HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM PENYAJIAN MATA KULIAH STATISTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FIP UNM

Main Article Content

Abdul Karim Ahmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara strategi komunikasi dosen dan prestasi belajar mata kuliah smahasiswa dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi dosen dalam penyajian mata kuliah Statistik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian  ini adalah penelitian expostfacto. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi dosen dalam perkuliahan statistik pada FIP-UNM tahun 2000 sampai tahun 2002 dan prestasi belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 560 responden, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket, dokumentasi dan interview. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistematika strategi komunikasi dosen dalam penyajian mata kuliah statistik belum efektif dan ada korelasi yang positif atau signifikan antara strategi komunikasi dosen dalam penyajian mata kuliah Statistik dengan prestasi belajar mahasiswa pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Article Details

How to Cite
Ahmad, A. K. (2019). HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM PENYAJIAN MATA KULIAH STATISTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FIP UNM. Jurnal Teknodik, 8(14), 073–084. https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.525
Section
Articles

References

Achmad, A.S. 1992. Komunikasi, Media Massa, dan Khalayak. Ujung

Pandang: Hasanuddin University Press.

Arifin, A. 1994. Strategi Komunikasi. Sebuah Pengantar Ringkas.

Bandung: Penerbit Armico.

Bangkona, Deri. 2002. Panduan Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar: Badan Penerbit Universitas

Negeri Makassar

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Komunikasi. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Crow, L.D. and Crow, A. 1958. Educational Psychology American Book

Company. New York.

Degeng S. dan Mirso Yusufhadi. 1994. Terapan Teori Kognitif Dalam

Desain Pembelajaran. Jakarta : Dirjen PT.

Effendy, U.D. 1999. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Ensiklopedia Umum. 1993. Penerbit Yayasan Karnesius.

Liliweri, A. 1991. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Skinner, Ch.E. 1958. Essentials of Educational Psychology. Prentice-

Hall. Inc. New York.

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Bina Aksara.

Soepeno, B. 1997. Statistik Terapan ( Dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtaraharja. Umar. 1991. Dasar-dasar Kependidikan. Ujung Pandang: FIP-IKIP Ujung Pandang.

Yusuf, M.P. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional.

Bandung: Remaja Rosdakarya.