BIOLOGI KOMUNIKASI MELALUI IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENUJU AKSELERASI PEMBELAJARAN *

Main Article Content

Deni Darmawan

Abstract

Biologi Komunikasi merupakan cabang Ilmu Komunikasi yang memiliki bidang garapan khusus terhadap upaya-upaya penjelasan mengenai fenomena dibalik fenomena psikologi. Bidang garapan ini sangat penting untuk lebih banyak dikaji secara mendalam khususnya melalui penelitian-penelitian yang sifatnya eksperimental/laboratorium. Sehingga Biologi Komunikasi ini dapat menjadi Mata Kuliah Khusus pada Program Studi Komunikasi di kemudian hari. Salah satu temuan yang sangat penting dari penelitian, yaitu ditemukannya bukti mengenai perilaku biologi komunikasi yang terjadi di dalam otak manusia, dalam hal ini peserta didik. Perilakuperilaku tersebut ditunjukkan melalui bukti-bukti proses komunikasi yang dilakukan oleh bagian-bagian spesifik otak ( Frontal (F); Temporal (T); Parasagital (P); Occipital (Oc); dan Central (C)) khususnya ketika peserta didik melakukan aktivitas belajar dalam bentuk mengamati, memahami, mendengar, dan melakukan kecenderungan bertindak. Masing-masing bagian spesifik otak tersebut melakukan transfer informasi yang berasal dari luar individu, khususnya stimulus yang dikemas dalam bentuk media yang berbasis Teknologi Informasi, sebagaimana yang banyak ditemui dalam bentuk model-model pembelajaran dewasa ini ( Computer Based Instruction : Drill, Tutorial, Simulasi, dan Permainan); ataupun yang dikemas dengan pemanfaatan ICT ((Information Communication and Technology) di sekolah-sekolah.Temuan penelitian ini secara praktis bisa diaplikasikan pada kelompok bidang studi sosial maupun bidang eksakta mulai jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Pendidikan Tinggi.

Article Details

How to Cite
Darmawan, D. (2019). BIOLOGI KOMUNIKASI MELALUI IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENUJU AKSELERASI PEMBELAJARAN *. Jurnal Teknodik, 007–047. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.545
Section
Articles

References

Applbaum L.Ronald & Karl W. A. Anatol, 1974, Strategies for Persuasive Communication. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Bigge, Morris, L., 1982, Learning Theorie for Teacher . Fourth Edition. New York: Harper & Row. Netherland : Elsevier Science B.V. all right Reserved.

Chauchard, Paul, 1983, Bahasa dan Pikiran, Yogyakarta : Kanisius. Christina, Bubb-Lewis, 1998, The Effect of Human-Computer

Communication Mode, Task Complexcity, and Desire for Control on Performace and Discourse Organization in and Adaptive Task. Dominion University.

Chriswell, L. Eleanor, 1989, The Design of Computer Based Instruction, New York: Macmilan Publishing Company.

Chow, Vincent WS, 1997, Multimedia Tchnology and Application.

Singapore: Spring-Verlag Singapore Pte. Ltd.

Cohen, Vicki Blum. 1985. A Reexamination of Feedback In Computer Based Instruction: Implication for Instructional Design. Educational Technology Journal, New Jersey.

Criswell,L. Eleanor, 1989, The design of Computer-based Instruction, New York: Macmilan Publishing Company.

Devito A. Jeseph, 1996, Komunikasi antar Manusia. New York: Harper Collins Publisher. Inc.

Gagne, R.M, 1985, Essentials of Learning for Instruction, New York :

Dryden Press.

Ishak Abdulhak, dan Deni Darmawan, 2001, Model Komunikasi Pembelajaran dalam Penyelenggaraan Perkuliahan Kelompok MKBS di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI, Bandung : Lembaga Penelitian UPI, No: 060/23/2001 , 13 Desember 2001.

Jalallludin Rakhmat, 1999, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakarya.

________________, 2004, Belajar Cerdas. Bandung : Brain Press-Muthahhari.

Jensen, Eric, 2003, Brain Based Learning, San Diego : The Brain Store.

__________, 1996, Braion-based Learning, Del Mar, CA, USA: Turning Point Publishing.

Littlejohn W. Stephen, 1996, Theories of Human Communication, Belmont : Wadsworth Publishing Company.

Plomp, Tjeerd. Ely, Donald P. (Ed), 1996, International Encyclopedia of Educational Technology, 2ed, Cambridge: Pergamon.

Pope, Geoffrey, 1984, Antropologi Biologi , Jakarta : Rajawali

Rakhmat , Jalalludin, 2003, Belajar Cerdas, Bandung : Cortext Muthahhari. Press.

Ritzer George, 1992, Sociological Theory, 3ed , New York: McGraw-Hill, Inc.

Roger M. Everett, 1983, Diffussion of Innovation, 3ed, London: The Free Press Collier Macmillan Publisher.

_______________, 1986, Communication Technology: The New Media

and Technology. London: Collier Macmilan Publishers.

Shahib, Nurhalim, 2003, Mengenal Allah dengan Mencerdaskan Otak Kanan, Bandung : Media Pustakatama.

Stanger, Ross & Solley, M. Charles, 1970, Basic Psychology: A Perceptual-Homeostatic Approach . Bombay –New Delhi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Co. LTD.