STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EVALUA ALUA ALUA ALUA ALUATIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANFA A A A AA A A A AT T T T TAN AN AN AN AN VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIKAN SEK AN SEK AN SEK AN SEK AN SEKOL OL OL OL OLAH AH AH AH AH D D D D DAL AL AL AL ALAM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBELAJAR AJAR AJAR AJAR AJARAN
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.547Keywords:
Media, Video, Televisi, Pembelajaran, Audio Visual.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan media video pendidikan sekolah sebagai media pembelajaran. Adapun aspek yang diteliti meliputi aspek: media, pembelajaran, dan materi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas III SMP pada mata pelajaran Biologi dan Fisika. Hasil analisa data menunjukan bahwa ketiga aspek dalam media video cukup baik. Yang perlu digarisbawahi dari hasil pembahasan diketahui bahwa siswa lebih tertarik pada objek visual yang relatif unik, dan jarang mereka temukan, serta benda-benda yang abstrak yang disajikan melalui media tersebut. Mereka seolah menemukan suasana belajar yang baru dan lebih kondusif dibandingkan dengan belajar tanpa media. Oleh karena itu sebagai rekomendasinya, media video/televisi perlu terus dikembangkan dan disebarluaskan ke sekolah-sekolah untuk dimanfaatkan dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik media tersebut.
References
Brown, Ray J.(1976), Children and Television, Beverly Hills, California : Sage Publication, Inc.
Dwyer, Francis M. , (1978), Strategis for Improving Visual Learning, State-College, Pensylvania : Learning Services.
Gavriel, Solomon. (1977) Instructional Television: A Cognitive
Approach to Media. Englewood Cliffs, New Jersey : Educationa
Technology Publication.
Heinich, Molenda, Russel, (1982), Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York : John Willey and Sons.
Kuswandi, Wawan. (1996), Komunikasi Massa: Sebuah Analisi Media
Televisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Littlejohn, (1996), Theories of Human Communication, Wadsworth, Publishing Company, An International Thomson Publishing Company.
Mulyana, Dedi. (1997), Merindukan Televisi Pengajara; Bercinta dengan Televisi, Bandung: Remaja Rosda Karya
McQual, Denis, ( 2002), Mass Communication Theory, London: Sage Publication.
McQual, Daniss dan Sven Windahl, (1996), Communication Models for the Study of Mass Communication, Singapure: Longman.
Perin, Donald G, (1977), Instructional Television : Synopsis of Television in Education, New Jersey : Educationa Technology Publication.
Rakhmat, Jalaludi. (1991), Islam Aktual; Refleksi Sosial Seorang Cendikiawan Muslim, Bandung: Mizan.
——————————, (1985), Psikologi Komunikasi, Bandung:
Remaja Karya.
Sendjaja, Sasa Djuarsa, (1994), Teori Komunikasi, Materi Pokok Modul UT, Jakarta: Universitas Terbuka.
——————, (1996), Pengantar Komunikasi, Materi Pokok Modul UT, Jakarta: Universitas Terbuka.
Supriadi, Dedi. (1997), Kontraversial tentang Dampak Kekerasan Siaran Televisi terhadap Perilaku pemirsanya; Bercinta dengan Televisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim Redaksi. “Cakrawarta Konstelasi Empat Satelitâ€, Harian Umum Republika, Jakarta : 25 November 1997, Hlm. 16 Kolom 4 - 5. “Dari
Indostar ke Cakrawarta Menghapus Blankspot di tanah Airâ€, Jakarta : 9 September 1997,
Wilkonson, Gene L. (1980), Media dalam Pembelajaran: Penelitian
Selama 60 tahun, Jakarta: Rajawali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):