STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EVALUA ALUA ALUA ALUA ALUATIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANFA A A A AA A A A AT T T T TAN AN AN AN AN VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIKAN SEK AN SEK AN SEK AN SEK AN SEKOL OL OL OL OLAH AH AH AH AH D D D D DAL AL AL AL ALAM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBELAJAR AJAR AJAR AJAR AJARAN

Main Article Content

Oos M Anwas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan media video pendidikan sekolah sebagai media pembelajaran. Adapun aspek yang diteliti meliputi aspek: media, pembelajaran, dan materi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas III SMP pada mata pelajaran Biologi dan Fisika. Hasil analisa data menunjukan bahwa ketiga aspek dalam media video cukup baik. Yang perlu digarisbawahi dari hasil pembahasan diketahui bahwa siswa lebih tertarik pada objek visual yang relatif unik, dan jarang mereka temukan, serta benda-benda yang abstrak yang disajikan melalui media tersebut. Mereka seolah menemukan suasana belajar yang baru dan lebih kondusif dibandingkan dengan belajar tanpa media. Oleh karena itu sebagai rekomendasinya, media video/televisi perlu terus dikembangkan dan disebarluaskan ke sekolah-sekolah untuk dimanfaatkan dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik media tersebut.

Article Details

How to Cite
Anwas, O. M. (2019). STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EV STUDI EVALUA ALUA ALUA ALUA ALUATIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANF TIF PEMANFA A A A AA A A A AT T T T TAN AN AN AN AN VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIK VIDEO PENDIDIKAN SEK AN SEK AN SEK AN SEK AN SEKOL OL OL OL OLAH AH AH AH AH D D D D DAL AL AL AL ALAM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBEL AM PROSES PEMBELAJAR AJAR AJAR AJAR AJARAN. Jurnal Teknodik, 059–074. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.547
Section
Articles

References

Brown, Ray J.(1976), Children and Television, Beverly Hills, California : Sage Publication, Inc.

Dwyer, Francis M. , (1978), Strategis for Improving Visual Learning, State-College, Pensylvania : Learning Services.

Gavriel, Solomon. (1977) Instructional Television: A Cognitive

Approach to Media. Englewood Cliffs, New Jersey : Educationa

Technology Publication.

Heinich, Molenda, Russel, (1982), Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York : John Willey and Sons.

Kuswandi, Wawan. (1996), Komunikasi Massa: Sebuah Analisi Media

Televisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Littlejohn, (1996), Theories of Human Communication, Wadsworth, Publishing Company, An International Thomson Publishing Company.

Mulyana, Dedi. (1997), Merindukan Televisi Pengajara; Bercinta dengan Televisi, Bandung: Remaja Rosda Karya

McQual, Denis, ( 2002), Mass Communication Theory, London: Sage Publication.

McQual, Daniss dan Sven Windahl, (1996), Communication Models for the Study of Mass Communication, Singapure: Longman.

Perin, Donald G, (1977), Instructional Television : Synopsis of Television in Education, New Jersey : Educationa Technology Publication.

Rakhmat, Jalaludi. (1991), Islam Aktual; Refleksi Sosial Seorang Cendikiawan Muslim, Bandung: Mizan.

——————————, (1985), Psikologi Komunikasi, Bandung:

Remaja Karya.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, (1994), Teori Komunikasi, Materi Pokok Modul UT, Jakarta: Universitas Terbuka.

——————, (1996), Pengantar Komunikasi, Materi Pokok Modul UT, Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriadi, Dedi. (1997), Kontraversial tentang Dampak Kekerasan Siaran Televisi terhadap Perilaku pemirsanya; Bercinta dengan Televisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Redaksi. “Cakrawarta Konstelasi Empat Satelitâ€, Harian Umum Republika, Jakarta : 25 November 1997, Hlm. 16 Kolom 4 - 5. “Dari

Indostar ke Cakrawarta Menghapus Blankspot di tanah Airâ€, Jakarta : 9 September 1997,

Wilkonson, Gene L. (1980), Media dalam Pembelajaran: Penelitian

Selama 60 tahun, Jakarta: Rajawali.