TUJUAN PENDIDIKAN DAN HASIL BELAJAR: DOMAIN DAN TAKSONOMI

Main Article Content

nfn Purwanto

Abstract

Tujuan pendidikan merupakan perubahan perilaku yang direncanakan dalam aktivitas belajar mengajar. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai dari aktivitas belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan, sehingga hasil belajar harus paralel dengan tujuan pendidikan. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang dicapai setelah anak mengikuti proses belajar mengajar. Anak mempunyai potensi dalam perilaku psikologis yang dapat dididik dan diubah perilakunya. Potensi itu adalah domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Belajar merupakan usaha membuat perubahan perilaku dalam domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain dalam perilaku psikologis bukanlah kapasitas tunggal. Untuk tujuan pengukuran, domain hasil belajar disusun secara hirarkhis dalam tingkat-tingkat mulai tingkat terendah dan sederhana hingga tertinggi dan paling kompleks. Domain kognitif dapat diklasifikasikan menjadi tingkat hafalan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Domain afektif terdiri dari tingkat penerimaan, respons, penilaian, organisasi dan karakterisasi. Domain psikomotorik dapat diklasifikasikan menjadi persepsi, kesiapan, respons terbimbing, mekanisme, respons kompleks, adaptasi dan keaslian. 

Article Details

How to Cite
Purwanto, nfn. (2019). TUJUAN PENDIDIKAN DAN HASIL BELAJAR: DOMAIN DAN TAKSONOMI. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi (1995), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara

Azwar, Saifuddin (1987). Tes Prestasi. Yogyakarta : Liberty

Bower, Gordon H. dan Hilgard, Ernest R. (1981), Theories of Learning Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall Inc

Dahar, Ratna Wilis (1988), Teori-teori Belajar Jakarta : P2LPTK Good, Thomas L. dan Brophy, Jere E (1990), Educational Psychology

New York : Longman

Gronlund, Norman E (1985), Constructing Achievement Test Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall, Inc.

Gronlund, Norman E dan Linn, Robert L. (1985), Measurement and Evaluation in Teaching, New York : Macmillan Poblishing Company Soedijarto (1993), Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan

Bermutu (Jakarta : Balai Pustaka

Subino (1987), Konstruksi dan Analisis Tes Jakarta : Ditjen Dikti

Suciati (2001). Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjendikti Depdiknas

Sudjana, Nana (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana (1996), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Bandung : Sinar Baru

Suparno, Paul (2001), Teori perkembangan kognitif John Piaget Yogyakarta : Kanisius

Winkel, WS (1999), Psikologi Pengajaran Jakarta : PT Grasindo Zainul, Asmawi dan Nasoetion, Noehi (1996), Penilaian Hasil Belajar

Jakarta : Ditjen Dikti Depdikbud.

-------------------