MEMBANGUN UNJ SEBAGAI ORGANISASI BELAJAR YANG UNGGUL

Authors

  • Khaerudin Khaerudin

DOI:

https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.445

Keywords:

organisasi belajar, disiplin, system thinking, team learning, mental model, shared vision, personal mastery, dinamika belajar, transformasi organisasi, pemberdayaan SDM, teknologi, knowledge management

Abstract

Era informasi adalah era di mana segala sesuatu berkembang dan berubah dengan cepat. Suatu organisasi dituntut untuk terus mampu beradaptasi dan melakukan upaya peningkatan terusmenerus mengikuti irama perubahan lingkungan agar tetap bertahan (survive) dan mampu bersaing dengan organisasi lainnya. Sebagai suatu organisasi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dituntut untuk mampu melakukan hal yang sama. Mengacu pada teori dan konsep organisasi belajar, makalah ini mengupas berbagai cara yang sebaiknya diterapkan oleh UNJ khususnya atau organisasi serupa lain pada umumnya agar tetap unggul di era global dewasa ini. Pembahasan meliputi konsep organisasi belajar dan cara yang sebaiknya ditempuh dari sisi (1) dinamika belajar yang dilakukan oleh anggota organisasi, baik sebagai individu, kelompok, maupun organisasi, (2) proses transformasi yang dilakukan menuju sebuah organisasi belajar yang diharapkan, (3) proses pemberdayaan sumber daya manusia yang dimiliki, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa, (4) proses manajemen pengetahuan sebagai roh dari sebuah organisasi belajar, dan (5) pemanfaatan teknologi untuk mendukung terjadinya berbagai perubahan untuk mengatasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi pada lingkungan yang akan mempengaruhi eksistensi UNJ.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Khaerudin, K. (2018). MEMBANGUN UNJ SEBAGAI ORGANISASI BELAJAR YANG UNGGUL. Jurnal Teknodik, 13(1), 119–130. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.445

Citation Check