ICT UNTUK PENDIDIKAN TERBUKA JARAK JAUH

Main Article Content

Nurdin Ibrahim

Abstract

Perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan merupakan dua permasalahan dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Di sisi lain perkembangan IPTEK telah meciptakan globalisasi dalam berbagai sector yang perlu diwaspadai oleh bangsa Indonesia. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut perlu dikembangkan dan diniati dengan sungguh-sungguh melalui upaya yang inovatif dalam mengaplikasikan berbagai perkembangan IPTEK dalam mengoperasionalkan pendidikan dan pembelajaran. Untuk itu, sudah saatnya untuk mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi (ICT) khususnya internet untuk pembelajaran terutama pada sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Memanfaatkan berbagai macam dan jenis sumber belajar baik berupa modul cetak dan non cetak yang berbasis ICT, memungkinkan perluasan kesempatan belajar yang bermutu bagi penduduk Indonesia yang berusia sekolah dan berkeinginan melanjutkan kembali pendidikan pada perguruan tinggi.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, N. (2019). ICT UNTUK PENDIDIKAN TERBUKA JARAK JAUH. Jurnal Teknodik, 005–018. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.534
Section
Articles

References

Berg, R. Van Den e.a. 1997. Transformatie in het onderwijs. Hoe met veranderingen.

Keegan, Desmond (1990). Foundation of Distance Education, Second Edition. London: Routledge,

Latas, Abu Bakar. 2002. Virtual Campus: A Project Proposal.

Jakarta: SEAMOLEC.

Leenders, C. 1999. Samenwerken met het onderwijsveld een serieuze zaak. In Gemeenschappelijke curricula tweedegraads opleidingen. Den Haag: Procesmanagement Lerarenopleidingen.

Ministerie van Onderwijs Cultuur en Wetenschappen. 1998. Verder met vitaal leraarschap. Zoetermeer: Ministry of Education, Culture and Science. Den Haag: Sdu/Servicecetrum.

Moore, Michael. (1983) “Theory of Transactional Distance†dalam Desmond Keegan (ed.). Theoretical Principles of Distance Education. London and New York: Routledge,

SER. 1997. ICT en arbeid: advies informatie-en

communicatietechnologie en arbeid. Den Haag : SER Sociaal-Economische Raad.

SER. 1998. ICT en onderwijs. Den Haag: SER Sociaal-Economische Raad.

Smeets, E.F.L. 1996. Multimedia op school. Nijmegen: Instituut voor

Toegepaste Sociale Wetenschappen, Ubbergen: Tandem Felix.

Toenders, L. 1998. Ontbreekt ons de verbeelding ? If you can dream it, you can do it! Bijdrage Liber Amicorum vrienden van Jan Geurts. http://www.geurts.nu/clubs/

Voogt, J.M. & Odenthal L.E. 1998. Emergent practices geportretteerd. Enschede: University of Twente, Faculteit der Toegepaste Onderwijskunde.

Wolde, A. ten. 1996. Digitale leermiddelen in beroepsopleidingen. Den Haag: Delwell.

Wolf, H. de. 1998. Toekomstgericht onderwijs en het gebruik van informatie-en communicatietechnologie. Hoe te komen te verantwoorde keuzen. Commissie Prommitt;[S.I.]: Open University Netherlands. Alpen aan den Rijn: Samson.

Woude, J. ter. 1996. Toekomstscenario’s . In: A ten Wolde. Digitale

leermiddelen in beroepsopleidingen. Den Haag: Delwell.

This document was added to the Education-line database on 19 October 1999.