STUDI EVALUATIF UJI COBA PENAYANGAN PROGRAM TELEVISI/VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG “TINGKAH LAKU PUBERTAS”

Main Article Content

nfn Waldopo

Abstract

Anak memasuki usia remaja sangat membutuhkan informasi yang berkaitan dengan perubahan-perubahan yang akan yang sedang terjadi pada dirinya (perubahan fisik maupun perubahan psikis) yang mana hal ini kadang-kadang tidak atau kurang disadari oleh para orang tua. Kesimpulan ini merupakan salah satu temuan penting dari hasil ujicoba penayangan program Televisi/Video Pendidikan yang berjudul “Tingkah Laku Pubertasâ€. Dari 160 siswa kelas III SLTP yang menjadi responden, lebih dari 90% menyatakan bahwa mereka baru menyadari tentang adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya, baik perubahan yang bersifat fisik maupun psikis setelah menyaksikan tayangan program. Padahal informasi yang demikian seharusnya jauh-jauh hari sudah diinformasikan oleh para orang tua kepada putra- putrinya. “Tingkah Laku Pubertas†merupakan salah satu program video/televisi pendidikan tentang Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi produksi kerja sama antara Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (PUSTEKKOM DEPDIKNAS) dengan SEAMEO-RECSAM (Organisasi Menteri Pendidikan negara-negara Asia Tenggara di bidang sains dan matematika). Program yang berdurasi sekitar 25 menit ini merupakan program video/televisi pendidikan dengan sasaran anak-anak menjelang usia remaja (siswa SLTP Kelas III atau SLTA kelas I).

Article Details

How to Cite
Waldopo, nfn. (2019). STUDI EVALUATIF UJI COBA PENAYANGAN PROGRAM TELEVISI/VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG “TINGKAH LAKU PUBERTAS”. Jurnal Teknodik, 118–145. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.540
Section
Articles

References

Alatas, Fahmi, “Potensi Siaran Televisi Untuk Pendidikan Sumber Daya Manusiaâ€, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan Tentang : Media Massa Elektronik dan Pendidikan Sumber Daya Manusia, 1 - 3 Februari 1994 (Jakarta : IPTPI, CTPI, Pustekkom, 1994).

Bosner Paul, Instructional Television: Do We Have the Courage to Succeed?, Englewood Cliffs, New Jersey : Educational Technology Publication, 1977.

Brown, Ray, J. , Children and Television, Beverly Hills, California :

Sage Publication, Inc. 1976.

Depari, B. Eduard, “Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Bagi Masyarakat Melalui Media Elektronikâ€, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan Tentang : Media Massa Elektronik dan Pendidikan Sumber Daya Manusia, 1 - 3 Februari 1994 (Jakarta : IPTPI, CTPI, Pustekkom, 1994).

Dwyer, Francis M. , Strategis for Improving Visual Learning, State-College, Pensylvania : Learning Services, 1978.

Habib, Zamris dan Waldopo, Studi Pemanfaatan Program Televisi/

Video Pembelajaran Tentang Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, Jakarta : 2000.

Hardjoko, W. Sri . “Pendayagunaan Radio dan Televisi Dalam

Pendidikanâ€, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan Tentang : Media Massa Elektronik dan Pendidikan Sumber Daya Manusia, 1 - 3 Februari 1994 (Jakarta : IPTPI, CTPI, Pustekkom, 1994).

Heinich, Molenda, Russel, Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York : John Willey and Sons, 1982.

Daud, Marwah, “Pendayagunaan Radio dan Televisiâ€, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan Tentang

: Media Massa Elektronik dan Pendidikan Sumber Daya Manusia, 1 - 3 Februari 1994 (Jakarta : IPTPI, CTPI, Pustekkom, 1994).

Perin, Donald G, Instructional Television : Synopsis of Television in Education, New Jersey : Educationa Technology Publication, 1977.

Schramm, Wilbur, Big Media Little Media, Tools and Technologies

for Instruction, London : Sage Publication, Inc. 1977.

Solomon, Gavriel, Instructional Television : A Cognitive Approach

to Media. Englewood Cliffs, New Jersey : Educationa Technology Publication, 1977.

Susanto, Astrid S. “Strategi Pendidikan Melalui Media Audio Visualâ€, Makalah Bahan Seminar Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan Tentang : Media Massa Elektronik dan Pendidikan Sumber Daya Manusia, 1 - 3 Februari 1994 (Jakarta : IPTPI, CTPI, Pustekkom, 1994).

Tim Redaksi, “Dari Indostar ke Cakrawarta, Menghapus Blankspot di Tanah Airâ€, Harian Umum Republika, tanggal 9 September 1997, p.17

___________, “Cakrawarta, Konstelasi Empat Satelitâ€, Harian Umum Republika, tanggal 25 November 1997, p.16

Waldopo, “Potensi Televisi Sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaranâ€, Journal Teknodik Nomor 8/IV/Teknodik/Mei/2000, Jakarta : Pustekkom Depdiknas, 2000.

_________,“Sikap Siswa SLTP Terhadap Program Televisi Pendidikan Sekolah-TPI Berdasarkan Tempat Tinggal Siswa dan Frekuensi Menonton Tayangan Programâ€, Journal Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 023 Tahun ke-6 Mei 2000, Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional,