TEAM-BASED LEARNING; “SEBAGAI SALAH SATU PENDEKATAN METODA PENGAJARAN YANG EFEKTIF”

Authors

  • Falahah Falahah

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.546

Keywords:

Team-based Learning, Kerja Kelompok, efektifitas penyampaian materi

Abstract

Team-based Learning (TBL) adalah salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk menyampaikan materi pengajaran secara lebih efektif, khususnya pada kelas yang siswanya berjumlah banyak (kelas besar). Kekuatan TBL terletak pada usaha membangun motivasi belajar mandiri dan iklim kerja kelompok sehingga siswa dapat mempelari materi atau topik bahasan secara lebih efektif, menarik, tidak membosankan dan dapat memahami mulai dari konsep hingga implementasinya. Sasaran ini dapat dicapai dengan menerapkan sejumlah langkah dan metoda yang intinya adalah pengelolaan kelompok belajar, penugasan baik secara mandiri maupun berkelompok serta sistem penilaian yang membuat para siswa dapat mengeksplorasi kekuatannya sebagai individu maupun sebagai anggota dari satu kelompok.

References

Michaelsen, Larry, Arletta Bauman Knight and L. Dee Fink (editors),

Team-based Learning: A Transformative Use of Small Groups in College Teaching, Stylus Publishing, LLC, Sterling VA, 2004.

Bieber, "Team-based Learning" , http://web.njit.edu/~bieber/ CIS677S05/tbl.html.

Downloads

Published

2019-04-04

How to Cite

Falahah, F. (2019). TEAM-BASED LEARNING; “SEBAGAI SALAH SATU PENDEKATAN METODA PENGAJARAN YANG EFEKTIF”. Jurnal Teknodik, 048–058. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.546

Citation Check