TUJUAN PENDIDIKAN DAN HASIL BELAJAR: DOMAIN DAN TAKSONOMI
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541Keywords:
tujuan pendidikan, hasil belajar, domain, taksonomiAbstract
Tujuan pendidikan merupakan perubahan perilaku yang direncanakan dalam aktivitas belajar mengajar. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai dari aktivitas belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan, sehingga hasil belajar harus paralel dengan tujuan pendidikan. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang dicapai setelah anak mengikuti proses belajar mengajar. Anak mempunyai potensi dalam perilaku psikologis yang dapat dididik dan diubah perilakunya. Potensi itu adalah domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Belajar merupakan usaha membuat perubahan perilaku dalam domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain dalam perilaku psikologis bukanlah kapasitas tunggal. Untuk tujuan pengukuran, domain hasil belajar disusun secara hirarkhis dalam tingkat-tingkat mulai tingkat terendah dan sederhana hingga tertinggi dan paling kompleks. Domain kognitif dapat diklasifikasikan menjadi tingkat hafalan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Domain afektif terdiri dari tingkat penerimaan, respons, penilaian, organisasi dan karakterisasi. Domain psikomotorik dapat diklasifikasikan menjadi persepsi, kesiapan, respons terbimbing, mekanisme, respons kompleks, adaptasi dan keaslian.
Â
References
Arikunto, Suharsimi (1995), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara
Azwar, Saifuddin (1987). Tes Prestasi. Yogyakarta : Liberty
Bower, Gordon H. dan Hilgard, Ernest R. (1981), Theories of Learning Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall Inc
Dahar, Ratna Wilis (1988), Teori-teori Belajar Jakarta : P2LPTK Good, Thomas L. dan Brophy, Jere E (1990), Educational Psychology
New York : Longman
Gronlund, Norman E (1985), Constructing Achievement Test Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall, Inc.
Gronlund, Norman E dan Linn, Robert L. (1985), Measurement and Evaluation in Teaching, New York : Macmillan Poblishing Company Soedijarto (1993), Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan
Bermutu (Jakarta : Balai Pustaka
Subino (1987), Konstruksi dan Analisis Tes Jakarta : Ditjen Dikti
Suciati (2001). Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjendikti Depdiknas
Sudjana, Nana (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana (1996), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Bandung : Sinar Baru
Suparno, Paul (2001), Teori perkembangan kognitif John Piaget Yogyakarta : Kanisius
Winkel, WS (1999), Psikologi Pengajaran Jakarta : PT Grasindo Zainul, Asmawi dan Nasoetion, Noehi (1996), Penilaian Hasil Belajar
Jakarta : Ditjen Dikti Depdikbud.
-------------------
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):