dengan sekolah-sekolah yang selama ini dikelola Depdiknas yaitu sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional. Dengan demikian, MI sama dengan SD, MTs.dengan SMP dan MA dengan SMA. Sehubungan dengan hal tersebut Madrasahpun juga harus didesentralisasikan sebagaimana SD, SMP maupun SMA yang selama ini dikelola secara terpusat oleh Depdiknas. Untuk mengantisipasi masalah ini, Departemen Agama melalui MESA (Madrasah Education Sub Sector Assesment) melakukan studi menyeluruh tentang pengelolaan Madrasah untuk melihat kesiapan Madrasah jika pengelolaannya diserahkan ke daerah. Studi dilakukan dengan melihat dokumentasi, mewawancarai pakar, pejabat, praktisi lapangan dan lain-lain. Sebagai sampel dikunjungi 6 lokasi guna melihat kondisi riil Madrasah, mewawancarai para guru dan kepala Madrasah, serta melakukan diskusi terfokus (Focus Group Discussion) dengan pejabat daerah seperti para Ka Kanwil Depag dan Kepala Kantor Departemen Agama, para pejabat Propinsi dan Kabupaten/Kota yang membidangi masalah anggaran dan perencanaan. Selain itu dilakukan observasi dan wawancara dengan para pengelola MDC (Madrasah Development Center) CLRC (Common Learning Resources Center) dan pengelola Madrasah Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 

pertama, para pejabat di daerah cenderung merasa “belum siap†jika Madrasah didesentralisaikan dan kedua, kondisi SDM (lhususnya Guru) yang ada di Madrasah belum seperti yang diharapkan.

References

Departemen Pendidikan Nasional RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional, Jakarta, 2005

_______________, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2003 tentang Sistm Pendidikan Nasional, Jakarta, 2003

_______________, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta, 2005

Education Management Information System (EMIS), Statistik Pendidikan Islam MI, MTs.dan MA Tahun Pelajaran 1998/1999 sampai dengan tahun Pelajaran 2001/2002, Ditjen Baga Islam Departemen Agama , Jakarta, 2002.

______________ Leaflet Pendidikan Islam Madrasah ‘Aliyah tahun 2001/2002, Ditjen Baga Islam Departemen Agama, Jakarta, 2002.

______________, Leaflet Pendidikan Islam Madrasah ‘Ibtida’iyah tahun 2001/2002, Ditjen Baga Islam Departemen Agama, Jakarta,

______________, Leaflet Pendidikan Islam Madrasah Tsanawiyah 2001/2002, Ditjen Baga Islam Departemen Agama , Jakarta, 2002.

Indradjati Sidi , Tenaga Kependidikan dan Permasalahannya , Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 1999.

Kelompok Kerja Tenaga Kependidikan, Rekomendasi-Rekomendasi Untuk Pemberdayaan Guru dan tenaga Kependidikan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Biro Agama, Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga, Jakarta, 1999.

Pusat Studi Pengembangan Islam dan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah: “Journal Madrasah 1996", Jakarta 1996.

Saiful Umam dan Arief Subhan, Bekerja Bersama Madrasah Membangun Model Pendidikan Indonesia, Basic Education Project (BEP) Departemen Agama RI dan Indonesian Institute For Society Epowerment (INSEP), Jakarta, 2001

Waldopo, Potensi Televisi Sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaranâ€, Journal Teknodik Nomor 8/IV/Teknodik/Mei/2000, Jakarta

: Pustekkom Depdiknas, 2000.

Downloads

Published

2019-04-04

How to Cite

Waldopo, W. (2019). PENGEMBANGAN KUALITAS SDM (GURU) DI MADRASAH. Jurnal Teknodik, 135–159. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.551

Citation Check