STUDI PENYELENGGARAAN JARINGAN SEKOLAH

Main Article Content

Nurdin Ibrahim
Purwanto Purwanto
Oos M. Anwas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penyelengaraan jaringan sekolah, terutama dalam tahapan penyediaan, pelayanan, dan pembinaan jaringan. Metode pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD) terhadap pakar dan praktisi yang telah menyelenggarakan jaringan sekolah. Hasil analisis data diketahui bahwa faktor pendukung aspek penyediaan jaringan adalah SDM yang terstruktur dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab yang jelas; dan adanya berbagai alternatif aplikasi web server open source. Faktor penghambatnya adalah: kurang dukungan pengambil kebijakan seperti pimpinan, kurang kerjasama pihak terkait, penyedia jasa internet dan lain-lain.
Dalam aspek pelayanan faktor pendukung adalah content, kemudahan akses, registrasi, discount pulsa internet, jaminan keamanan, tidak adanya tagihan, dan lain-lain. Situs yang berbasis teks, user friendly, fasilitas link, FAQ, download, helpdesk, space, dan promosi langsung kepada user untuk menjaga loyalitasnya. Faktor penghambat adalah belum tersedianya fasilitas search engine content yang memadai dan menyulitkan provider untuk promosi; kurangnya insentif bagi user, kesinambungan pelayanan, e-mail gratis, dan target yang akan dicapai.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, N., Purwanto, P., & Anwas, O. M. (2019). STUDI PENYELENGGARAAN JARINGAN SEKOLAH. Jurnal Teknodik, 8(14), 005–029. https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.477
Section
Articles

References

Anwas, Oos M. (2000), Internet: Peluang dan Tantangan Pendidikan Nasional. Jakarta: Makalah Jurnal Teknodik Pustekkom Depdiknas. ________, (2003), Model Inovasi e-Learning dalam meningkatkan Mutu Pendidikan, Jakarta: Makalah Jurnal Teknodik Pustekkom Depdiknas. Awang, Hizamnuddin. (2000) Teknografi Pengguna Internet. http://www. magazin.jaringan.my/2000/november/index2.html?content=stay12.html. (4 November 2002) Cisco, (2001). e-Learning: Combines Communication, Education, Information, and Training. http://ww.cisco.com/warp/public/10/wwtraining/elearning. Cuban, L. (1996). Techno-reformers and classroom teachers, Educational Week on the Web. http://www.edweek.org/ew/vol-16/o6cuban (Nopember 2000). Ebersole, Samuel. (2000). Uses and Gratification of the Web among Students, Journal of Computer Mediated Communication. 6 September 2002. http:/ /www.ascusc.org/jemc/vol16/issue1/abersole.html, Fullan, Michael. (1982). The Meaning of Education Change, New York: Teacher

College Press. P. 121., Irwanto. (1998). Fokus Group Discussion (FGD); Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Uiversitas Atma Jaya. Kamarga, Hanny. (2002). Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media. Kodijat, Ardito M.. (2001). On-line Services pada Industri Pendidikan. http:// www.ristek.go.id/berita/ardito.htm. Koran, Jaya Kumar C. (2002), Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malasyia. (8 November 2002). www.moe.edu.my/ smartshool/neweb/Seminar/kkerja8.htm. Littlejohn, SW. (1996), Theories of Human Communication. Wadsworth, Publishing Company. An International Thomson Publishing Company. Moleong, Lexy J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosda Karya. Pavlik, John V. (1996). New Media Technology. Cultur and Commercial Perspectives. Singapore: Allyn and Bacon. Purbo, Onno W. dan Antonius AH. (2002). Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL: Merencanakan dan Mengimplementasikan Sistem e-Learning. Jakarta: Gramedia. Purbo, Onno W. (2001) Masyarakat Pengguna Internet di Indonesia. Available, http://www.geocities.com/inrecent/project.html. (4 November 2002). Rahardjo, Budi. (2001). Pergolakan Informasi di Indonesia akan Sia-sia?. Artikel Majalah Tempo. Jakarta: November 2001. Robinson, ET. (2001). Knowlarge as Commodity: How do e-commerce a elearning Relate. Available, http://www.elearningmag.co Rogers, Everett M. (1995). Diffusion of Innovations. Fourh Edition. New York:The Free Press. Rosenberg, Marc J. (2001), e-Learning; Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. New York: McGraw Hill. Setiawan, (2002), Pembuatan Portal Internet dengan Menggunakan PHPNUKE, Elexmedia, Jakarta Suryabrata. Sumadi. (1998). Psikologi Kepribadian; Universitas Gajah Mada. Jakarta: RajaGrasindo Persada. Suwarno dan Alvin Y. (2000). Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES. Tannenbaum, (1989), Dasar-dasar Jaringan Komputer, Tung, Khoe Yao. (2000). Pendidikan dan Riset di Internet. Jakarta: Dinastindo.