DAMPAK FILM TELEVISI TERHADAP PERILAKU SISWA

Main Article Content

safari Safari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi pengawas sekolah terhadap dampak film dalam televisi terhadap perilaku siswa. Berdasarkan analisis Chi-Square dari 98 responden pengawas sekolah di 15 provinsi, yang terdiri dari (1) pengawas sekolah TK/SD/SDLB, (2) pengawas sekolah rumpun mata pelajaran (RM), dan (3) pengawas sekolah bimbingan dan konseling (BK), maka diperoleh hasil penelitian seperti berikut ini. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa menonton televisi dalam hari-hari sekolah dapat mengganggu belajar siswa. Alasannya di antaranya adalah karena: anak akan lupa belajar jika acaranya menarik, konsentrasi belajar siswa tidak terfokus, acaranya tidak sesuai dengan mata pelajaran, siswa menjadi malas belajar. Hasil penelitian ini, termasuk hasil penelitian berikut, menunjukkan tidak terdapat perbedaan di antara para pengawas sekolah (P>0,05). Hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa: (1) iklan yang ditonton/ ditayangkan di televisi dapat berdampak negatif terhadap perilaku siswa, (2) film komedi berdampak positif terhadap perilaku siswa, (3) film drama keluarga berdampak positif terhadap perilaku siswa, (4) film horor/setan yang ditayangkan di televisi dapat berdampak negatif terhadap perilaku siswa, (5) film kartun berdampak positif terhadap perilaku siswa, dan (6) film keagamaan berdampak positif terhadap perilaku siswa

Article Details

How to Cite
Safari, safari. (2019). DAMPAK FILM TELEVISI TERHADAP PERILAKU SISWA. Jurnal Teknodik, 8(14), 030–049. https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.478
Section
Articles

References

Aronson, Elliot, Wilson Teinthy D, and Akert, Robin M. (1994). Social Psychology: The Heart and the Mind. New York: Harper Collins College Publishers. Baihaqi, Mif (Penyunting) (1998). Anak Indonesia Teraniaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bell-Gredler, Margaret E. (1986). Learning and Instruction: Theory into Practice. New York: Macmilan Publishing Company. Cronbach, Lee J. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & World, Inc. Munandar, S.C. Utami. (1990). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia. Myers, David G. (1993). Social Psychology. New York: McGraw-Hill, Inc. Myers, David G. (1994). Exploring Social Psychology. New York: McGraw-Hill, Inc. Raven, Bertram H. and Rubin, Jeffrey Z. (1983). Social Psychology. New York: John Wiley & Sons, Inc. Sutherland, Peter. (1992). Cognitive Development Today: Piaget and his Critics. London: Paul Chapman Publishing Ltd.