ANALISIS SKENARIO TELEVISI DAN TV PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.539Keywords:
Skenario, Televisi, Televisi Pendidikan, Penulis Skenario,Abstract
Kualitas skenario memiliki kontribusi terhadap mutu acara TV/ film, termasuk program pendidikan. Hal ini penting karena kenyataanya produk TV/film lokal kita masih sulit bersaing dengan produk asing. Tulisan ini melakukan analisis/kajian literatur dan empirik terhadap skenario TV termasuk program pendidikan. Hasil analisis dari beberapa sumber dan pengalaman empirik diketahui bahwa kelemahan skenario antara lain: keterbatasan wawasan penulis terhadap substansi tuntutan skenario, alur cerita kurang variatif dinamis, penokohan yang terkesan datar, penggunaan bahasa, serta penghargaan terhadap penulis yang masih kurang. Sementara itu penulisan skenario untuk program pendidikan di samping aspek tadi, penulis terjebak pada penyampaian substansi materi pembelajaran sehingga mengabaikan aspek estetika, memaksakan membuat alur cerita dari substansi materi yang kurang pas, serta memindahkan ruangan kelas ke layar TV. Oleh karena itu, untuk memperoleh hasil skenario yang bermutu perlu kesadaran semua pihak, bahwa peningkatan mutu acara TV lokal agar bisa bersaing dengan produk asing harus dimuali dengan skenario yang bermutu.
References
Anwas, Oos M. (2005). Sinetron Bukan Hanya Mimpi; Setitik Air di
Padang Pasir, Majalah Gemari, Jakarta: edisi Januari.
Association for Education Communication and Technology. Evaluating
Media Programs; District and School. Washinton DC.
Iskandar, Eddy D. (1999). Panduan Praktis Menulis Naskah Skenario.
Bandung: Remaja Rosda karya.
Jakarta: Yayasan akubaca, Newsletter No. 03 Oktober 2003.
Littlejohn, Stephen W. (1996), Theories of Human Communication,
Publishing Company an International, Thomson Publishing
Company.
Mc Quail, Denis. (1997). Teori Komunikasi Massa, edisi Indonesia,
Jakarta: Erlangga
Mc Quail, Denis and Sven Windahl. (1996), Communication Models;
for the Study of Mass Communication, Longman Singapore
Publishing.
Murahimin, Ismail. (1994). Menulis Secara Populer, Bandung: remaja
Rosda Karya.
Wilkinson, Gene L. (1984). Media dalam Pembelajaran; Penelitian
Selama 60 Tahun. Jakarta: Rajawali.
Sendjaja, Sasa Djuarsa (1999). Beberapa Pokok Pikiran tentang
Media Televisi vs Buku. Makalah Jurnal Teknodik, Jakarta:
Depdiknas Wardhana, Veven Sp. (2001), Televisi dan Prasangka
Budaya Massa,
Yogyakarta: Galang Printika.
------
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):