SAMPLING DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN

Main Article Content

Rini Susanti

Abstract

Penelitian dalam ilmu pendidikan dapat berupa kualitatif maupun kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, data dikumpulkan dengan mengukur variabel dari subjek penelitian untuk mendapatkan data yang objektif, bebas nilai dan teruji. Proses pengumpulan dapat dilakukan atas seluruh subjek yang dinamakan populasi atau atas sebagiannya yang disebut sampel. Jika data dikumpulkan dari sampel, maka sampel harus dipilih dari populasi sebelum pengumpulan data. Pemilihan sampel dari populasinya dinamakan sampling. Sampling dapat dilakukan secara random atau tidak. Keduanya berbeda dalam peluang semua subjek terpilih menjadi anggota sampel. Dalam sampling random, seluruh subjek populasi memiliki peluang yang sama, sedang dalam sampling nonrandom tidak. Sampling random dapat dijalankan dalam tiga langkah: menentukan kesalahan sampling, menentukan jumlah sampel, dan menggunakan teknik sampling yang tepat. Menurut karakter populasi, sampling random dapat berupa : sederhana, berstrata atau kluster. Menurut alasan sampling, sampling nonrandom dapat berupa : purposif, kuota, insidental, ketersediaan atau sistematik.

Article Details

How to Cite
Susanti, R. (2019). SAMPLING DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Teknodik, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi (1998). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Barnadib, Imam (1986). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offsett Bass, Martin J, et al (1972). Conducting research in the practice setting.

Newburry Park: Sage Publications

Hadjar, Ibnu (1996). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kattsoff, Louis O (1997). Pengantar filsafat. Terjemahan oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Nazir, Moh. (1988). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Soekanto, Soerjono (1997). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Soenarto (1987). Teknik sampling. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Ditjen Dikti Depdikbud

Sudirman dkk (1990). Ilmu pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana (1996). Metode statistika. Bandung: Penerbit Tarsito Sugiyono (1997). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta Supranto, J (1992). Teknik sampling untuk suvei dan eksperimen.

Jakarta: PT Rineka Cipta

Tim Dosen FIP IKIP Malang (1980). Pengantar dasar-dasar pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.