PEMANFAATAN MEDIA DAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENYATAKAN WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.485Keywords:
Media, scientific approach, timeAbstract
References
BHosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemmis, S.dan McTaggart, R. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deaken University Press.
Kusnandi, C. dan Sutjipto, B. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miles, M.B. dan Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.
Tung, K. Y.2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Alawayih, T. 2017. Penerimaan Informasi melalui Digital Talking Book oleh Siswa Tuna Netra.Jurnal Teknodik Vol. 21 Nomor 1, Juni 2017.hal 44-58.
Atsnan, M. F. & Gazali, R. Y. 2013. Penerapan Pendekatan Scientifik dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika, ISBN : 978-979-16353-9-4.
Budiyanto, M.A.K, Waluyo, L., dan Mokhtar, A. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13 (1) Tahun 2016hal. 46-51.
Isyani. 2016. Media Gambar yang Diproyeksikan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas 3 SD Banyuripan. Jurnal Teknodik Vol. 20-Nomor 2, Desember 2016, hal. 155-170.
Keyes, G. 2010. Teaching the scientific method in the social sciences. The Journal of Effective Teaching, 10(2), pp. 18–28. Retrieved from http://www.uncw.edu/jet/articles/Vol10_2/Volume1002.pdf
Marjan, J., Arnyana, I.B.P, Setiawan, I.G.A.N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Lombok Timur, NTT. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4 Tahun 2014, hal. 1-12.
Mastur. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 4, No 1, April 2017. hal 50-64.
Mu’arif, H.A.& Surjono, H.D. 2016. Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016, hal. 195-207.
Nurhayati, A.S. 2016. Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik sesuai Kurikulum 2013.Jurnal Teknodik, Vol. 201 Nomor 1, Juni 2016,hal. 29-46.
Ritonga, A.A. 2017. Pendekatan Saintifik Pembelajaran Agama pada Sekolah Dasar Terpadu. Jurnal Miqot Vol. XLI No. 1 Juni 2017, hal. 78-97.
Sumayasa, I.Y. 2015. Pengaruh implementasi Pendekatan Scientific Approach Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Segugur VI Kecamatan Abang, Karangasem. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5(1):1-13.
Wijayanti, A. 2014. Pengembangan Autentik Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Imiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 3 No. 2 Tahun 2014, hal.102-108.
Yuniarti. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.2(9): 911-921.
Lain-lain
Badan PSDMPK-PMP. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2013a. Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud. 2013b. Materi Pelatihan Guru. Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lazim, M. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. https://www.google.comwebhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=langkah-langkah+pendekatan+saintifik&revid=1727758164(Diakses tanggal 14 Juli 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Please download and complete the Form, Copyright Transfer, and Ethics Statement Form. The following is provided at the time of submitting the text (Upload Additional Files):