MEMFASILITASI PEMELAJAR MODERN DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENARIK Facilitating Modern Learners with Effective and Interesting Instructional Video

Authors

  • Nur Arfah Mega
  • Hairun Nissa
  • Amar Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518

Keywords:

pembelajaran modern, Video Intruksional, Video Instruksional yang efektif dan menarik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan siswa sebagai pemelajar modern terhadap jenis
media, materi pembelajaran, format media, narasumber, jenis bahasa yang digunakan, pemanfaatan,
durasi dan saluran penyampaian dalam rangka pengembangan video pembelajaran yang mengaktifkan
dan melibatkan siswa secara penuh dan bermakna dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dan wawancara ahli. Teknik pengambilan
sampel dalam metode survei menggunakan metode purposive random sampling dengan jumlah
responden sebanyak 2.096 siswa dari jenjang SMP, SMA dan SMK. Pengambilan data dilakukan
melalui survei daring menggunakan aplikasi google form. Survei dilakukan pada tanggal 1 sampai
dengan 16 November 2018. Hasil penelitian menunjukkan: 44% responden menganggap video
membantu memudahkan pemahaman terhadap materi pembelajaran; 56,5% responden memilih
matematika sebagai materi pembelajaran yang paling dibutuhkan untuk dikembangkan menjadi video
pembelajaran; format video animasi (42,8%) sebagai format video yang paling disukai; guru adalah
narasumber yang disukai untuk menyampaikan materi (43,7%); bahasa sehari-hari (69%) dianggap
paling sesuai untuk digunakan dalam penyampaian materi dalam video pembelajaran; 63,4%
responden menggunakan video pembelajaran untuk mendukung/ memperkarya pemahaman; 36,8%
responden memilih 6-10 menit sebagai durasi ideal untuk video pembelajaran; dan 92% responden
memilih handphone sebagai perangkat yang paling sering digunakan untuk mengakses video untuk
belajar.

This research aims to find out the students’ (modern learner) needs (type of media, subject matter, video format, talents, language, utilization, duration, and channel) in using instructional video to make learning as an active and engaging process. This research uses a quantitative approach, with a survey and interview with the expert. The sampling technique in the survey method used purposive random sampling, with the number of respondents 2096 students from the junior high, senior high (general and vocational).. Data retrieval is done by an online survey using google form, which is distributed on November 1 to 16, 2018. The results of the study show that: 44% of respondents still consider video as a medium that makes them understand the subject matter easier; Math chosen by 56.5% respondents as subject matter that need to be develop as instructional video; animation (42.8%) as their favourite video format; teacher (43.7%) as a person who deliver the content; conversational language (69%) as a suitable language; 63.4% respondents using instructional video to support/enrich their understanding; 6 to 10 minutes (36.8%) as an ideal duration for instructional video; and handphone (92.6%) as a device to access the video for learning

Author Biographies

Nur Arfah Mega

Pustekkom

Hairun Nissa

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi pendidikan dan kebudayaan

Amar Nugraha

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi pendidikan dan kebudayaan

References

Alarcon, Gretchen. (2016). What Does the

Modern Learner Look Like?

https://www.clomedia.com/2016/11/21

/modern-learner-look-like/ (diunduh

tanggal 18 Oktober 2018)

Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan

dan pengembangan Media untuk

Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali

Akpan, V.I. (2017). Cell Phones as

Effective Learning Resource.

http://www.sciencedomain.org/abstrac

t/21432 (Journal of Education, Society

and Behavioural Science, ISSN: 2456-

X, ISSN: 2278-0998 (Past),Vol.: 22,

Issue.: 4. (Diunduh tanggal 5 Oktober

Brame, C.J. (2015). Effective educational

videos.

http://cft.vanderbilt.edu/guides-subpages/effective-educational-videos/.

(diunduh tanggal 7 Juli 2018)

Greany, Kristie. (2018). Profile of a Modern

Learner (infographic).

https://www.elucidat.com/blog/modern

-learner-profile-infographic/ (diunduh

tanggal 27 September 2018)

Tauber, Todd and Wendy Wang-Audia.

(2014). Meet the Modern Learner:

Engaging the Overwhelmed,

Distracted, and Impatient Employee.

https://legacy.bersin.com/uploadedfile

s/112614-meet-the-modernlearner.pdf (diunduh 18 October 2018)

Creating Effective Educational Videos.

https://ctl.columbia.edu/resourcesand-technology/teaching-with-do-ityourself-video/creating-effectiveeducational-videos/ (diunduh 5 Oktober 2018)

Downloads

Published

2020-05-07

How to Cite

Mega, N. A., Nissa, H., & Nugraha, A. (2020). MEMFASILITASI PEMELAJAR MODERN DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENARIK Facilitating Modern Learners with Effective and Interesting Instructional Video. Jurnal Teknodik, (1), 137–148. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518

Citation Check