“DILEMA” PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI (ICT) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Main Article Content

Jaka Warsihna

Abstract

Perkembangan teknologi informasi  dan komunikasi yang begitu cepat berdampak pada berbagai sendi kehidupan manusia. Salah satu sektor kehidupan yang mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi tersebut adalah pendidikan. Tidak diragukan lagi dan sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat didayagunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai negara sudah memanfaatkan teknologi tersebut untuk pendidikan. Menurut UNESCO dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan dalam pemanfaatan ICT untuk pendidikan. Satu, negara yang memanfaatkan ICT sudah terintegrasi dalam pembelajaran di kelas, dua negara yang sudah mempunyai perencanaan dan memulai melaksanakan, tiga negara pemula memanfaatkan ICT untuk pendidikan, tetapi belum ada perencanaan dan secara individu sudah mulai memanfaatkan. Indonesia termasuk negara yang kelompok ketiga, yaitu baru mulai memanfaatkan, namun belum ada perencanaan secara nasional baru secara individu atau kelompok kecil yang  sudah memanfaatkanya

Article Details

How to Cite
Warsihna, J. (2019). “DILEMA” PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI (ICT) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Teknodik, 060–076. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.537
Section
Articles

References

Cuban, L. 1996, TECHNO-REFORMERS AND CLASSROOM TEACHERS, education Week on the Web, (online) Available: http:/ /www.edweek. Org/ew/vol-16/06cuban

Depdiknas, 2004, PERENCANAAN STRATEGIS TAHUN 2004-2009. Depdiknas, 2005, PERATURAN PEMERINTAH NO 19 TAHUN 2005

TENTANG STANDAR BASIONAL PENDIDIKAN.

Ebersole, Samuel, 2000. USES AND GRATIFICATION OF THE WEB AMONG STUDENT, Journal of Computer mediated Communication 6, (online) Avaliable at http://www.ascuse.org/jcmc/vol16/issue1/ ebersole.html.

Hardjito, 2001, POLA HUBUNGAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN INTERNET: Studi Survei Motif Pemanfaatan Internet Siswa SMU dan SMK DKI Jakarta. UI.

http://www.Pusinfo.go.id, LAPORAN UNESCO.

Kozma, R.B. 1996, ISSUES AND NEEDS IN EVALUATING THE EDUCATIONAL IMPACT OF THE NATIONAL EDUCATION ENFRASTUCTURE, (online) Avaliable: http://www.ed.gov/ Technology/Futures/Kozma.html.

Pavlik, John V. 1998, NEW MEDIA TECHNOLOGY, CULTURAL AND COMMERCIAL PERSPECTIVES, Second Edition, Viacom Company, USA.

Pustekkom, 2003, PAPARAN HASIL SEMINAR DI BANGKOK, UNESCO.

Undang-Undang Dasar Negara RI 1945, 2002. MPR-RI

Winn, W.D. 1996, COMMUNICATION, MEDIA, AND INSTRUMENTATION, International Encyclopedia of Education Technology, Second edition, Cambridge University Press, Cambridge, UK.