PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Article Content

Muzanip Alperi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana realitas kemandirian belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP), menjelaskan peran bahan ajar digital sigil untuk kemandirian belajar anak SMP, dan merancang tahapan pembuatan bahan ajar digital sigil. Metode penelitian adalah dengan menggunakan kajian pustaka. Kajian pustaka yang digunakan adalah literatur berupa buku, hasil-hasil penelitian yang terkait dengan buku digital sigil. Teori-teori dikaitkan dengan pembahasan permasalahan yang terjadi untuk menemukan solusinya. Hasil kajian ini menyatakan kemandirian belajar siswa SMP masih rendah sehingga perlu suatu media yang disenangi siswa yang membangkitkan kemandirian belajar. Penggunaan bahan ajar digital Sigil yang dirancang berbentuk modul dengan fungsi dan kelebihannya, dapat membuat siswa tertarik belajar dan berperan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Tahapan pengembangan bahan ajar (modul) digital Sigil adalah analisis, rancangan, uji coba dan pengembangan, penerapan dan penyempurnaan, evaluasi dan revisi, terakhir penggunaan sesuai sasaran.

Article Details

How to Cite
Alperi, M. (2020). PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Teknodik, (1), 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Section
Articles
Author Biography

Muzanip Alperi, LPMP Bengkulu

PTP

References

Buku

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rieneka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Elyas dan Yudianto H. 2016. Mudahnya buat Buku Digital Bersama Sigil. Jakarta: Seamolec .

Meyer, R. 1978. Designing learning modules for inservice teacher education. Australia: Centre for Advancement of Teaching .

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rothwell, Kazanas. 2004. Mastering The Instructional Design process. San Fransisco: Pfeiffer.

Rusel. JG. 1974. Modular instruction. Minnesutta: Durghe Publising

Seamolec. 2014. Panduan Membuat Buku Digital Sigil. Buku Siswa Simulasi Digital. Jakatra: Seamolec.

Syam, MN. 1999. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.

Suryani N. 2016. Panduan Membuat E-Book dengan Sigil. Surakarta: PPS FKIP UNS.

Tirtarahardja, Umar, dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Warsita B. 2008. Teknologi Pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, Made. 2012.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Grup.

Jurnal/Prosiding/Skripsi/Tesis/Disertasi

Alperi M dan Handayani D. (2015). Pembuatan Alat Peraga Secara Sederhana dan Pengeditan Film sebagai Media untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika SMP di Kabupaten Kepahiang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. UNS Surakarta. Halaman 69-77. 28 November 2015. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9051/6725. Diakses tanggal 20-09-2018

Andriyani D dan Suharton. 2016. Inovasi Quiz Learning Berbasis Dual Coding pada Buku Ajar Pendidikan Jarak Jauh Untuk Kemandirian Belajar. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR VOLUME 8, NO 1, Maret 2016: 1 – 25.

Budiono dan Wardi. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) PowerPoint. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. ISSN: 2252-6447 . Publisher: Universitas Negeri Semarang.

Darmawan D dan Bariyah SH. 2015. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Teknodik. Edisi tahun 2015. 227-240.

Darmawan D, Kartawinata H, dan Astorina W. 2018. Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantaraâ€. Journal of Computer Science. Halaman: 562-573. DOI: 10.3844/jcssp.2018.562.573

Hidayat R, Erwadi, Sari VR, dan Ade VRP. 2017. Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book. Jurnal TEKNOSI, Vol. 03, No. 01, April 2017. Universita Andalas : Padang Sumatera Barat.

Jayanti ED, Palekahelu DT. 2016. Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memahami Penggunaan TIK (Studi Kasus Smp N 6 Salatiga). Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen SatyaWacana: Salatiga.

Lasmiyati, L., & Harta, I. 2014. Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9077

Marinai, S., Marino, E., & Soda, G. 2011. Conversion of PDF Books in ePub Format. International Conference on Document Analysis and Recognition. IEEE. Retrieved from http://ieeexplore.ieee.org/lpdocs/epic03/wrapper.htm?arnumber=6065357

Mellisa MM. 2015. Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) di Kelas VII E SMP N 15 Yogyakarta. Makalah Seminar Pendidikan Matematika PPS UNY. https://www.researchgate.net/publication/322634591_Peningkatan_Kemandirian_Belajar_Matematika_dengan_Pendekatan_Problem-Based_Learning_PBL_di_Kelas_VII_E_SMP_N_15_Yogyakarta. Diakses tanggal 12 September 2018 jam 04.59.

Purwanto W dan Rizki S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Aksioma. ISSN 2089-8703 Vol. 4, No. 1 (2015) 67-77.

Putri YA. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Map Pada Materi Invertebrata untuk SMP Kelas VII. SKRIPSI. FKIP Universitas Jambi. http://repository.unja.ac.id/1302/1/ARTIKEL%20ILMIAH%20YUNI%20%20PDF.pdf. Diakses tanggal 10/9/2018 jam 11.52.

Prasetya DD, Irianto WSG,dan Patmanthara S. 2016. DESAIN TEMPLATE BUKU DIGITAL EPUB. Prosiding SENTIA 2016 – Politeknik Negeri Malang Volume 8 – ISSN: 2085-2347.

Rambe AS dan Surya E. 2017. Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Model Number Head Together Pada Siswa Smp Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017. Hasil-hasil penelitian UNIMED Medan. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/321854723_Meningkatkan_Kemandirian_Belajar_Matematika_Melalui_Model_Number_Head_Together_Pada_Siswa_Smp_Swasta_Imelda. Diakses 12 September 2018 jam 04.49.

Romiszowski, A.J. 1996. System approach to design and development. Dalam Plomp, T. & Ely, D.P. (editor in chiefs). International Encyclopedia of Educational Technology. Oxford: Pergamon Press, halm. 37-43.

Runisah .2015. Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Learning Cycle 5E dengan Teknik Metakognitif. Jurnal JES-MAT, Vol. 4 No.1 Maret 2018.

Runisah. 2015. Kajian kemandirian belajar dalam Matematika siswa SMP di Kabupaten Indramayu. Laporan hasil penelitian. Indramayu: Universitas Wiralodra.

Setiadi, MW, Ismail, dan Gani HA. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 Hal. 102- 112 p-ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840. https://media.neliti.com/media/publications/177118-ID-pengembangan-modul-pembelajaran-biologi.pdf (diakses tanggal 30 Agustus 2018 , jam 16.56).

Setiawan F, As’ari AR, dan Furaidah. 2017. Penggunaan Modul Berdasarkan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 6 Nomor: 15 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 666 – 672. ISBN: 978-602-71836-6-7.

Sholihah. 2015. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di Mts Negeri Margadana Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Siswanto, Yusiran, M.F. Fajarudin. 2016. Keterampilan Proses Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa: Profil dan Setting Pembelajaran Untuk Melatihkannya . GRAVITY Vol. 2 No. 2 (2016). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity ISSN 2442-515x, e-ISSN 2528-197.

Sulistiyaningsih, Budiyono, dan Purwoko RY. 2015. Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 27 Purworejo. Jurnal Ekuivalen. Halaman 33-38. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Wibawa Basuki. 2016. ELECTRONIC, MOBILE AND UBIQUITOUS LEARNING IN HIGHER EDUCATION . ELECTRONIC AND MOBILE LEARNING International Seminar Proceedings. ISBN 978-602-73030-1-01. Post Graduate Program. Universitas Negeri Jakarta.

Yanti, S dan Surya, E. 2017. Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. PPS unimed Jl. Willem Iskandar Psr. V, Medan 20221. https://www.researchgate.net/publication/321833928_KEMANDIRIAN_BELAJAR_DALAM_MEMAKSIMALKAN_KUALITAS_PEMBELAJARAN [accessed Aug 30 2018].

Sumber lain

APJII. 2017. Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017 (diakses 30 Agustus 2018 jam 07.18).

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Santyasa IW. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan bagi para guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung, 12-14 Januari 2009.