PERINTISAN MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, TERTINGGAL, DAN PERBATASAN

Main Article Content

Sudirman Siahaan

Abstract

Learning process at the schools in frontier, outer, left, and border (3TP) areas has not commonly been touched with Information and Communication Technology (ICT). It is because the schools have no power access, limited learning sources, and limited teachers with ICT competencies. The applied learning approach is still conventional. In 2015, integrated learning model pilotting was started in 10 schools (5 Elementary Schools, and 5 Junior High Schools) spread in 5 provinces. The focus of this study is how the schools in 3TP areas – with their limited capacity – can initiate an ICTintegrated learning model. The objective is to describe how teachers in the schools of 3TP areas conduct ICTintegrated learning model pilloting. The result of this study is that the teachers firstly learn and map the digital learning content available, integrate them in their Teaching Action Plan (RPP), condition the students to learn the contents that will be discussed in the class, apply the ICT-integrated learning model, and finally evaluate the whole implementation process to improve it.

Kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP) pada umumnya belum tersentuh teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini karena sekolah belum memiliki sumber tenaga listrik, sumber belajarnya terbatas, dan guru yang memiliki kemampuan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran juga terbatas. Metode pembelajaran yang diterapkan guru masih yang bersifat konvensional. Pada tahun 2015, perintisan penerapan model pembelajaran terintegrasi dimulai dengan memilih 10 sekolah (5 SD dan 5 SMP) yang tersebar di 5 provinsi. Masalah yang menjadi fokus pembahasan di dalam tulisan ini adalah bagaimana sekolah-sekolah di daerah 3TP yang kondisinya serba terbatas dapat memulai penerapan model pembelajaran terintegrasi TIK. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana para guru di sekolah-sekolah daerah 3TP melaksanakan perintisan penerapan model pembelajaran terintegrasi TIK. Kesimpulan hasil kajian adalah bahwa guru terlebih dahulu mempelajari dan memetakan konten pembelajaran digital yang tersedia dan yang dicari sendiri, mengintegrasikannya ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan peserta didik untuk mempelajari konten yang akan dibahas di kelas, menerapkan model pembelajaran terintegrasi TIK, dan akhirnya melakukan evaluasi keterlaksanaan model pembelajaran sebagai upaya guru menyempurnakan model.

Article Details

How to Cite
Siahaan, S. (2018). PERINTISAN MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, TERTINGGAL, DAN PERBATASAN. Jurnal Teknodik, 171–185. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.459
Section
Articles
Author Biography

Sudirman Siahaan, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kepakaran:Lain-lain

References

Anshori, Sodiq. 2018. Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah, artikel dalam Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya Vol. 2 No. 1 (2018), Februari 2018. Bangkalan: Prodi PPKn STKIP PGRI Bangkalan.

Anwas, Oos M. 2011. Pembudayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah, artikel di dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 15 No.: 1, Juli 2011. Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ariani, Diana, 2009. Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Orang Dewasa, artikel di dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 13 No.: 1, Juli 2009. Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bachrintania, Andita Faizatul. 2012. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 3 Yogyakartaâ€. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Chaeruman, Uwes A. 2008. Mendorong Penerapan e-Learning di Sekolah, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. XII No.: 1, Juni 2008. Ciputat-Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, artikel dalam Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kwartolo, Yuli. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran, artikel dalam Jurnal Pendidikan PENABURNo. 14/Tahun ke-9/Juni 2010. Jakarta: Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).

Nur Hidayat, Wahyu, Muladi, dan Mizar, M. Alfian, 2016. Studi Integrasi TIK Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Pendidikan Kejuruan, artikel dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 12, Desember 2016, Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rahim, H. Muhammad, Yusuf. 2011. Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar, artikel dalam Jurnal Wawasan Keislaman Sulesana Volume 6 Nomor 2 Tahun 2011, Makassar: Fakultas Ushuluddin & Filsafat UIN Alauddin Makassar.

Rivalina, Rahmi dan Siahaan, Sudirman. 2013. Tanggapan Awal terhadap Pemanfaatan TIK dalam Kegiatan Pembelajaran di Kabupaten Belu, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 17 Nomor 4, Desember 2013.Ciputat Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Siahaan, Sudirman. 2010. Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JFPTP): Apa dan Bagaimana?, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 14 Nomor 1, Juni 2010. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Siahaan Sudirman, 2013. Menuju Kearah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan melalui Pemanfaatan TIK, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 17 Nomor 1, Maret 2013. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Siahaan, Sudirman. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran: Sebuah Kajian, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 14 Nomor 1, Juni 2010. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Sihabudin, Ahmad. 2013. Teknologi Informasi Komunikasi dan Gaya Hidup Mahasiswa, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 17 Nomor 2, Juni 2013. Ciputat-Tangerang. Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.

Warsihna, Jaka. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan Daerah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T), artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 17, Nomor 2, Juni 2013. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Warsita, Bambang. 2011. Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran, artikel dalam Jurnal TEKNODIK Vol. 15 Nomor 1, Juli 2011. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom Kemendikbud.

Kemdikbud. 2012. Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi Pusat Sumber Belajar untuk Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan. Tidak Dipublikasikan. Ciputat-Tangerang Selatan: Pustekkom-Kemendikbud.

Gultom, Syawal. 2013. Pengantar Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. BPSDMPK-PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pustekkom. 2012a. Laporan Kegiatan Pendampingan Layanan Pendidikan di Daerah Tertinggal, Terpencil, Terdepan dan Terdekat (4T) Marore, Kabupaten Sangihe. Tidak Dipublikasikan. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi PendidikanKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Pustekkom. 2012b. Laporan Kegiatan Pemanfaatan PSB 4T (Sebatik). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Wilayah Tertinggal, Terpencil, Terdepan, dan Terdekat. Tidak Dipublikasikan. Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Website: https://id.wikipedia.org/wiki/ Teknologi_informasi_komunikasi (Diakses tanggal 13 Agustus 2018).

Website: Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Awal Guru. Sumber:http://www.sekolah dasar.net/2012/03/pengumuman-hasil-ujikompetensi-awal.html (Diakses tanggal 17 September 2018).

Website: Uji Kompetensi Guru. Sumber: http:// gtk.kemdikbud.go.id/post/uji-kompetensiguru (Diakses tanggal 17 September 2018).