ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PROGRAM MULTI MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

nfn Waldopo

Abstract

Multi media interkatif adalah sebuah program media pembelajaran yang memadukan secara serasi antara unsur suara, visual dan teks. Di samping itu program Multi media interkatif juga bisa berinteraksi dengan penggunanya. Interkasi di sini dalam arti dapat memberkan umpan balik (feed back) atas tugas-tugas yang dikerjakan ataupun pertanyaan-pertanyaan dijawab oleh penggunanya. Karena adanya ketiga unsur tersebut, program multi media dianggap sebagai media pembelajaran yang banyak memiliki kelebihan jika dibandingdengan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah program multi media interaktif dibutuhkan sebagai media pembelajaran. Jika dibutuhkan jenis mata pelajaran apa saja yang perlu ditunjang dengan program multi media, serta jenis format sajian yang disenangi. Populasnyai siswa, guru dan kepala sekolah SLTA, Sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara acak (random). Dari hasil pengacakan ditetapkan 5 lokasi yang akan disurvey yaitu Padang, Balik Papan, Makassar, Semarang dan Surabaya. Dari 5 lokasi terpilih 6 SLTA yaitu SMAN 1 Solok, MAN 2 Padang, SMAN 5 Semarang, SMAN 6 Surabaya, SMAN 1 Samarinda dan SMAN 3 Makssar. Subyek penelitian adalah para siswa, guru dan Kepala Sekolah, Peneltian dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Mei hingga September 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Multi Media Interaktif dibutuhkan, terutama untuk menunjang beberapa jenis mata pelajaran tertentu di SMA/MA. Beberapa mata pelajaran yang perlu ditunjang dengan Program Multi Media Interaktif adalah: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris, Sejarah, Geografi dan Akuntansi. Sedangkan format sajianyang disenangi adalah Games dan Tutorial. Sehubungan dengan temuan tersebut, maka dikemukakan beberapa saran yaitu Pustekkom secara berkelanjutan perlu mengembangkan program-program multi media interaktif untuk kegiatan pembelajaran, Dalam mengembangkan program-program multi media perlu melibatkan berbagai pakar agar program-program yang dikembangkan menarik dan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran peserta didik. Pustekkom juga perlu menyusun sistem pemanfaatannya yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Article Details

How to Cite
Waldopo, nfn. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PROGRAM MULTI MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 12(2), 021–032. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.471
Section
Articles